Rekomendasi 7 Wisata Kuliner Khas Semarang Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

ArenaLTE.com - Semarang merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menawarkan keberagaman wisata kuliner, mulai dari hidangan manis hingga gurih tersedia di Semarang. Tidak lupa dilengkapi dengan berbagai pilihan kuliner legendaris yang lezat dan wajib dicoba.

Bagi Anda yang berada di Solo dan sekitarnya serta ingin mencicipi kuliner khas Jawa Tengah lain, Anda dapat berkunjung ke Semarang untuk menemukan beragam kuliner lezat legendaris yang menjadi salah satu daya tarik kota Semarang. Anda dapat membeli tiket kereta Solo Semarang dengan harga terbaik melalui Traveloka untuk memudahkan perjalanan Anda berkeliling Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi suatu daerah adalah wisata kuliner. Ciri khas yang dimiliki setiap daerah dalam sentuhan kulinernya menciptakan keberagaman di bidang kuliner yang wajib dicoba ketika mengunjungi daerah tersebut. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, kuliner khas dari setiap daerah adalah buah tangan yang wajib dibawa ketika pulang ke rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

Semarang sebagai salah satu kota dengan perpaduan budaya tradisional yang kuat, memiliki wisata kuliner yang beragam dan unik yang akan membuat Anda tergiur untuk menikmatinya. Berikut adalah rekomendasi kuliner khas Semarang yang wajib Anda coba.

1. Toko Oen



Toko Oen adalah restoran legendaris yang berdiri sejak 1936 yang berlokasi di Jalan Pemuda, Bangunharjo, Semarang Tengah. Toko Oen menyajikan berbagai hidangan khas Eropa, Jawa, serta Tionghoa. Bagi Anda pencinta es krim, restoran ini harus masuk ke dalam daftar kegiatan liburan Anda ketika berkunjung ke Semarang. Bagaimana tidak, es krim dengan varian rasa seperti cokelat, vanila, buah-buahan, dan kopyor menjadi menu Andalan Toko Oen yang legendaris ini.

Selain itu, Toko Oen juga menyediakan hidangan lain, seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, dan hidangan lain yang akan memanjakan lidah Anda ditemani dengan desain interior khas BelAnda tempo dulu.

2. Soto Bangkong


Kuliner legendaris khas Semarang selanjutnya adalah Soto Bangkong yang sudah ada sejak tahun 1950. Sebagai salah satu kuliner khas Indonesia, Semarang memiliki jenis sotonya sendiri, yaitu Soto Bangkong yang merupakan soto ayam kampung khas Semarang.

Ciri khas lain soto bangkong adalah kuahnya yang berwarna bening kecokelatan dilengkapi dengan bihun, potongan tomat, tauge, bawang goreng, serta daging ayam kampung yang disuwir membuat soto semakin terasa gurih dan lezat. Nama Bangkong merupakan nama jalan lokasi kedai ini berada, yaitu di Jalan Bangkong yang saat ini bernama Jalan Brigjen Katamso.

3. Lumpia Gang Lombok

Anda pasti tidak asing lagi dengan kuliner khas Semarang satu ini, lumpia. Isi lumpia Semarang berbeda dari kebanyakan lumpia yang kita ketahui, rebung dan saus petis menjadi ciri khas bagi lumpia Semarang.



Lumpia Gang Lombok merupakan wisata kuliner yang harus Anda kunjungi ketika berada di Semarang. Selain karena salah satu kuliner legendaris, lumpia Gang Lombok sudah terkenal di kalangan wisatawan dan sering dikunjungi karena rasanya yang lezat dan khas Semarang.

4. Tahu Pong Gajah Mada



Tahu Pong Gajah Mada telah berdiri sejak tahun 1955 dan sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Semarang. Tahu pong memiliki tekstur gurih dan kering di luar serta tidak memiliki isi di dalamnya. Penyajian tahu pong pada umumnya bersama dengan tambahan tahu gimbal dan telur. Kemudian dinikmati dengan saus khas Semarang yang terbuat dari kecap, petis, serta bawang yang memperkaya rasa gurih, asin, dan manis.

5. Es Puter Cong Lik


Jika Anda membutuhkan kuliner yang menyegarkan setelah mengelilingi kota Semarang, Es Puter Cong Lik adalah pilihan terbaik. Jika pada umumnya es terbuat dari susu, es puter ini terbuat dari bahan santan sebagai pengganti susu yang membuat rasa es puter memiliki perpaduan asin dan manis. Ada berbagai pilihan rasa yang dapat Anda pilih sesuai selera, seperti cokelat, kopyor, sirsak, kacang hijau, blewah, leci, lengkeng, durian, dan alpukat.

6. Nasi Goreng Babat Pak Karmin


Sama halnya dengan soto, nasi goreng merupakan salah satu hidangan khas Indonesia dimana hampir di setiap daerah memiliki resep khasnya sendiri.

Begitu juga dengan nasi goreng babat pak Karmin yang terletak di Jalan Pemuda, Dadapsari, Semarang Utara yang sudah ada sejak 1971. Karena lokasinya yang dekat dengan Kota Lama Semarang, Anda dapat datang mencoba nasi goreng babat gongso yang empuk dan gurih setelah lelah berkeliling.

7. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok adalah jenis hidangan mie kuning dengan potongan lontong, tahu, tauge, dan kerupuk gendar yang disiram dengan kuah gurih serta taburan bawang goreng dan seledri. Mie Kopyok Pak Dhuwur merupakan wisata kuliner Andalan wisatawan ketika mencari mie kopyok yang legendaris dan telah terkenal di Semarang.


 
Itulah 7 rekomendasi wisata kuliner di Semarang yang wajib Anda kunjungi ketika datang ke Semarang. Ada banyak wisata kuliner yang dapat Anda jelajahi di sekitar Kota Semarang, Anda dapat menemukan berbagai kuliner legendaris serta tradisional khas Semarang yang layak untuk dicoba.

Leave a Comment