Qualcomm Hadirkan Modem LTE 2Gbps Snapdragon X24

ArenaLTE.com - Belum lama rasanya terobosan teknologi Qualcomm lewat modem LTE 1Gbps di pasang dalam smartphone, kini sudah hadir lagi inovasi terbaru Qualcomm Modem LTE 2Gbps.

Qualcomm Modem LTE 2 Gbps ini diklaim sebagai modem LTE 2Gbps pertama di dunia dan chipset 7nm pertama: Qualcomm Snapdragon X24. Modem ini akan didemonstrasikan langsung di Mobile World Congress di Barcelona, ​​yang akan diadakan pada 26 Februari - 1 Maret mendatang.

Snapdragon X24 sendiri merupakan modem LTE generasi kedelapan Qualcomm. Dengan kecepatan 2Gbps, yang dua kali lipat dari modem LTE gigabit sebelumnya Snapdragon X16.

Selain itu, modem Snapdragon X24 mendukung agregasi carrier hingga 7x di downlink (versi X16 hanya 4) dan 4X4 MIMO hingga lima operator LTE gabungan (versi X16 hanya dua operator saja). Modem terbaru ini juga menawarkan hingga 20 aliran spasial LTE bersamaan, dibandingkan dengan X16 yang hanya 10 saja.

Meskipun Snapdragon X24 memiliki spesifikasi yang sangat hebat, namun sepertinya akan menghadapi beberapa tantangan kedepannya, menurut David McQueen, direktur riset ABI Research.

“Salah satunya yaitu belum ada kesepakatan Modem Snapdragon X24 dengan OEM, akan sangat menarik untuk melihat seberapa cepat handset akan tersedia di pasar yang mengusung teknologi ini," katanya.

David McQueen juga memperkirakan jika biaya tambahan yang terkait dengan integrasi smartphone dengan modem qualcomm snapdragon X24 ini juga rasanya tidak akan tinggi karena sebelumnya juga telah menyiapkan berbagai produk 5G yang akan dipasarkan.

Yang pasti jika X24 ini benar-benar dipasarkan maka vendor smartphone harus segera memasangnya, atau akan tertinggal karena OEM sedang bergerak untuk menyiapkan produk 5G. Jika tidak akan terjadi penundaan yang cukup lama untuk memasangkan atau mengupgrade X24 ini lagi, jika produk 5G sudah terlebih dahulu diproduksi.

Disisi lain, standar resmi 5G sendiri belum selesai - meski berjalan dengan baik - namun banyak perusahaan akan mengeluarkan produk 5G awal, termasuk Qualcomm.

Untuk teknologi 5G sendiri sebenarnya Qualcomm sudah menawarkannya sebagai modem 5G pertama di dunia, Snapdragon X50, yang mendukung operasi di band 28GHz. Jika X24 memiliki kecepatan akses maksimal 3Gbps, X50 hadir dengan kecepatan download hingga 5Gbps.

Lalu apakah X24 akan disambut baik? Jika kehadiran X24 bisa menjadi solusi kecepatan ekstra hingga 2Gbps bagi jajaran produk snapdragon LTE, padahal teknologi 5G sudah didepan mata.

Leave a Comment