Pentingnya Menjaga Keamanan Endpoint Pada Bisnis, Ini Alasannya!

ArenaLTE.com -  
Endpoint memegang perasanan penting dalam bisnis dan harus selalu tetap aman terlindungi dari berbagai serangan berbahaya. Lalu sebenarnya apa itu keamanan endpoint?
 
Keamanan endpoint adalah sebuah istilah yang mengacu pada sejumlah tindakan keamanan,  tindakan keamanan endpoint merupakan cara untuk melindungi jaringan bisnis saat diakses oleh perangkat jarak jauh, nirkabel, atau seluler seperti laptop, tablet, dan telepon seluler.
 
Semua perangkat yang digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis dan terkoneksi dengan jaringan bisnis termasuk dalam kategori perangkat endpoint.
 
Mulai dari komputer dan laptop juga smartphone yang beresiko menjadi penyebar malware, apalagi ditengah kebijakan (BYOD) yaitu perangkat pribadi yang juga berfungsi sebagai perangkat kantor.

Oleh karena itu Staf yang menggunakan perangkat pribadi juga harus menerima pelatihan sebagai bagian dari kebijakan BYOD agar jaringan bisnis benar-benar aman.
 
Bukan hanya perangkat seluler dan komputer yang terancam. Printer, faksimile, perangkat cerdas, server atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan juga memerlukan perlindungan.
 
Bahkan server termasuk sebagai salah satu jenis endpoint tradisional. Perlindungan server sangatlah penting karena ia menyimpan atau memproses data bisnis, email, dan dokumen bisnis dan informasi sensitif yang membutuhkan lapisan keamanan khusus.


 
Apakah keamanan endpoint saya memadai? Untuk mengetahui apakah perindungan endpoint yang kita gunakan sudah memadai, harus memperhatikan daftar kerentanan potensial berikut.
 
1. Pastikan Sistem operasi perangkat yang digunakan dalam bisnis menggunakan versi terbaru dan menerima update patch  terbaru guna menangani celah keamanan.

2. Kendalikan jumlah perangkat yang memiliki akses terhadap jaringan bisnis dan pastikan melakukan update secara berkala

3. Pastikan Program dan software yang tehubung ke jaringan bisnis yang digunakan sudah diperbarui dengan versi terbaru

4 . Gunakan kebijakan keamanan universal standar yang mencakup proses kebocoran, kata sandi minimal, dan pemeriksaan keamanan yang terkelola secara terpusat.

kemanan-endpoint-Avast

Leave a Comment