Avast : Waspada, 1 dari 5 Komputer Rumah Beresiko Serangan Siber

ArenaLTE.com - Avast, penyedia keamanan siber global, mengungkapkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, pengguna Windows 7,8, dan 10 di PC rumah mempunyai kemungkinan 20% untuk mendapatkan serangan siber.

Afghanistan, Iran, dan Cina berada di daftar teratas negara yang pengguna PC rumahnya memliki resiko tertinggi, sedangkan Pakistan, Vietnam dan Cina adalah negara-negara yang PC perusahaannya paling beresiko terhadap serangan siber.

Avast Global PC Risk Report 2019, yang menganalisa data dari database pendeteksi ancaman milik Avast, juga menemukan bahwa pengguna Windows 10 di PC rumah adalah yang paling beresiko terserang ‘advanced attack’.

Advance Attack ini adalah ancaman siber yang belum diketahui sebelumnya dan didesain untuk melewati proteksi teknologi didalam perangkat lunak keamanan seperti penyaringan URL, pemindaian email, tanda tangan, heuristic, dan emulator.

“Penjahat siber membuat ancaman yang mengambil kesempatan dari aktivitas yang dilakukan para pengguna di rumah dan hal tersebut tergantung dari konsumer karena umumnya  mereka tidak terlalu memperhatikan keamanan digital,” Kata Luis Corrons, Security Evangelist Avast.

“Sebaliknya, perusahaan biasanya mempunyai kebijakan browsing yang ketat dan seluruh tim IT berdedikasi untuk menjaga jaringan yang aman. Di rumah, tanpa sadar, kita dapat melakukan aktivitas online tanpa mempunyai tingkat keamanan yang sama.
Infeksi tertunda untuk 29.29% komputer rumah di Indonesia dan 29.53% untuk komputer perusahaan.

Menurut laporan, 29.29% komputer rumah di Indonesia beresiko dari segala jenis infeksi, dengan 8.11% nya terserang ‘advanced attack.’ Sedangkan di perusahaan,  terdapat 29.53% komputer yang  beresiko dari segala jenis infeksi, dengan 5.36% nya terserang ‘advanced attack’.




Indonesia sendiri termasuk dalam sepuluh negara teratas untuk komputer perusahaan yang paling beresiko terhadap segala jenis ancaman. Indonesia menempati nomor 4 teratas untuk komputer rumah yang paling beresiko terhadap segala jenis ancaman:
  1. Pakistan (36.15%)
  2. Vietnam (35.56%)
  3. China (31.59%)
  4. Indonesia (29.53%)
  5. South Korea (28.15%),
  6. Philippines (25.90%)
  7. Qatar (24.93%)
  8. Venezuela (24.43%)
  9. Malaysia (22.99%)
  10. Peru (22.86%)


Sumber: Avast PC Trends Report 2019
 

Leave a Comment