Peluang Usaha Baru Bagi Para LINE Creator

Sticker-LINE-Creators-LINE-Indonesia-3
ArenaLTE.com - Bukan hanya penyedia layanan chatting saja, LINE Indonesia memposisikan diri sebagai Smart Portal yang menjadi bagian dari industri ekonomi digital kreatif di Indonesia. Salah satu respon yang dilakukan LINE Indonesia terhadap kebutuhan konten lokal yaitu melalui LINE Creator’s Market (stiker) dan LINE WEBTOON (komik digital).
 
Dalam rangka merayakan hari jadi yang ke tiga, LINE Creator’s Market meluncurkan ragam inovasi terbarunya di Indonesia, mulai dari Stiker Sachet yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan stiker dengan harga yang lebih terjangkau hingga rencana pembuatan LINE Creator’s Market App untuk kreator, yang memungkinkan mereka membuat stiker melalui Smartphone App.
 
Melalui LINE WEBTOON, LINE juga berinovasi dengan membuka kesempatan bagi brand besar untuk bekerja sama dengan LINE WEBTOON dan para webtoonist (kreator webtoon). Selain itu, LINE juga menggelar Campus Roadshow untuk menjaring lebih banyak lagi talenta lokal agar berkarya bersama dan menjaring lebih banyak talenta kreatif lokal.
 
“Hingga saat ini sudah terdapat 720.000 kreator dan lebih dari 400.000 set stiker dan tema secara global. Bahkan para kreator ini sudah memiliki total penjualan 47,9 milyar dengan akumulasi rata rata 530 juta yen untuk 10 top kreator.
 
Untuk itu, dalam rangka merayakan hari jadi LINE Creator’s Market yang ketiga sekaligus bagian dari komitmen kami untuk mendukung para kreator di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, kami siap meluncurkan ragam inovasi dan memberi dukungan bagi para talenta kreatif untuk berkreasi dan tumbuh bersama kami dan memiliki pemasukan tambahan lewat LINE Creator’s Market,” ujar Inez Yorisya Kemala, Business Developer Manager LINE Indonesia.

Sticker-LINE-Creators-LINE-Indonesia-3
 
Salah satu inovasi terkini yang ditawarkan oleh LINE Creator’s Market di Indonesia adalah LINE Sticker Sachet. Diluncurkan Februari 2017, tercatat terdapat 50 set Sticker Sachet, dengan peningkatan registrasi pembelian stiker sebanyak 436%, serta peningkatan registrasi kreator sebanyak 212%.
 
Selain merilis Sticker Sachet, LINE Indonesia juga akan memberlakukan fitur auto-suggestion untuk stiker-stiker buatan kreator lokal untuk memudahkan pengguna memilih stiker dalam percakapannya di LINE.
 
Di ranah global, LINE berencana untuk membuat aplikasi khusus untuk LINE Creator’s Market yang akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2017, untuk mempermudah kreator dalam membuat stiker, mulai dari registrasi, proses foto, menggambar hingga meluncurkan stiker dalam satu aplikasi khusus kreator. Melalui aplikasi ini pula, kreator tidak perlu lagi menggunakan PC, illustration software, atau perangkat digital lainnya dalam membuat stiker.
 
Kontribusi untuk memberi warna dan memperkaya dinamika industri seni lokal juga diwujudkan melalui platform LINE WEBTOON. Sejak dirilis di Indonesia pada April 2015 lalu, LINE WEBTOON di Indonesia kini telah memiliki jumlah pembaca terbanyak secara global, yakni 6 juta pengguna aktif perbulannya.
 
Sticker-LINE-Creators-LINE-Indonesia-3

LINE WEBTOON Indonesia memilki 65 webtoonist serta 58 webtoon lokal dan tiga diantaranya telah diterbitkan di negara lain seperti Thailand dan Taiwan. “Baru-baru ini kami membuka kesempatan bagi brand besar untuk bekerja sama dengan LINE WEBTOON dan webtoonist, menampilkan brand dagangnya di dalam cerita webtoon yang ada. Lewat kerja sama ini, brand dapat ikut berkontribusi membantu para webtoonist Indonesia memiliki penghasilan tambahan,” ujar Ghina Fianny, LINE WEBTOON Manager LINE Indonesia.
 
Untuk terus memberi warna baru di industri kreatif Indonesia, LINE memiliki wadah berkumpulnya talenta lokal, baik untuk kreator stiker (LINE Creator’s Market) maupun webtoon (LINE WEBTOON Challenge). Melalui LINE Creator’s Market dan LINE WEBTOON Challenge, talenta kreatif Indonesia, dapat bertemu, berbagi ilmu, dan bekerja sama untuk menghasilkan karya bagi Indonesia.
 
 “Kami percaya bahwa semua orang termasuk pelajar memiliki talenta kreatif yang dapat berkontribusi di ranah kreatif digital ekonomi. Untuk itu, kami tidak hanya fokus pada inovasi fitur dan platform, tapi juga akan terus menjaring talenta lokal kreatif, khususnya dari kalangan pelajar Indonesia melalui berbagai kegiatan, salah satunya melalui LINE Creators Campus Roadshow, rangkaian seminar di beberapa universitas di Indonesia untuk memberikan pengetahuan dan informasi terkait stiker dan Webtoon,” ujar Inez Yorisya Kemala.

Leave a Comment