Pasca Gempa, Sistem Komunikasi Tiga Operator Tanah Air Baru Coverage 49% Area Sulawesi Tengah

ArenaLTE.com - Pasca gempa bumi yang menimpa wilayah Sulawesi Tengah atau Palu dan Donggala, perbaikan sistem komunikasi terus dikejar pihak operator dan Pemerintah yang dalam hal ini adalah Kominfo. Dalam informasi resmi, tiga operator seluler Tanah Air yang beroperasi di wilayah tersebut, seperti Telkomsel, Indosat dan XL Axiata sudah dapat berfungsi 49% coverage area.

Komunikasi yang sudah berjalan membaik ini, diiringi dengan perbaikan dan pemuliha menara base tranceiver station (BTS), dimana jumlah keseluruhan  BTS yg sudah berfungsi pasca-bencana mencapai 1.728 BTS di seluruh wilayah Sulawesi Tengah.  Pemancar ini bekerja dengan mentranformasikan teknologi jaringan 2G, 3G dan 4G.

Saat ini ketiga operator seluler tersebut terus berupa melakukan recovery terhadap BTS yg masih down atau terganggu, antara lain dgn menyediakan mobile back power sembari menunggu pasokan listrik dari PLN. Selain itu, ketiga operator seluler tersebut juga menambah personil di lapangan dengan mengirimkan tim tambahan dari daerah sekitar Sulwaesi Tengah seperti dari Makassar; Palopo, dan Poso untuk mempercepat proses recovery BTS.

Dalam catatan Kominfo di lapangan, ada sebanyak 31 unit telepon satelit yg disediakan oleh BAKTI Kementerian Kominfo sdh didistribusikan  ke posko-posko. Pendistribusian telepon satelit ini bekerja sama dengan Danrem setempat. Pengiriman telepon satelit tahap kedua sedang berlangsung. Sebanyak 50 telepon satelit yg pernah digunakan utk sarana komunikasi penanganan gempa Lombok direlokasi utk kebutuhan penanganan gempa Sulawesi Tengah.

Kementerian Kominfo pagi tadi juga sdh melakukan pemasangan 2 (dua) perangkat internet satelit berupa VSAT BAKTI-Lintasarta di: Posko Utama Korem Tadulako & Posko Media Bakti Kominfo Rujab Gubernur Siranindi. Ketiga operator telekomunikasi juga memberikan sejumlah kemudahan berkomunikasi bagi warga di Palu dan Donggala yg terdampak gempa. Telkomsel, misalnya memberikan telepon gratis 50 menit dan 200 SMS ke semua operator. Hal yg sama juga dilakukan XL Axiata. Ini sebagai bentuk dukungan sektor telekomunikasi untuk proses pemulihan pasca-bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Terkait adanya beberapa berita/informasi hoaks seputar Gempa Sulawesi Tengah, Kementerian Kominfo meminta masyarakat Palu, Donggala dan daerah terdampak gempa di Sulawesi Tengah untuk tetap tenang dan waspada, jangan terprovokasi oleh info-info yang tidak valid yg sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Leave a Comment