Wow! Ada 129 Juta Nama Website Gunakan Domain (.com)

ArenaLTE.com - VeriSign, salah satu penyedia layanan dalam bidang nama domain dan keamanan internet, mengumumkan bahwa jumlah nama website dengan domain .com dan .net di internet telah bertambah sekitar 8,8 juta selama kuartal keempat di tahun 2016.

Dengan demikian, total nama domain yang terdaftar mencapai 329,3 juta dari seluruh domain tingkat atas atau top-level domains (TLDs) per 31 Desember 2016 berdasarkan data dari Ikhtisar Industri Nama Domain atau Domain Name Industry Brief (DNIB).

Data pada DNIB juga menyoroti hasil penelitian yang dilakukan analis Verisign tentang bagaimana memanfaatkan tren pendaftaran domain untuk menemukan nama website dengan domain yang baik.

Domain tingkat atas atau TLD yang menggunakan .com dan .net mengalami pertumbuhan secara agregat pada kuartal keempat di tahun 2016, dimana jumlah keduanya mencapai sekitar 142,2 juta domain. Jumlah ini menandakan pertumbuhan sebesar 1,7 persen dari tahun ke tahun.

Jumlah ini mewakili pertumbuhan sebesar 1,7 persen dari tahun ke tahun. Sampai dengan 31 Desember 2016, nama domain berbasis .com yang terdaftar mencapai 129,9 juta nama website, sementara nama domain berbasis .net yang terdaftar mencapai 15,3 juta nama.

Tidak hanya itu, selama kuartal keempat tahun 2016, rata-rata permintaan harian Sistem Nama Domain atau Domain Name System (DNS) Verisign mencapai sekitar 143 milliar permintaan di seluruh TLD yang dioperasikan oleh Verisign, dengan angka tertinggi hampir mencapai 398 milliar.

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, rata-rata permintaan harian meningkat 11,4 persen dan peningkatan paling tinggi mencapai 122,5 persen. Setiap tahunnya, rata-rata permintaan harian meningkat 16,0 persen dengan angka puncak mengalami peningkatan sebesar 105,1 persen.

Verisign juga menerbitkan Ikhtisar Industri Nama Domain yang berisi data statistik dan analitik hasil riset mengenai industri nama domain untuk  pengguna internet di seluruh dunia. Ikhtisar Industri Nama Domain kuartal keempat 2016 juga tersedia dan dapat diperoleh di Verisign.com/DNIB.

Leave a Comment