MENGINTIP JAGOAN BARU LUNA G8 YANG PUNYA QUAD LENS

Harga-LUNA-G8
ArenaLTE.com - Tren lensa ganda pada smartphone, tampaknya akan terus berkembang. Setelah lensa ganda, yang dipasang entah untuk kamera depan atau kamera belakang, kini sepertinya mulai masuk ke babak berikut: Lensa ganda pada kamera depan dan kamera belakang. Quad Lens, itulah yang diperkenalkan Luna pada seri terbaru yang bakal rilis bulan depan, seri LUNA G8.

ArenaLTE berkesempatan melihat dan menjajal si smartphone quad lens ini sebelum nanti resmi dirilis pada –rencananya- 15 Desember mendatang. Menurut Suryadi Willim, Marcomm Manager Luna Smartphone, kamera ganda depan belakang seperti ini bakal menjadi tren di tahun depan. “Konsumen ingin kualitas kamera yang sama-sama tangguh, baik depan maupun belakang. Nah, Luna G8 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan itu,” ujar Suryadi.

DESAIN LUNA G8 

Penampakan smartphone ini memang bolehlah. Didesain dengan baik, memperhatikan detil, sehingga bisa terkesan mewah. Apalagi ditunjang dengan material body dari metal. Yang menurut Suryadi, materialnya benar-benar metal, bukan plastic yang dibuat kesan metal. Di genggaman terasa betul bodynya yang kokoh dan solid. Meski begitu, bobotnya malah tak begitu berat.

Ada dua pilihan warna yang disiapkan untuk seri baru ini. Gold metalik dan Black metalik. Yang bagusnya, disaput dengan warna dof serta permukaan yang dibuat dengan tekstur sedikit kesat. Jadi, kalau mau diposisikan sebagai ponsel premium, G8 sudah memenuhi syarat dari aspek desain.

LUNA-G8

DISPLAY

Tak disebutkan, berapa ukuran dan jenis layar. Namun melihat dari ukurannya, sepertinya layar berukuran 5.5 inchi, luas layar yang cukup nyaman untuk sebuah smartphone full touch screen. Tapi bukan itu yang menarik perhatian. Di sini Luna menghadirkan inovasi layar full view.

Maksudnya, ukuran layar dibuat dengan efek rasio 18:9, yang membuat layar lebih luas dan panjang. Ini membuat layar tampak hampir memenuhi bagian depan smartphone. Bagi pengguna, layar yang lebih panjang dan luas ini memberi kenyamanan saat menampilkan hasil foto, laman web dan sebagainya.

Namun begitu, yang perlu diketahui dari konsep full view Luna G8 ini adalah, bukan berarti sisi kanan dan kiri layar tak berbatas dengan body ponsel. Tetap terlihat batasan seukuran kira-kira 2 mm antara pinggir layar di kanan dan kiri dengan batas body ponsel.

QUAD LENS

Ini dia andalan utamanya. Di saat yang lain baru mengeluarkan lini produk lensa ganda pada salah satu kameranya, entah itu di belakang atau depan, Luna sudah duluan menyiapkan lensa ganda untuk kedua kamera. Alasannya ya itu tadi, biar penggunanya puas berfoto, baik selfie maupun memotret pemandangan.

Kamera depan untuk selfie memiliki konfigurasi 20 Mpix + 8 Mpix. Besaran resolusi yang aduhai, dan sangat memanjakan pecinta selfie. Sementara kamera belakang, memiliki konfigurasi 13 Mpix + 5 Mpix, lebih kecil dibanding kamera depan. Nampaknya Luna lebih memprioritaskan para selfie maniak.

LUNA-G8

Kamera dengan resolusi besar seperti itu, mungkin tak begitu kentara beda hasilnya ketika ditampikan di layar ponsel. Baru kelihatan khasiatnya ketika foto diperbesar (pada layar), yang ditunjukkan dengan foto yang tetap tajam tanpa terlihat bintik pixels (pecah). Atau, ketika dicetak dalam ukuran yang besar.

Biar lebih puas lagi para selfie maniak ini, pada kamera depan dilengkapi fitur sudut lebar (120 derajat), yang memungkinkan group selfie bisa menampung lebih banyak orang. Lalu ada efek bokeh, yang bisa difungsikan pada kedua kameranya. Efek bokeh terlihat lebih natural, karena lensa kedua bertugas merekam latar belakang (untuk di-blur-kan), serta lensa utama untuk merekam obyek foto dengan focus yang tajam.

Di samping itu, fungsi kamera juga dibekali beragam fitur terkini. Semacam face beauty, refocus, fitur professional yang memungkinkan penggunanya mengatur sendiri settingan kamera, backlight untuk memotret dalam kondisi menentang sumber cahaya, dan beberapa fitur lain.

Sementara untuk fungsi video, disediakan fitur time lapse. Fitur yang mulai banyak tersedia pada smartphone-smartphone terbaru ini, memungkinkan penggunanya merekam video, dan memutarnya dengan gerakan cepat. Adapula sebaliknya, slow motion, yang menghasilkan video dalam gerakan lambat. Walaupun sebenarnya, fitur-fitur itu memang bukan barang baru sih. Sudah banyak digunakan oleh beberapa competitor Luna sebelumnya.

HARGA LUNA G8

Menurut Suryadi, nanti ketika dirilis, Luna G8 ini bakal dipasangi harga sekitar IDR3.999 juta. Dari aspek harga ini, jelas Luna G8 masuk segmen menengah atas, atau malah bisa dibilang premium. Tapi wajarlah, mengingat spesifikasi teknisnya yang juga kelas atas. Harga itu, kata Suryadi lagi, bisa jadi berubah saat rilis nanti. Jadi lebih mahal atau lebih murah? “Yang jelas kalaupun ada perubahan, pastinya lebih rendah dari itu,” tandas Suryadi. Baiklah, kita tunggu saja kehadiran si quad lens ini.

Leave a Comment