REVIEW LUNA X PRIME: KAYA FITUR TAPI MURAH HARGA

Plus

  • Layar Full View
  • Looks stylish
  • Audio Jernih
  • Wireless Charging

Minus

  • Sedikit berat
  • Minim fasilitas olah foto
  • Tak ada image stabilizer

Score: 7.5

DESAIN
7
LAYAR
8
KAMERA
7
MULTIMEDIA
8
PERFORMA
7
VALUE FOR MONEY
8
ArenaLTE.com - Sebenarnya lini produk dari Luna Smartphone ini lumayan bagus. Kualitas dan teknologinya tak kalah dengan hape-hape cerdas terkini keluaran merek-merek papan atas. Kadang-kadang, spesifikasi produk juga bikin “surprised” dengan menghadirkan fitur yang inovatif. Hanya saja, nama Luna kalah pamor dengan brand-brand besar lain yang rajin “mencitrakan” diri.
 
Salah satu seri yang jadi andalan Luna adalah X Prime. Seri ini sesungguhnya mengusung spesifikasi dan kualitas produk yang cukup “sophisticated”, tampilan lumayan keren, jeroan yang juga kelas berat, tak kalah dengan hape-hape high-end lain. Menariknya, punya harga yang lebih cocok masuk ke segmen mid-end.
 
Luna X Prime ini dikenal juga dengan nama Luna XTream Ultima. Nama ini dipakai sebagai buah kerjasama dengan operator XL Axiata. Lewat kerjasama itu, di dalam Luna Xtream Ultima ini sudah dibundeli paket layanan Youtube gratis setahun penuh, serta beberapa paket lain, seperti iFlix dan lain-lain, dan tentu saja sepaket dengan layanan XL Axiata lainnya.
 
Berikut hasil jajal ArenaLTE pada smartphone andalan Luna ini:
 

DESAIN

Ukuran             : 155 x 75.5 mm
Tebal                : 7.85 mm
Bobot               : 154 gram
Platform           : Unibody
 
Tampilan hape Luna satu ini cukup memikat. Desain yang stylish dan modern. Dimensi yang pas dan akomodatif terhadap ukuran genggaman tangan rata-rata orang Indonesia. Bodynya dirancang dengan nuansa metal, meski sebenarnya cover belakang terbuat dari material plastic. Namun frame metalnya menambah kuat kesan metal, dan juga memperkokoh rancang bangun ponsel ini.
 
Frame metal yang mengelilingi bagian sisi ini dibentuk melengkung untuk membuat nyaman telapak tangan ketika menggenggam. Panel depan dan panel belakang tersambung kokoh pada frame metal ini. Rancang bangun yang kokoh makin membuat nyaman ketika digenggam.
 
Hanya saja, bobot XPrime rada berat. Tidak terlalu mengganggu kenyamanan saat digenggam. Namun ketika disimpan di saku, baru terasa bahwa bobotnya itu membuat kurang nyaman.
 

DISPLAY

Jenis                : IPS LCD Capacitive Touchscreen, 16M Colors
Ukuran             : 6.2 inches FHD+, 1080 x 2246 Pixels
Rasio               : 19:9
Proteksi           : Corning Gorilla Glass 4
 

Luna kayaknya tak mau ketinggalan dalam menghadirkan sebuah smartphone berlayar super lebar dengan secuil notch (poni) untuk lubang kamera, flash dan speaker. Tampilan layar dengan komposisi 19:9 ini memiliki sudut-sudut melengkung yang membuat layar tampak luwes.
 
Nah, bila tak suka poni, bisa dihilangkan dengan cara menyapu layar dari pojok kiri atas ke arah bawah. Poni menghilang dan layar tampil persegi panjang biasa –sebelumnya Anda harus mengaktifkan switch screen dulu di menu setting.
 
Tentu saja, layar super lebar begini sangat bermanfaat untuk kenyamanan mata. Begini contohnya, ketika membuka media sosial semacam FB dan IG, layarnya bisa lebih banyak menampilkan konten. Dan juga, pastinya enak banget ketika dipakai untuk menonton video streaming. Apalagi, dalam paket bundel bersama XL, aplikasi Youtube menjadi andalan, karena bisa dinikmati sepanjang waktu selama setahun, tanpa menyedot kuota data.
 
Performa layar juga mantap. Tampil jernih dan tajam tetapi masih cukup lembut untuk mata. Meskipun, ketika dipakai di bawah sinar matahari langsung, agak tenggelam juga tampilan layarnya. Kinerja touch screen juga oke, cukup baik dalam merespon sentuhan jari.
 

KAMERA

Belakang          : Dual 16Mpix + 5 Mpix, PDAF
Depan              : 16 Mpix
Flash Light       : LED (depan dan belakang)
Video               : 1080 @30 fps
 

Kamera menjadi salah satu fitur yang diunggulkan pada X Prime. Dibekali kamera lumayan besar, dan dual lensa pada kamera belakang. Yang gunanya, agar hasil foto lebih memiliki kedalaman dan komposisi warna yang lebih kaya. Menariknya lagi, untuk selfie juga diberikan kamera yang juga berkapasitas besar, meski hanya lensa tunggal.
 
Daylight Photo
Oke, hasil uji kamera pada kondisi cahaya terang benderang di siang hari, menghasilkan foto yang bagus. Foto yang memiliki ketajaman focus, warna natural dan memiliki kedalaman ruang. Focusing pada obyek juga cukup cepat dan akurat.
 
Memotret di dalam ruangan juga tetap oke, asalkan tersedia yang sangat cukup. Tetapi foto di dalam ruang dengan bantuan cahaya lampu yang full, aspek kedalaman ruang atau dimensi kurang sejelas bila memotret di luar ruang.
 
Digunakan untuk memotret backlight (membelakangi sumber cahaya) juga masih bisa menangkap obyek. Namun hasil foto cenderung jadi lebih pucat dengan latar belakang yang over exposure.


 
Lowlight Photo
Kamera Luna X Prime ini kurang berdaya bila dipakai memotret di malam hari dengan cahaya seadanya. Obyek yang terekam hanyalah yang benar-benar terkena cahaya saja. Selebihnya gelap. Kalaupun tersedia cahaya yang cukup, hasil foto tampak focus pada ukuran normal, namun apabila diperbesar, baru terlihat kurang tajamnya.

 
Selfie Photo
Untuk urusan swafoto, kamera kapasitas besar yang dipasang di depan memang membantu menghasilkan foto diri yang cukup bagus. Moda face beauty yang ada cukup membantu untuk menghaluskan kulit wajah, serta menambah kecerahan foto. Kalau mau lebih menonjol lagi, beri efek bokeh.
 
Pada moda selfie, ada pilihan untuk group selfie, alias menambah ruang foto sehingga bisa menampung lebih banyak wajah-wajah yang kepingin nampang. Hanya saja metodanya sedikit merepotkan. Karena, buka otomatis memperluas angle, tetapi dengan cara menggeser hape ke kanan dan ke kiri.

 
Facemoji
Ini fitur yang cukup menarik. Sticker emoji yang bergerak mengikuti mimic muka dan gerak kepala pengguna. Tersedia bermacam sticker, lantas arahkan kamera (depan) ke wajah, lakukan beberapa gerak kepala dan mengubah-ubah mimik muka. Kamera akan merekam dan meng-copy semua gerak dan mimic tadi kepada sticker. Setelah selesai, jadilah sticker emoji yang bisa di-share. Ohya, sticker emoji ini juga bisa menyertakan rekaman suara, tertawa misalnya.

 

Catatan: Fitur kamera X Prime minim dengan ketersediaan efek yang bisa menambah kreasi hasil foto. Malah taka da fasilitas edit pada foto hasil pemotretan.  Ini jadi mengurangi keseruan pada fungsi imaging-nya.
 
Tak ditemukan pula menu gallery. Di sini yang tersedia adalah menu file explorer, tempat menyimpan aneka file. Pada file hasil camera, misalnya, kita tak bisa menampilkan foto dengan cara di-swipe (menyapu layar). Untuk melihat foto yang lain, harus menutup dulu foto di tampilan layar, lalu mengklik foto di thumbnail. Agak repot.
 

MULTIMEDIA

Music Player    : MP3/eAAC+/WAV/Flac player
Video Player    : MP4/H.264 player
FM Radio         : Support
 
Luna X Prime menyajikan diri sebagai perangkat penghibur portable yang menyenangkan. Kualitas suara yang dihasilkan dari speakernya lumayan memukau, cukup jernih dengan harmonisasi nada yang bagus. Nada bass dan treble berpadu dengan baik, menghasilkan suara yang memiliki kedalaman dan detil. Kalau tak puas dengan setelan default audio, ada pilihan equalizer.
 
Apalagi didengarkan lewat headset bawaannya. Audio yang terdengar lebih maknyus lagi. Detil-detil nada semua keluar. Ini modal yang bagus untuk menonton video di Youtube atau menikmati film box office di iflix.
 
Sedikit catatan tambahan. X Prime tak punya lubang jack audio untuk headset. Untuk koneksi ke headset menggunakan port type C (untuk port charging). Untungnya, dalam box sudah diberi adapter untuk jack audio ke port type C.
 

NETWORK & KONEKTIVITAS

Jaringan           : 2G/3G/4G LTE Cat 6
WiFI                 : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot
Bluetooth         : Ver 4.2
SIM                  : Dual SIM – Dual Standby  (Micro+Nano SIM)
Port                  : USB Type-C
 
Koneksi 4G LTE Cat 6 (secara teori) mampu mentrasfer data dengan kecepatan 300 Mbps (DL) dan 50 Mbps (UL). Sudah sangat memadailah untuk mengakomodasi kebutuhan browsing dan buka-buka bermacam aplikasi yang butuh koneksi internet.
 
Dukungan frekuensi juga sudah kompatibel dengan semua operator 4G yang beroperasi di Tanah Air. Kedua slot simcard bisa digunakan –dengan hanya salah satu saja yang bisa dipakai untuk koneksi data. Hanya saja, simcard slot-nya jenis hybrid, yang salah satu slot buat simcard berfungsi pula sebagai slot memori card. Artinya, kalau Anda ingin memakai simcard, berarti harus mengorbankan salah satu simcard.
 
X Prime juga sudah mengusung Volte. Artinya, sudah bisa melayani voice call dalam jaringan 4G. Mesti diingat, tak semua hape 4G dibekali fitur Volte. Apabila tak ada Volte, tak bisa melakukan voice call dan SMS lewat jalur 4G. Anda mesti menginstall dulu aplikasi Volte.
 

SECURITY



Sudah dilengkapi dengan pengaman Face Unlock, fasilitas pembuka kunci layar dengan metoda pengenalan wajah. Tidak sekadar pembuka kuncian layar saja, sebenarnya, namun juga bisa diterapkan untuk pengaman beberapa aplikasi dan file yang ada. Dalam uji coba, fitur face unlock ini bekerja dengan cepat dan cukup akurat, meski ekspresi wajah tidak terlalu sama dengan ekspresi ketika perekaman data wajah. Ini karena fitur ini bekerja dengan mengenali algoritma titik-titik di wajah.
 
Fingerprint Recognation, yang fungsinya sama sebgai pengaman. Bisa diterapkan pada kuncian layar maupun membuka aplikasi. Tombol fingerprint yang berada di panel belakang, dan posisinya ideal dengan jangkauan jari, bisa pula difungsikan sebagai tombol kamera, dan beberapa fungsi lain.
 

BATERAI

Jenis                : Lithium Ion
Kapasitas         : 3000 mAh
Tipe                 : Non-removable

 
Kapasitas baterai mungkin menjadi salah satu catatan yang perlu diberikan di hape satu ini. Sebab kapasitasnya tak terlalu besar untuk sebuah hape cerdas yang dirancang menjalankan multi aplikasi dan kerja menengah hingga berat.
 
Menariknya di sini, tersedia fasilitas  wireless charging, mengisi ulang baterai dengan cara menempatkan hape pada dock, yang terkoneksi nirkabel dengan perangkat yg terhubung di colokan listrik.
 

PERFORMA

OS                   : Android 8.1.0
CPU                 : Octa Core 2.0 Ghz (4 x A73 up to 2.0GHz + 4 x A53 up to 2.0GHz)
Chipset            : Mediatek Helio P60
RAM                 : 4 GB
ROM                 : 64 GB
External memory : MicroSD hingga 256 GB
 
Spesifikasi dapur pacu yang dipasangkan pada hape cerdas baru ini memang dipersiapkan untuk mendukung fungsi-fungsi  menengah dan berat. Kapasitas memori yang besar serta prosesor yang lumayan ampuh, hasilnya Luna X Prime mampu melibas aplikasi game yang lagi nge-hit tanpa banyak kendala.
 
Meski dipacu terus-menerus, mesin X Prime terlihat tak mudah panas. Memang ada peningkatan suhu, tetapi tak terlalu ekstrim.  Pengolah grafis pun bekerja baik. Mampu menghadirkan kinerja grafis yang mulus. Termasuk untuk gaming, yang terlihat mampu menyajikan grafis game yang baik dan mulus.
 
VALUE FOR MONEY
Dipasarkan dengan harga IDR3.99 juta pada saat launching. Melihat spesifikasi, dan kelengkapan fitur, serta value dari brand Luna sendiri, sebenarnya harga itu agak over price. Namun, dengan adanya paket bundling hasil kerjasama dengan operator XL Axiata, yang memberikan bonus Youtube gratis setahun, serta langganan iFlix, dan bonus lain, maka segi kepantasan harga Luna XPrime ini menjadi tinggi.

Leave a Comment