Lenovo Smartphone Cetak 500 Developer Kembangkan Teknologi Virtual Reality

ArenaLTE.com - Bekerja sama dengan platform pengembang lokal Dicoding, Lenovo Smartphone menggelar program untuk menatar para pengembangan (developer) di Indonesia. Produsen smartphone ini menyiapkan beasiswa senilai IDR100.000.000 (seratus juta rupiah) yang disalurkan untuk meningkatkan kemampuan 500 orang developer yang tergabung dalam Dicoding Academy.

Para developer tersebut akan belajar membangun aplikasi dan games Android, terutama yang menggunakan teknologi virtual reality (VR) pada smartphone seperti Lenovo VIBE K4 Note dan Lenovo VIBE K5 Plus.

Adrie R Suhadi, Country Lead, Smartphone Division, Mobile Business Group, Lenovo Indonesia, mengatakan program ini menegaskan komitmen perusahaan untuk membantu mengembangkan industri digital lokal yang kuat.Lenovo VR ANTVR

“Kami telah memproduksi secara lokal semua Lenovo smartphone yang ditawarkan di Indonesia, termasuk seri VR smartphone, Lenovo VIBE K4 Note dan Lenovo VIBE K5 Plus, dan kami berharap bahwa semakin banyak VR aplikasi dan gameyang dikembangkan secara lokal sehingga konsumen dapat menggunakan aplikasi dan game smartphone lokal seri Lenovo VR mereka," ujarnya.

Menurut Adrie, keberhasilan pemanfaatan sebuah teknologi, khususnya teknologi smartphone, sangat bergantung pada kerjasama yang baik antara industri, perusahaan, pembuat aplikasi dan konsumen. Hubungan yang sinergis antara setiap elemen akan menumbuhkembangkan ekosistem digital lokal yang kuat dan positif. Salah satu mekanisme untuk membangun sinergi tersebut adalah melalui peningkatan kapasitas dan keterampilan para pengembang lokal melalui program pendidikan yang tepat guna.

 

Setiap peserta dari masing-masing kelas mendapat kesempatan untuk mempelajari materi pemrograman melalui sesi ulasan aplikasi bersama para pelatih Dicoding Academy. Adapun kelulusan peserta ditentukan oleh kualitas kode yang di-submit sebagai bagian dari tugas akhir mereka. Seluruh kode yang masuk dinilai secara manual, langsung oleh tim yang expert di bidang tersebut.

Dari seluruh developer yang mengikuti keempat kelas yang ditawarkan, terpilih 5 peserta terbaik yang berhasil mencapai nilai tertinggi di antara 500 lulusan lainnya. Atas prestasinya, masing-masing peserta terbaik mendapatkan penghargaan hadiah 1 unit Lenovo VIBE K5 Plus dari Lenovo Indonesia. Mereka adalah Miftakhul Firdaus dari Surabaya, Tesyant dari Yogyakarta, Danviero Yuzwan dari Jakarta, dan Arrival Sentosa dari Bandung.

 

Leave a Comment