Fakta Ini Ungkap Kehebatan Layar Sekunder (Cover Screen) Galaxy Z Flip3 5G

ArenaLTE.com - Samsung Galaxy Z Flip3 5G merupakan smartphone foldable kekinian yang menjadi tren gadget masa kini. Salah satu daya tarik utama Galaxy Z Flip3 5G adalah desain lipatnya.
 
Ketika dilipat, form factor Galaxy Z Flip3 sangat ringkas dengan dimensi hanya 72,2 x 86,4 x 17,1mm dengan bobot 183 gram membuatnya semakin pas saat disimpan di kantong, genggaman tangan bahkan bisa masuk ke micro bag yang sekarang sedang tren.
 
Dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip3 5G dibekali dengan sejumlah peningkatan. Salah satu yang paling terlihat adalah desain layar sekunder alias Cover Screen di bagian depan ponsel saat kondisi tertutup yang memiliki ukuran semakin luas.
 
Cover Screen Galaxy Z Flip3 berukuran 1,9 inch dengan resolusi yang juga lebih tinggi yaitu 260 x 512 pixel. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya hanya berukuran 1,1 inci (300 x 112 piksel) saja.
 
Selain lebih luas, ternyata kemampuan layar sekunder (cover screen) Galaxy Z Flip3 juga mengalami peningkatan dengan inovasi fitur terbaru untuk memudahkan pengguna mengoperasikan berbagi hal tanpa harus membuka lipatannya.
 
Apa saja yang bisa dilakukan pengguna melalui layar sekunder (cover screen) Galaxy Z Flip3 ini?
 
Melihat Notifikasi
Meskipun dalam kondisi terlipat, layar sekunder pada Galaxy Z Flip3 tetap bisa digunakan untuk menampilkanberbagai informasi seperti waktu, tanggal dan baterai. Layar sekunder ini juga menampilkan notifikasi dari aplikasi seperti Instagram, WhatsApp, SMS, hingga telepon masuk.


 
Pengguna hanya perlu mengusap (swipe) layar ke arah kiri untuk bisa melihat notifikasi di layar sekunder, tanpa perlu membuka lipatan Z Flip3 5G.
 
Cover Screen Galaxy Z Flip 3 sudah dibekali dengan fitur "Always on Display" yang memungkinkan layar untuk selalu siaga tanpa harus repot mengetuk layar sekunder terlebih dahulu untuk melihatnya.
 
Quick Setting
Di samping itu, pengguna juga bisa mengakses quick settings (pengaturan cepat) seperti untuk mengubah volume dan mengubah tingkat kecerahan layar ponsel. Caranya, tinggal usap Cover Screen ke arah atas.
 
Akses aplikasi Dan Samsung Pay
Melalui Cover Screen ini, pengguna juga bisa menambahkan widget dari beberapa aplikasi, seperti musik, cuaca, alarm, kalendar, timer, Samsung Health, dan perekam audio.
 
Pengguna hanya perlu mengusap layar sekunder ke arah kanan untuk bisa mengakses widget dari berbagai aplikasi dalam keadaan ponsel terlipat. Pengguna juga bisa mengakses aplikasi pembayaran Samsung Pay, dengan cara mengusap Cover Screen ke arah bawah.


 
Mengubah Tampilan Cover Screen
Pengguna juga dapat dengan mudah dan cepat mengganti tampilan dari cover screen ini. Cara menggantinya cukup dengan melakukan tap dua kali di layar sekunder dan tekan lalu tahan tampilan layar. Akan muncul beberapa pilihan variasi tampilan jam yang unik, untuk memilihnya geser ke kanan atau kekiri.

Menjawab panggilan telepon
Menjawab dan terima panggilan telepon juga bisa dilakukan dengan cepat langsung dari layar sekunder Galaxy Z Flip3 5G ini. Ketika ada panggilan masuk, nama dan nomornya akan muncul di cover screen.

Cukup sentuh layar sekunder tersebut dan geser ke kanan untuk menjawab, atau geser ke kiri untuk menutup telepon. Menjawab panggilan telepon dari layar sekunder ini akan mengaktifkan speakerphone secara otomatis jika tidak menggunakan headset atau perangkat audio Bluetooth.



Memotret, Rekam video Dan Selfie
Fitur ini yang paling canggih dari kemampuan layar sekunder Galaxy Z Flip3 5G yaitu kemampuan untuk mengambil foto dan video menggunakan kamera belakang, tanpa perlu membentangkan layar utama ponsel.

Pengguna bisa dengan mudah beralih ke mode perekaman video, dengan cara mengusap layar ke arah kanan. Begitu juga sebaliknya, jika pengguna ingin beralih ke mode foto, tinggal usap (swipe) ke arah kiri.

Tak hanya beralih antar mode foto dan video, sekarang pengguna juga bisa dengan mudah mengganti lensa kamera yang digunakan. Pengguna bisa mengusap layar ke atas bila ingin mengambil foto atau video dengan kamera wide 12 MP(f/1.8).

Lalu usap (swipe) ke arah bawah apabila mau menggunakan lensa ultra wide 12 MP (f/2.2). Untuk mengambil foto atau mulai merekam, pengguna bisa langsung menekan Cover Screen atau menekan tombol volume up.



Dual preview foto
Cover Screen pada Galaxy Z Flip 3 ini juga dapat perfungsi sebagai dual preview atau pratinjau ganda untuk foto. Jadi, hasil foto yang muncul di layar utama juga bisa muncul langsung di Cover Screen. Fitur ini berguna, misalnya bila pengguna meminta seseorang untuk memotret pengguna dan dapat langsung melihat hasil foto langsung dari layar sekunder.



Main Game
Ini adalah salah satu percobaan unik yang dilakukan oleh seorang pria yang merupakan pemilik channel Golden Reviewer mengetes kemampuan Galaxy Z Flip3 untuk memainkan game Genshin Impact.

Dengan spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy Z Flip3 5G termasuk chipset Snapdragon 888 dan memori sebesar 12GB LPDDR5 dengan dua pilihan memori internal 256GB dan 512GB, ternyata mampu memainkan game berat seperti Genshin Impact di layar sekunder (cover screen) ini.


Leave a Comment