Samsung Galaxy Z Flip3 5G Harga IDR14Jutaan, Ini Fitur Andalannya!

ArenaLTE.com - Meluncur bersamaan dengan Galaxy Z Fold3 5G, smartphone lipat mini Galaxy Z Flip3 5G hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mementingkan perpaduan gaya dengan fungsionalitas yang selalu melakukan hal baru yang biasanya dianggap sebagai Trendsetter.

Tren smartphone lipat (foldable) semakin meningkat, bahkan menurut riset Riset dari Strategy Analytics pasar perangkat ponsel layar lipat terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang. Diprediksi tahun ini ada 13 juta perangkat yang terjual, dan di 2025 diperkirakan 117,2 juta ponsel layar lipat digunakan di seluruh dunia.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G memiliki desain kompak yang premium dan elegan, ukurannya sangat mungil dan nyaman digenggam dalam kondisi tertutup. Namun saat dibuka, layar bagian dalam cukup luas dan memberikan kenyamanan menikmati konten dengan ukuran 6,7 inci.

Tidak sekadar hadir dengan desain layar lipat yang inovatif, Samsung Galaxy Z Flip3 5G juga menawarkan fitur yang sangat lengkap, spesifikasi kelas flagship, serta dibanderol dengan harga yang terbilang affordable.

Bentuk Kompak, Fleksibel Dan Tangguh

Salah satu daya tarik utama Galaxy Z Flip3 5G adalah desain lipatnya. Ketika dilipat, form factor Galaxy Z Flip3 sangat ringkas dengan dimensi hanya 72,2 x 86,4 x 17,1mm dengan bobot 183 gram membuatnya semakin pas saat disimpan di kantong, genggaman tangan bahkan bisa masuk ke micro bag yang sekarang sedang tren.


 
Dalam kondisi terbuka, layar utamanya berukuran 6,7 inci dengan bodi berukuran 72,2 x 166,0 x 6,9mm. Bodinya dibalut oleh material khusus Armor Aluminum terbaru dan terkuat dan membuatnya 50% lebih tipis dan lebih mudah untuk dilipat dan dibuka.

Samsung juga melengkapi dengan Corning® Gorilla® Glass Victus™ untuk perlindungan terkuat terhadap goresan dan kejatuhan yang tidak diharapkan.

Ada juga film pelindung baru berbahan PET yang dapat meregang dan panel layar utama yang lebih optimal sehingga menciptakan layar yang 80% lebih tahan lama dibanding pendahulunya.

Engsel perangkat pun diberi lapisan karet dan anti karat untuk melindunginya dari air dan potensi korosi. Galaxy Z Flip3 5G telah melalui tes pelipatan yang ketat, terverifikasi oleh Bureau Veritas, agar tahan dilipat selama 200.000 kali.

Tahan Air Dengan IPX8

Samsung Galaxy Z Flip 3 menjadi smartphone foldable pertama di dunia yang memiliki ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Fitur ini membuat ponsel lipat anyar ini masih dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam di air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Dua Layar Galaxy Z Flip3 5G

Galaxy Z Flip3 5G memiliki dua layar. Layar utamanya berukuran 6,7 inch pada resolusi 1080 x 2640 piksel dengan teknologi Full HD (FHD) dan Dynamic AMOLED 2X Display. Dengan Refresh Rate 120 Hz, pengguna dapat merasakan pergerakkan layar yang jauh lebih licin dan mulus.

Layar juga memberikan tampilan luar biasa cerah, meski dilihat pada siang hari di bawah terik matahari, mengusung teknologi HDR10+ dan peak brightness yang mencapai 1200 nit.

Sedangkan pada layar cover-nya, mengalami peningkatan dari yang asalnya 1,1 inci saja menjadi 1,9 inci pada resolusi 260 x 512 piksel.

Galaxy Z Flip3 5G hadir dengan layar kedua atau Cover Screen yang mengalami peningkatan dari berukuran 1,1 inch menjadi 1,9 inch dengan resolusi yang juga lebih tinggi yaitu 260 x 512 pixel.

Cover Screen Multifungsi

Dengan Cover Screen lebih besar pengguna jadi bisa mengakses lebih banyak informasi dan notifikasi tanpa perlu membuka perangkat.

Fungsi lebih banyak di layar sekunder Layar mini ini sendiri bisa menampilkan sejumlah informasi penting, seperti notifikasi dari berbagai aplikasi, laman pengaturan untuk mengubah tingkat kecerahan, volume, dll (Quick Setting), widget, dan aplikasi Samsung Pay untuk kemudahan bertransaksi.

Cover Screen di Galaxy Z Flip3 5G juga bisa digunakan untuk mengambil selfie dengan kamera belakang. Dengan fitur Quick Shot, pengguna bisa mengambil selfie atau video dengan menekan tombol power Galaxy Z Flip3 5G dua kali.

Kamera Galaxy Z Flip3 5G

Samsung membekali Galaxy Z Flip3 5G dengan dua kamera beresolusi 12 MP Ultra Wide dan 12 MP Wide. Pengguna Galaxy Z Flip3 5G agar para penggunanya bisa selfie saat kondisi smartphone tertutup, lewat layar keduanya.

Selain itu, Galaxy Z Flip3 5G juga mendukung proses perekaman video berteknologi HDR 10+. Dengan begitu para pengguna dual folding bisa mendapatkan hasil rekaman berkualitas 4K Ultra High Definition (UHD). Galaxy Z Flip3 5G juga dilengkapi dengan dengan teknologi Super Steady 2.0 yang mendukung pengambilan video secara stabil dan bebas blur.

Performa Tinggi Snapdragon 888

Smartphone ini ditenagai prosesor Snapdragon 888 terbaru, Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680). Prosesor ini dibuat dengan fabrikasi 5nm. Hal ini tentunya membuat smartphone bisa lebih hemat baterai walau performanya sangat meningkat.

Chipset Snapdragon 888 (5nm) dari Qualcomm yang mendukung konektivitas 5G. Dengan performa ini, pengguna bisa memenuhi segala kebutuhan namun tetap hemat energi.

Menemani prosesor yang kencang tadi, ada memori sebesar 12GB LPDDR5 dengan dua pilihan memori internal 256GB dan 512GB yang bisa menyimpan banyak file.

Ini adalah jenis teratas di segmen memori smartphone dan spesifikasi prosesor beserta memori dan GPU menjadikannya sebagai perangkat mobile yang ideal untuk kebutuhan game game 3D yang berat ataupun melakukan pengeditan foto/video.

Kemampuan gaming ini juga didukunglagi dengan graphics processing unit Adreno 660. GPU ini mampu melakukan render graphics 35% lebih cepat, power lebih tinggi 20%, dan menjalankan game HDR 2 kali lebih cepat, dari varian GPU sebelumnya.

Untuk daya tahan, Galaxy Z Flip3 5G dilengkapi dual battery system berkapasitas 3.300 mAh yang didukung kemampuan fast charging dengan kabel atau tanpa kabel (nirkabel).

Multitasking Komplit

Samsung Galaxy Z Flip3 5G menawarkan pengalaman multitasking tingkat lanjut dengan fitur bernama Multi Active Windows yang dapat membuka beberapa aplikasi langsung secara bersamaan dalam satu layar.
 
Yang paling canggih adalah fitur Flex Mode yang menyulap bentuk Galaxy Z Flip3 terpisah menjadi dua bagian layar, mirip dengan perangkat laptop. Dengan bentuk ini memungkinkan Anda untuk menikmati pengalaman menggunakan smartphone secara handsfree.
 
Dengan Flex Mode, bikin konten secara hands-free jadi simple hanya cukup letakkan perangkat di tempat yang diinginkan dengan sudut pelipatan yang sesuai, lalu lambaikan tangan atau pakai voice command di Bixby untuk merekam atau memotret. 
 
Selfie pun jadi lebih asik dengan fitur Auto Framing yang otomatis mengatur zoom di kamera untuk bikin tiap orang masuk frame secara proporsional. Ditambah, Cover Screen yang lebih besar memudahkan kita untuk selfie 

Dukungan jaringan 5G

Galaxy Z Flip3 5G dibekali chipset yang mendukung konektivitas 5G. Ponsel lipat ini ditenagai chipset Snapdragon 888 (5nm) dari Qualcomm. Untuk bisa menikmati layanan 5G di Indonesia, pengguna harus melakukan update software yang sudah disediakan untuk mendukung band n3 (layanan 5G Indosat) dan n40 (layanan 5G Telkomsel).

Tampil Stylish

Hadir dalam pilihan warna kekinian gaya anak muda, yakni Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black, Galaxy Z Flip3 5G hadir dengan berbagai aksesoris tambahan yang stylish, seperti ring grips dan strap cases, dengan berbagai pilihan warna yang menarik. Pengguna juga bisa mencocokkan desain Galaxy Z Flip3 5G dengan pakaian yang digunakan sebagai bentuk ekspresi dalam menambah kepercayaan diri.

Spek Galaxy Z Flip3 5G


Leave a Comment