Aduh, Kuman Pada Smartphone Ternyata Lebih Besar dari Kursi Toilet

ArenaLTE.com - Jika Anda berpikir bahwa tolilet adalah sumber kuman yang paling besar, maka anggapan tersebut kini salah besar. Pasalnya, tak hanya sebuah toilet yang memiliki banyak kuman namun ternyata smartphone memiliki jumlah kuman yang lebih besar dari dudukan toilet.

Dalam sebuah studi pada 2011 lalu yang dilakukan oleh peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, setidaknya ditemukan ada satu dari enam ponsel yang menyimpan jejak kuman lebih besar dari dudukan toilet.

Hal ini juga melengkapi penelitian mikrobiologi yang dilakukan Charles Gerba dari University of Arizone, yang menemukan bahwa ponsel membawa sepuluh kali bakteri lebih besar dari kursi toilet. Bakteri ini bisa menyebabkan mual dan perut yang sering bermasalah.

Alasan tersebut diungkapkan para ahli terjadi karenaponsel sering lewat di antara orang-orang yang menyebar kuman, tetapi mereka tidak pernah dibersihkan dan akhirnya membangun penyakit yang kian terus bertambah besar.

Dalam penelitiannya, Profesor Gerba mengatakan selama eksperimen ia menemukan bahwa kuman yang ada pada ponsel begitu dekat dengan tangan dan mulut pengguna. Bahkan, jika seorang teman atau orang asing menggunakan ponsel mereka bakteri akan lebih mudah mejangkit lagi.

Profesor Gerba menambahkan bahwa karena ponsel merupakan perangkat elektronik, beberapa pengguna menjadi takut atau malas membersihkan perangkat. Bisa dikarenakan takut akan merusak perangkat mereka atau karena proses yang merepotkan.
 
Baca juga :
4 Syarat Memilih Smartphone Untuk VLOG Yang Ideal
Kecanduan Smartphone? Ini Dia Tandanya


Meskipun sebenarnya, professor berharap bahwa para pengguna tidak perlu takut untuk membersihkan ponsel dengan zat antibakteri sesering mungkin.
Hal yang paling buruk, ada banyak orang membuat kesalahan dengan membawa ponsel mereka ke toilet, dan justru kondisi di dalamnya akan membuat kuman akan bertambah.

Menurut sang professor, yang dilansir dari laman The Sun Online, seringkali pengguna bersentuhan langsung dengan dudukan toilet maka proses transfer kuman ke ponsel akan langsung berjalan. “Di toilet akan ada banyak jenis kuman bahwa sering di bawa oranglain baik pada kursi, pegangan toilet/ flush atau tombol dan roll tisu, serta juga yang tersimpan pada pintu,” jelas Gerba, seperti dikutip dari laman express.

Dirinya juga menyebutkan bahwa kuman yang ada dalam toilet itu mencakup apa saja dari norovirus ke salmonella. Mencuci tangan bisa menghilangkan kuman yang tersisa, jika ingin kemudian mengangkat telepon.

“Kuman akan lebih mudah dihantar pengguna langsung ke mulut atau wajah, karena media transfernya sangat dekat,” jelasnya. 

Leave a Comment