Kaspersky Insternet Security Hadirkan Fitur “Anti Spy” Untuk Ponsel Android

ArenaLTE.com - Waspada ponsel Android yang kalian gunakan sebenarnya sedang dimata-matai, dipantau menggunakan spyware yang sebenarnya legal dan tersedia secara komersial.
 
Program spyware komersial adalah aplikasi yang diinstal dan beroperasi secara background di ponsel kita, yang dapat digunakan untuk memantau serta melacak aktivitas perangkat.

Biasanya spyware ini digunakan untuk memata-matai mitra atau mantan mitra, tidak satupun dapat menghentikan orang menggunakan program tersebut untuk menargetkan individu tertentu demi tujuan berbahaya.

Aktivitas ini sering dilakukan tanpa sepengetahuan target serangan, sehingga sering disebut sebagai “stalkerware”.

Memiliki kegunaan yang beragam, seringkali membuat orang yang menginstalnya dapat mengakses informasi perangkat, pesan singkat, foto, percakapan media sosial, data geolokasi target serangan mereka, bahkan dalam kasus tertentu, mentransfer rekaman audio dan kamera dalam waktu nyata (real-time).

Walaupun pemasangan stalkerware pada perangkat orang lain memerlukan akses secara fisik, hal itu dapat dilakukan lebih cepat dengan mengunduh aplikasi ke ponsel dari situs web distributor.
 
Untuk itulah, Kaspersky Lab telah meningkatkan fitur Kaspersky Internet Security untuk Android dengan Privacy Alert yang akan memperingatkan pengguna jika informasi pribadi mereka dipantau melalui spyware yang tersedia secara komersial.

Kaspersky Lab memutuskan untuk memperkenalkan peringatan khusus bagi program seperti itu dan memberikan kontrol penuh kepada pengguna untuk memutuskan sendiri apa yang ingin mereka lakukan.

Pada tahun 2018, produk-produk Kaspersky Lab mendeteksi program-program tidak dikenal yang berbahaya pada 58.487 perangkat seluler unik, ini membuktikan bagaimana canggihnya sebuah ancaman.

Walaupun tampaknya sulit membayangkan bahwa invasi privasi secara terang-terangan bisa begitu mudah diakses, program-program stalkerware ini sudah diekspos dan dikritik secara publik beberapa kali, namun di sebagian besar Negara statusnya tetap tidak jelas.



Lalu bagaimana agar kita terindar dari spyware Stalker ini? Berikut ini langkah-langkah dari Kaspersky Lab untuk memastikan Anda tidak menjadi korban stalker digital:
  • Hanya instal aplikasi seluler dari aplikasi penjualan resmi, seperti Google Play.
  • Memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal dalam pengaturan ponsel cerdas Anda.
  • Jangan pernah mengungkapkan kata sandi atau kode sandi ke perangkat seluler Anda, meskipun itu dengan seseorang yang Anda percayai.
  • Jangan pernah menyimpan file atau aplikasi yang tidak dikenal di perangkat Anda, karena dapat merusak privasi Anda.
  • Ubah semua pengaturan keamanan di perangkat seluler, bahkan saat Anda memutuskan suatu hubungan. Orang yang dahulu pernah menjalin hubungan dengan Anda bahkan dapat melakukan upaya untuk mendapatkan informasi pribadi dan memanipulasinya.
  • Kendalikan seluruh program yang berjalan di belakang dan nonaktifkan aktivitas mencurigakan.
  • Gunakan solusi keamanan andal dan dapat memberi tahu tentang keberadaan program spyware komersial yang bertujuan menyerang privasi pada ponsel Anda, seperti Kaspersky Internet Security

Leave a Comment