Jangan Bagikan Foto “Boarding Pass” Di Sosmed, Ini Resikonya!

boarding-pass-sosmed
ArenaLTE.com - Pergantian tahun 2019 akhirnya telah datang, sebagian orang pasti sudah memesan tiket perjalanan jauh hari untuk berlibur. Tipe perjalanan bisa sangat beragam mulai dari keluar kota hingga berkunjung ke luar negeri.

Di sinilah media sosial menjadi instrumen sangat ampuh sebagai tempat bagi orang-orang untuk berbagi perjalanan liburan mereka. Dalam beberapa kasus, banyak orang-orang yang senang membagikan boarding pass mereka di media sosial.

Sementara banyak orang berpikir bahwa memposting gambar boarding pass ke jejaring sosial adalah cara yang bagus untuk unjuk diri, nyatanya hal tersebut juga bisa menjadi langkah berbahaya.

Karena Boarding Pass merupakan informasi berharga yang dapat digunakan oleh seseorang dengan niat jahat.

Selain dari nama dan tujuan, boarding pass Anda mencakup beberapa informasi sensitif. Informasi pada boarding pass juga termasuk dalam screenshot tiket, konfirmasi pemesanan yang diperoleh melalui aplikasi seluler dan terlebih lagi, email.

Apabila Anda cenderung menggunakan kata sandi yang lemah, siapa saja yang secara diam-diam membaca email tersebut dapat memperoleh akses ke data ini.

Data Penting dalam Boarding Pass
Lalu adakah data lain yang termasuk dalam boarding pass? Untuk permulaan, bisa seperti informasi mengenai seberapa loyalitas Anda pada maskapai penerbangan atau kartu frequent flyer.

Nomor atau nama pemegang kartu, dalam beberapa kasus, memungkinkan bagi orang asing untuk masuk ke profil pribadi Anda di situs web maskapai untuk melakukan check-in online.

Bagian kedua dari data penting yang tersembunyi pada boarding pass Anda adalah Passenger Name Record, atau dengan singkat disebut PNR.

PNR adalah kode reservasi, yang berfungsi sebagai pengenal unik penumpang dalam sistem reservasi komputer. Ini termasuk data rute dan semua yang bepergian bersama Anda. Jadi, jika perjalanan dilakukan bersama dengan keluarga, Anda akan berbagi PNR yang sama.

PNR juga termasuk informasi tentang tarif, serta informasi pembayaran (seperti nomor kartu kredit). Dalam beberapa kasus, berikut adalah informasi aktif yang berada di dalam PNR: nomor telepon penumpang, detail akomodasi di negara tujuan, tanggal lahir, dan data paspor.

boarding-pass-sosmed

Resiko Berbahaya dari data Boarding Pass

Berikut ini beberapa resiko berbahaya yang dapat dilakukan oleh penjahat siber dengan menggunakan data pada boarding pass Anda:
  • Berdasarkan nomor penerbangan, akan terlihat waktu Anda pergi dan kembali. Maka para pelaku kejahatan akan mengetahui kapan rumah Anda tidak berpenghuni dan melancarkan aksinya seperti pencurian mobil dan barang berharga lainnya.
  • Pengaturan tempat duduk Anda pun dapat dikontrol. Ya, hanya dengan data yang tertera pada boarding pass, orang asing yang mengganggu bisa mengacak nomor kursi dan membuat kenyamanan Anda terusik.
  • Bayangkan setibanya mendarat di tujuan pulang, tiba-tiba nama Anda tidak termasuk dalam daftar penumpang. Ternyata seseorang tidak bertanggung jawab telah menelepon maskapai atas nama Anda, mengkonfirmasi semua data pribadi dan meminta untuk pembatalan tiket.
  • Mirip halnya dengan mengubah kursi, hanya dengan menggunakan data pada boarding pass Anda, mereka dapat mengubah tanggal penerbangan yang sudah dipesan sebelumnya.
  • Dengan semua data PNR, nomor ini dapat digunakan untuk trik rekayasa sosial dan akses menuju profil Anda. Setelah pelaku kejahatan mendapat akses ke profil, ia mungkin menghabiskan semua bonus yang Anda miliki.
  • Jika PNR termasuk nomor ponsel, itu adalah kesempatan bagi para scammer menduplikasi kartu SIM, bahkan memberikan pelakunya kesempatan untuk membersihkan akun Anda dari uang dan menggunakannya untuk pembayaran online.
Dony Koesmandarin selaku Territory Channel Manager Kaspersky Lab APAC mengungkapkan bahwa membagikan boarding pass di media sosial adalah hal yang sangat sering kita temui bahkan di Indonesia. Awalnya untuk menunjukkan kepada orang bahwa mereka sedang berpergian, padahal tindakan ini adalah berbahaya.

“Jika memang masih ingin membagikannya di media sosial akan lebih baik untuk menyamarkan kode barcode, nama, e-mail dan informasi penting lainnya, namun lebih baik lagi jika Anda dapat membagikan momen perjalanan hanya saat tiba di tempat tujuan dan merasakan liburan yang nyaman,” ungkapnya.

Leave a Comment