iQOO Z7x 5G Power Phone Tangguh Dengan Koneksi 5G Dan NFC

Plus

  • Tampilan premium
  • Suhu Normal, Kinerja Stabil
  • Layar 120Hz
  • Daya tahan baterai
  • Fast Charging 80 Watt
  • NFC+MicroSD

Minus

  • Tidak punya kamera ultrawide
  • Rekaman video maksimal 1080p 30fps
  • Tidak ada fitur stabilisasi video di kamera depan

Score: 8.0

DESAIN
8
LAYAR
8
KAMERA
8
MULTIMEDIA
8
PERFORMA
8
VALUE FOR MONEY
8
ArenaLTE.com - iQOO [dibaca: aiku] Indonesia resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya di kelas mid-range dari Z series, yaitu iQOO Z7 5G dan versi lain yaitu iQOO Z7x 5G.

Dengan tagline ‘Redefining Power’, iQOO ingin mendefinisikan ulang batasan performa smartphone kelas menengah di Indonesia dan mendorong semangat #PowerUp di setiap aspek kehidupan pengguna.
 
Kali ini kita mencoba seri yang lebih ringan yaitu seri iQOO Z7x 5G yang dibanderol harga lebih murah yaitu sekitar IDR3jutaan saja.
 
Jika sang kakak iQOO Z7 5G mengandalkan performa dengan Snapdragon 782G, maka seri iQOO Z7x 5G hadir untuk para power optimizer dengan 80-Watt Flash Charge dengan kapasitas baterai 6000 mAH.
 
Sebagai versi yang sedikit lebih ringan iQOO Z7x 5G dijual dengan harga lebih terjangkau yaitu Rp3.299.000 untuk varian 8/128GB dan Rp3.699.000 untuk varian 8/256GB. Untuk itu, mari kita review seri iQOO Z7x 5G ini, seberapa jauh bisa memuaskan penggunanya.

DESAIN iQOO Z7X 5G

Dimensi : 164.6 x 75.8 x 9.1 mm; Berat : 205 g; SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); Slot MicroSD, Loadspeaker, 3.5mm jack, Sensors Fingerprint (side-mounted)

Desain , bentuk dan ukuran iQOO Z7 5G dan iQOO Z7X 5G sama persis seperti saudara kembar. iQOO Z7x 5G hadir dengan dua pilihan warna yaitu Metallic Grey dan Tropical.
 
Ukurannya juga sangat pas di genggaman yaitu 164,63 x 75,80 x 9,10 mm. Ketika pertama kali melihatnya, mata Anda pasti akan langsung tertuju pada frame kamera belakang berukuran besar di kiri atas.
 
Keseluruhan tampilannya terasa familiar dengan vivo , karena gaya desain iQOO Z7X 5G mirip dengan vivo X70 Pro terutama di bagian area tonjolan kameranya, lengkungan bodi belakang, dan lapisan finishing warnanya.


 
Finishin matte-nya tetap memiliki efek pantulan cahaya yang tampak cukup elegan dan mampu memberikan kesan premium. Walaupun tidak ada terobosan yang inovatif dari desainnya, secara keseluruhan kami suka dengan tampilan ponsel ini.
 
Meski sedikit licin, finishing matte pada varian Metallic Grey yang kami review tidak mudah kotor oleh bekas jari. Dalam paket pejualan iQOO Z7X 5G kita akan mendapatkan softcase, SIM-tray ejector, kabel USB-C to USB-C, dan charger 80W.
 
Di depan terdapat layar besar 6,64 inci dengan bezel yang lumayan tipis di sekelilingnya. Pada bagian tengah atas terdapat punch hole mungil untuk menampung kamera selfie.
 
Pada sisi kanan iQOO Z7X 5G menempatkan tombol volume dan tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari. Pemindai sidik jari ini cepat dalam merespon jari ketika ditekan sehingga dapat dengan mudah membuka kunci handphone.
 
Beralih ke bawah, port USB-C, lubang speaker. Sedangkan di area atas , kita akan menemukan slot SIM-card. Yang menjadi keunggulan lain seri Z7x ini adalah tersedianya Slot MicroSD dan masih memiliki port audio jack 3.5mm di bagian bawah.

LAYAR iQOO Z7X 5G

Ukuran : 6.64 inches, 106.8 cm2; Tipe : IPS LCD, 120Hz; Resolusi : 1080 x 2388 pixels (~395 ppi density)
 
iQOO Z7x 5G dibekali layar IPS 6,64 inci Full HD+ dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Memang belum AMOLED, namun tingkat kecerahan dan tampilan warna sudah sangat memadai untuk pemakaian sehari-hari.
 
Kita bisa mengatur Layar dengan resolusi 2388×1080 piksel dan refresh rate 120Hz refresh rate dalam 4 mode yakni 60Hz, 90Hz, 120Hz, dan Smart Switch yang menyesuaikan dengan penggunaan saat ini serta konsumsi daya.

Walaupun tidak secerah AMOLED, namun layar IPS memiliki keunggulan yaitu konsumsi daya yang menjadi lebih irit. Tampilan dibawah matahari juga masih terlihat jelas dengan panel sentuh yang sensitif. Touchscreennya cukup memuaskan untuk main game dan produksi warnanya juga sudah cukup untuk menikmati konten video.
 
iQOO Z7x 5G juga menghadirkan fitur gaming flagship iQOO dengan fitur Motion Control, layar smartphone dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna saat bermain, 4G Game Vibration dapat memberikan sensasi melalui getaran yang nyata, dan Audio Booster yang akan memuaskan power optimizer melalui suara yang menggelegar saat bermain.

Review KAMERA iQOO Z7X 5G

Kamera Belakang Dual 50 MP, f/1.8, (wide), PDAF; 2 MP, f/2.4, (depth), Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama, Rekam video 1080p@30fps.
Kamera Depan Single 8 MP, f/2.0, (wide), Rekam video 1080p@30fps
 
Jika melihat bagian belakang iQOO Z7X 5G, akan terlihat seperti ada dua kamera yang berukuran besar. Sayangnya ternyata kameranya hanya terdiri diri kamera utama 50 MP, f/1.8, (wide) serta kamera untuk bokeh (depth) beresolusi 2MP f/2.4. Sedangkan untuk kamera depannya menggunakan lensa beresolusi 8MP f/2.0, (wide).

Fitur kamera belakang terbilang komplit mirip Vivo keluaran terbaru. Hasil foto kamera utama terbilang bagus untuk kelas harganya terutama foto outdoor dengan bantuan cahaya matahari yang terang. Foto terlihat detail tajam dengan warna yang kaya dan dynamic range yang cukup baik.


 
Fitur bokeh mode portrait juga cukup bagus, dengan separasi blur yang cukup rapi di beberapa kondisi. Namun pada kondisi minim cahaya, hasil foto kurang tajam menampilkan detail.
 
Meskipun tidak disebutkan mendukung OIS seperti seri Z7, namun pada fitur kamera belakang tersedia pilihan menu stabilizer baik kamera ataupun video.
 
Kualitas video yang dihasilkan terbilang bagus, namun iQOO Z7x ini bukan yang terbaik di kelasnya dengan resolusi maksimal rekam video 1080p 30fps. Hasil video mampu menampilkan detail gambar cukup bagus warnanya cenderung natural.
 
Beralih ke kamera depan, kualitas fotonya cukup baik pada kondisi cahaya ideal maupun minim cahaya dengan efek beauty yang pas tidak berlebihan. Namun bagi yang gemar vlogging, sayangnya tidak ada fungsi stabilisasi pada kamera depan, sehingga guncangan video sangat terasa ketika merekam video sambil berjalan.

Hasil FOTO



NETWORK & KONEKTIVITAS

NFC Yes, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct; USB Type-C 2.0, OTG, Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD, GPS (L1), GLONASS (G1), BDS (B1I+B1c), GALILEO (E1), QZSS (L1), accelerometer, gyro, proximity, compass
 
Selain itu, mengikuti karakter Gen Z dan Milenial yang aktif dan cekatan, konektivitas iQOO Z7x 5G juga sudah mumpuni untuk mengakses jaringan 5G.
 
Untuk budaya anak muda yang dunianya dalam satu genggaman, iQOO Z7x 5G juga memiliki fitur NFC Multifunction yang sangat dibutuhkan saat ini.
 
Tidak ketinggalan berbagai koneksi lainnya juga tersedia seperti WiFi, dual band, USB Type-C lengkap dengan lemampuan OTG nya. Dan tentu saja Bluetooth 5.1 dan dukungan GPS.

PERFORMA

OS Android 13, Chipset : Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm), CPU : Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU : Adreno 619,
 
Pada dapur pacunya, iQOO Z7x 5G disokong oleh chipset dari Snapdragon 695 5G. iQOO juga memberikan 8GB + 8GB Extended RAM, tambahan 8GB RAM ini mampu memberikan pengalaman bermain game, menonton hiburan, ataupun mendukung aktivitas sehari-hari lainnya dengan mulus dan lancar.
 
Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm), memiliki fabrikasi 6 manometer jadi tidak mengambil daya terlalu banyak yang membuat iQOO Z7x lebih irit baterai. Namun memang secara performa tidak terlalu powerfull tapi cukup bisa untuk menghandle game kelas menengah.
 
Sedangkan, untuk ruang pendingin, iQOO Z7x 5G dibekali dengan 5-Layer Liquid Cooling sehingga mampu menurunkan panas inti CPU hingga 10 derajat celcius. Dengan kombinasi seperti ini, iQOO Z7X 5G mampu memberikan performa yang gesit untuk beragam kebutuhan.


 
Hasilnya memang suhu handphone masih terasa nyaman di tangan bahkan ketika digunakan untuk bermain game lebih dari 1 jam. Bagian belakang handphone hanya jadi terasa hangat saja tanpa menjadi terlalu panas.

Sebagai sistem operasinya, iQOO Z7X 5G menggunakan Funtouch OS 13 yang berbasis Android 13. Antarmukanya terlihat sederhana dan mudah digunakan walau terdapat beberapa bloatware yang untungnya dapat dengan mudah dinonaktifkan.

Ada satu fitur menarik dari Funtouch OS 13 yang bermanfaat ketika bermain game yakni Ultra Game Mode. Fitur ini mampu memaksimalkan kecepatan CPU dan GPU agar performa game menjadi lebih lancar dan dapat meminimalisir gangguan ketika bermain game.

BATERAI iQOO Z7X 5G

Kelebihan iQOO Z7x yang pertama yang dapat dirasakan yaitu pada daya tahan baterainya yang bisa dibilang cukup tangguh. iQOO Z7x 5G hadir dengan kapasitas baterai sebesar 6000 mAH dan teknologi 80-Watt Flash Charge (1-70% dalam 34 menit).
 
Rata-rata penggunaan normal dan bermain game standar saja, baterai berkapasitas 6000 mAh iQOO Z7x ini bisa digunakan hingga 2 hari. Ketika diujicoba bermain game Mobile Legend selama 30 menit bermain baterainya hanya berkurang 5%.
 
Selain karena konsumsi baterai yang minim alias irit iQOO Z7x ini juga disupport pengisian cepat fast charge 80 watt yang mampu melakukan pengisian 50% baterai hanya dalam waktu sekitar 25 menit saja.


 
VALUE for MONEY iQOO Z7X 5G

iQOO Z7X 5G hadir sebagai salah satu opsi paling menggiurkan bagi kalian yang mencari ponsel menengah di rentang harga IDR3jutaan dengan performa lumayan dan daya tahan baterai yang luar biasa.

Salah satu daya tarik lain adalah harganya yang terbilang pantas dibandingkan dengan apa yang ditawarkan, beberapa kekurangan dari smartphone ini masih bisa ditolerir dan membuat iQOO Z7X 5G sangat menarik untuk dipinang. Harga iQOO Z7x 5G dijual dengan harga Rp3.299.000 untuk varian 8/128GB dan Rp3.699.000 untuk varian 8/256GB.

Leave a Comment