Ini Dia, 6 Tren Smartphone 2018 Yang Akan Terjadi

ArenaLTE.com - Memasuki tahun 2018, persaingan sengit antar para vendor smartphone diprediksi masih akan terus terjadi. Tren Smartphone 2018 masih berkisaran pada fitur terbaru dengan tambahan teknologi terbaru yang dibenamkan pada smartphone.
 
Masih ingat dua tahun yang lalu, vendor smartphone berlomba-lomba meluncurkan smartphone dengan bentang layar besar (di atas 5 inci) dan mendominasi pasar. Tahun 2017 lalu, smartphone terbaru hadir dengan layar penuh nyaris tanpa bezel (bezeless) dan kamera ganda (dual camera).
 
Tahun 2018 ini persaingan penggunaan kamera ganda dan layar bezel-less juga akan semakin sengit dan bahkan tidak hanya untuk smartphone kelas premium saja, fitur-fitur canggih pun mulai dibenamkan pada smartphone kelas menengah. Apa saja tren smartphone 2018, simak prediksi ArenaLTE berikut ini.

1. Tren Kamera Smartphone 2018

Inovasi teknologi sensor kamera smartphone paling cepat terjadi dan berhasil menggoyang industri kamera digital. Penggunaan dual camera sebagai kamera utama dan kamera selfie akan terus terjadi pada smartphone keluaran terbaru tahun ini.
 
Bukan hanya untuk smartphone kelas premium namun dual camera akan menjadi fitur standar smartphone kelas menengah. Dengan kamera wide angle dan telefoto yang mampu menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR.
 
Daripada memperbesar lensa kamera yang membuat ukuran smartphone makin besar, vendor samartphone akan menambahkan lensa tambahan lainnya. Tambahan lensa ini akan meningkatkan daya tangkap kamera smartphone.
 
Jika smartphone dengan dua kamera didepan dan dua kamera dibelakang sudah meluncur, bukan tidak mungkin smartphone dengan triple lensa kamera berjejeran akan hadir tahun ini.

2. Desain Smartphone 2018

Dari sisi desain, Tren Smartphone 2018 akan menjadi lebih besar dan lebih tipis. Agak lebih tinggi karena aspek rasio layarnya namun masih mirip dengan smartphone yang ada, tidak akan terjadi perubahan bentuk desain smartphone yang lebih ekstrim lagi.

Namun dari sisi material akan lebih banyak perpaduan dari bahan kaca daripada metal. Karena bahan kaca ini lebih bersahabat dan tidak akan menghalangi energi elektromagnetik.

Hal ini akan sangat mendukung ketika mulai dibenamkannya teknologi wireless charging dan juga garis antena yang lebih sedikit. Tantangan dari pada desainer smartphone yaitu menghadirkan desain elegan namun tidak pasaran dari bentuk smartphone yang hampir mirip.

3. Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Para pelopor teknologi memang sudah memperkenalkan AI ini beberapa waktu lalu seperti Siri, Google Assisten dan Cortana. Namun tahun ini teknologi Artificial Intelligence (AI) akan lebih banyak dibenamkan kedalam smartphone.

Huawei sudah melakukan ini melalui seri Huawei Mate 10 yang memiliki prosesor AI khusus yang disebut NPU (neural processing unit). Misalnya, AI mengenali apa yang difoto dengan pengaturan kamera. Mirip juga dengan penerapan teknologi selfie dengan AI yang dimiliki oleh OPPO F5.

Kedepannya teknologi AI ini diharapkan dapat dikembangkan dengan Augmented Reality untuk meningkatkan pengalaman pengguna smartphone.

4. Tren Layar Smartphone 2018

Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, tren layar smartphone berukuran besar dengan tampilan layar penuh (full screen) nyaris tanpa bezel (bezeless) akan mendominasi smartphone terbaru di tahun 2018.

Rasio screen-to-body yang lebih besar ini akan menghilangkan tren layar standar dengan aspek rasio 16: 9 yang berganti dengan aspek rasio layar 18:9 yang lebih tinggi dan lebih tipis.

Namun ada juga tren lain yang membuat layar lebih lebar dari aspek rasio layar 16:9 yang membuat smartphone berbentuk lebih lebar.
Yang pasti dengan bezels yang lebih kecil seperti ini adopsi penggunaan layar bertipe AMOLED akan semakin meningkat untuk membantu mendorong tren ini.

5. Smartphone Layar Lipat

Bahan dasar layar AMOLED menggunakan plastik, jadi fleksibel. Secara teori, hal ini bisa digunakan untuk menerapkan desain smartphone dengan layar lipat. Yang membuatnya menarik yaitu menjadikan smartphone yang tertutup dan bisa dilipat kira-kira ukurannya sama dengan smartphone sekarang.

Jadi saat membuka lipatan akan terlihat seperti tablet dengan dua smartphone yang berjejer seperti layaknya buku dengan tampilan layar yang lebih besar. Tahun 2017 lalu smartphone dengan layar lipat seperti ini sudah diperkenalkan oleh ZTE Axon M.

Atau deain layar lipat lainnya yang membentuk smartphone seperti gelang. Yang pasti tren layar lipat smartphone akan terjadi di tahun 2018 ini. Kabarnya yang menjadi sorotan tren ini adalah hadirnya Samsung Galaxy Note X yang segera meluncur pada awal 2018.

FACE-ID

6. Tren Keamanan Smartphone 2018

Pergeseran desain layar smartphone yang full screen dan tanpa bezel menghilangkan tombol Home di bagian muka. Dan ini mengubah tren pada sensor sidik jari yang masih tetap menjadi salah satu alat verifikasi identitas yang paling andal.

Dengan layar yang menggunakan semua ruang depan yang tersedia di smartphone, bezels atas dan bawah menyusut sehingga area tersisi terlalu kecil untuk membuat sensor sidik jari. Pemindai sidik jari di bawah layar diprediksi akan berevolusi dengan terselip di bawah layar.

Pemindai dan pengenalan wajah juga akan menjadi lebih umum digunakan pada smartphone. Iris Detection memang masih dianggap sebagai salah satu metode yang lebih aman dan sulit dipalsukan namun sulit dilakukan.

Sedangkan face detection atau pengenalan wajah saat ini masih belum dianggap sangat aman. Namun kehadiran penggunaan dual kamera depan akan menghadirkan kemampuan pengenalan wajah 3D seperti pada iPhone X, dan akan banyak diterapkan oleh smartphone terbaru lainnya pada tahun 2018.


Leave a Comment