Di Makassar, Kecepatan Internet 4G LTE Plus Indosat Ooredoo Hingga 93,3 Mbps

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-MAKASSAR
ArenaLTE.com - Kota Makassar sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, dinobatkan sebagai pintu gerbang dan destinasi investasi utama untuk Kawasan Indonesia Timur.
 
Pada momen Ramadhan dan Lebaran 2019, Makassar menjadi salah satu kota pilihan tujuan mudik dan libur lebaran, dengan berbagai lokasi wisata menarik dan kuliner khas, Makassar memiliki potensi terjadi kepadatan trafik telekomunikasi.
 
Untuk menguji kesiapan jaringan Indosat Ooredoo untuk Ramadhan dan Lebaran 2019 kegiatan uji jaringan yang dilakukan tidak hanya di Jawa namun juga di beberapa kota di luar Jawa, salah satunya adalah Makassar.
 
Uji jaringan juga dilakukan serentak di 5 kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia, masing-masing Solo-Jawa Tengah, Malang-Jawa Timur, Padang-Sumatera Barat, Banjarmasin-Kalimantan Selatan dan Makassar-Sulawesi Selatan pada 25 April 2019.
 
Bersama tim Indosat, ArenaLTE berkesempatan mengikuti Uji Jaringan Indosat Ooredoo di Makassar, Uji jaringan Indosat ooredoo dilakukan pada berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran di Makassar.

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-bandara-sultan-Hasanuddin-MAKASSAR
 
Uji jaringan ini bertujuan mengecek kualitas sinyal, kecepatan akses internet, dan jangkauan jaringan 4G Plus pada masing-masing lokasi melalui berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan. Seperti akses soial media, live streaming, video call, dan mengakses YouTube.
 
Division Head Kalisula Field Engineer, I Gede Maruta Sadu mengungkapkan bahwa cakupan jarigan 4G Indosat Di Sulawesi Selatan, telah menjangkau 80% populasi mayarakat. Jika dibandingkan tahun lalu hanya menjangkau 41% saja, hal ini berkat peningkatan jumlah BTS di wilayah ini hingga 5,6 kali lipat.

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-bandara-sultan-Hasanuddin-MAKASSAR

Bandara Sultan Hasanuddin
Destinasi pertama lokasi ujicoba jaringan Indosat Ooredoo di Makassar yaitu Bandara Sultan Hasanuddin. Di lokasi yang dipastikan akan padat oleh para pemudik ini kecepatan internet 4G Plus Indosat mencapai 53 Mbps untuk download.

Port-Makassar - Pelabuhan Sukarno Hatta
Selain bandara, pelabuhan di Makassar juga jadi pusat keramaian para pemudik. Di lokasi pelabuhan makassar ini hasil uji kecepatan akses internet  4G Plus Indosat mencapai 55 Mbps.

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-bandara-sultan-Hasanuddin-MAKASSAR
 
Lokasi Kuliner Palu Basa Onta
Salah satu kuliner khas terkenal di Makassar yang harus dicoba adalah Palu Basa Onta. Di tempat makan sop daging favorit di Makassar ini kecepatan internet 4G Plus Indosat mencapai 51,4 Mbps. Memudahkan bagi pelanggan untuk berbagi info kuliner dengan internet baik itu live streaming maupun berbagi di sosial media.
 
Galeri Indosat
Perjalanan berlanjut menuju galeri Indosat di Makassar, selama perjalanan tim Indosat mengunakan tools server Nemo untuk mendeteksi kualitas sinyal dan lokasi blank spot.

Terlihat pada peta jalur perjalanan berwarna Hijau tua yang menunjukkan kualitas jaringan 4G  paling baik, tidak ada warna kuning atau merah yang menunjukkan lokasi sinyal 4G lemah. Di lokasi Galeri Indosat kecepatan internet 4G Plus Indosat mencapai 71,5 Mbps.

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-bandara-sultan-Hasanuddin-MAKASSAR
 
Pantai Losari
Lokasi Pantai Losari menjadi destinasi wisata favorit orang Makassar, di lokasi pantai ini hasil kecepatan internet 4G Plus Indosat mencapai 93,3 Mbps. Kecepatan ini paling tinggi selama melakukan ujicoba disekitar wilayah Makassar.
 
Landmark Makassar
Perjalanan berlanjut mengunjungi landmark kota Makassar yaitu monumen Mandala, Masjid Al Markaz dan Benteng Rotterdam. Ketiga lokasi ini biasanya selalu dipadati oleh masyarakat apalagi saat menunggu berbuka puasa. Di ketiga lokasi tersebut jaringan 4G Plus Indosat lancar tanpa kendala, semua aktifitas streaming video, live streaming, video call juga dapat dilakukan dengan lancar.

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-bandara-sultan-Hasanuddin-MAKASSAR
 
Secara keseluruhan dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test dan lokasi pusat keramaian di kota Makassar aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.
 
Sepanjang perjalanan dan lokasi Drive Test Jaringan 4G Indosat Ooredoo di Makassar menunjukkan jalur peta berwarna Hijau sebagai tanda bahwa jalur tersebut tercover sepenuhnya dengan 4G Plus Indosat.
 
Rata-rata kecepatan internet di sepanjang jalur Drive Test mencapai 26,87 Mbps, sedangkan disepanjang jalur tersebut kecepatan maksimal hingga 86,3 Mbps. Di lokasi wisata kecepatan 4G Plus Indosat Ooredoo maksimal mencapai 93.0 Mbps. Video call dan Streaming video berjalan lancar tanpa buffering bahkan untuk format 4K.

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-bandara-sultan-Hasanuddin-MAKASSAR
 
Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan angka 4,6. Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

“Dengan hasil ini menunjukkan bahwa jaringan Indosat Ooredoo siap menyambut momen Ramadhan, mudik dan lebaran 2019 di Makassar,” ungkap Division Head Kalisula Field Engineer, I Gede Maruta Sadu.
 
Sugianto selaku Head of Sales Indosat Area Sulawesi Maluku dan Papua mengungkapkan bahwa pernambahan coverage 4G di wilayah Sulawei Selatan berhasil meningkatkan subscriber hingga lebih dari sekitar 33%.

DRIVE-TEST-Indosat-Ooredoo-bandara-sultan-Hasanuddin-MAKASSAR
 
Kaitannya dengan persiapan lonjakan trafik di Makassar, menurutnya diprediksi akan terjadi peningkatan sekitar 22% dibanding normal. Jadi yang naik itu di wilayah adalah hari-H dan H+4 adalah luar kota, yang harus dipersiapkan sebelum hari H karena yang banyak datang ke Makassar.
 
selain meningkatkan jaringan 4G di lima wilayah, pihaknya juga menjalankan program religi dengan mengunjungi beberapa kampus di Makassar selama Ramadan juga membuka Posko Mudik Indosat Ooredoo di beberapa lokasi keramaian.

Leave a Comment