Demi Transparansi, Kaspersky Lab Pindahkan Infrastruktur Dari Rusia Ke Swiss

kaspersky-Lab-Global-Transparency-Initiatif-(GTI)-2018
ArenaLTE.com - Kepercayaan adalah sangat penting dalam keamanan siber, dan Kaspersky Lab mengerti bahwa kepercayaan tidak diberikan, melainkan harus diraih melalui transparansi dan akuntabilitas.
 
Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut, Kaspersky Lab menjadi pelopor dalam menghadirkan Global Transparency Initiatif (GTI) yang diumumkan sejak Oktober 2017.
 
Pada ajang Global Transparency Initiative (GTI) Media Conference yang dihadiri oleh ArenaLTE.com di Hilton Petailing Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia (28/6/2108),  Stephan Neumeier, Managing Director - APAC, Kaspersky Lab mengungkapkan bahwa Global Transparency Initiatif (GTI) ini merupakan komitmen berkelanjutan Kaspersky Lab untuk memastikan integritas dan tingkat kepercayaan pada produknya.
 
Perkembangan baru yang dilakukan oleh Kaspersky Lab ini sekaligus memberikan jawaban dari berbagai tantangan mengenai isu kepercayaan dengan menunjukkan komitmen perusahaan untuk bekerja sama dengan pihak lain.
 
Sebagai bagian dari inisiatif transparansi global tersebut, Kaspersky Lab melakukan pemindahan penyimpanan data dan pemrosesan untuk beberapa kawasan.

Kasperky Lab memindahkan sejumlah proses intinya dari Rusia ke Swiss. Termasuk yang dipindahkan adalah penyimpanan data pelanggan, pemrosesan bagi beberapa kawasan, serta pembuatan perangkat lunak termasuk update deteksi ancaman siber.

kaspersky-Lab-Global-Transparency-Initiatif-(GTI)-2018

Oleg Abdurashitov, Head of Public Affairs, APAC, Kaspersky Lab menjelaskan jika pada akhir tahun 2019, Kaspersky Lab akan mendirikan pusat data di Zurich, Swiss.

Pusat data ini akan menyimpan seluruh informasi pengguna dan melakukan pemrosesan untuk kawasan Eropa, Amerika Utara, Singapura, Australia, Jepang, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya akan menyusul.

Informasi ini dibagikan secara sukarela oleh para pengguna dengan Kaspersky Security Network (KSN) yaitu sistem canggih berbasis cloud yang memroses data terkait ancaman siber secara otomatis.

Kaspersky Lab juga akan merelokasi pembuatan perangkat lunaknya yang merupakan programming tool untuk membuat perangkat lunak siap pakai dari source code ke Zurich.

Sebelum akhir 2018, produk Kaspersky Lab dan database deteksi ancaman (AV database) akan mulai diproduksi dan disertai dengan tanda tangan digital di Swiss sebelum didistribusikan ke pelanggan di seluruh dunia.

Relokasi ini juga memastikan bahwa seluruh perangkat lunak yang baru dibuat mendapatkan verifikasi oleh organisasi independen dan telah melalui proses pembaruan yang sesuai dengan source code untuk nanti dapat diaudit.

Setiap source code dari produk Kaspersky Lab dan pembaruan perangkat lunak juga akan ditinjau oleh para stakeholder yang bertanggung jawab di Pusat Transparansi berlokasi di Swiss yang diharapkan akan resmi dibuka tahun ini.

Langkah ini juga sekaligus menunjukan bahwa produk Kaspersky Lab dibuat dan digunakan untuk satu tujuan yaitu melindungi para pelanggan dari ancaman siber.

Kaspersky Lab akan diawasi secara independen oleh pihak ketika yang memenuhi kualifikasi dalam teknis sebuah perangkat lunak.
Karena transparansi dan kepercayaan menjadi syarat universal di industry keamanan siber, Kaspersky Lab juga membuka kesempatan bagi organisasi nirlaba serta mitra lainnya untuk dapat berkontribusi di dalam setiap aktivitasnya.

Sebagai penyedia solusi keamanan siber global terkemuka, Kaspersky Lab selalu berkomitmen pada praktik industri yang dapat dipercaya, termasuk perlindungan setiap data yang ditransmisikan, kebijakan internal yang ketat terhadap akses data, pengujian keamanan infrastrukturnya yang berkelanjutan, dan masih banyak lagi.

Dengan langkah-langkah baru ini, Kaspersky Lab bertujuan meningkatkan ketahanan infrastruktur teknologi informasinya dari risiko kepercayaan dan meningkatkan transparansi untuk klien saat ini dan mendatang serta bagi masyarakat umum.

Leave a Comment