Blibli.com Tambah Fitur Click&Collect Di Layanan Ritel Online-to-Offline (O2O)

BliBli.com-fitur-Click%26Collect
ArenaLTE.com - Industri e-commerce kini memasuki era E-Commerce 4.0 yang ditandai dengan berkembangnya strategi ritel omnichannel.
Strategi ini mencakup cara penjualan online-to-offline (O2O) di mana merchant partner menggabungkan kekuatan kanal
online dan offline untuk meningkatkan kepuasan berbelanja para pelanggan yang semakin terkoneksi ke internet.

Di era E-Commerce 4.0, para pelanggan menggunakan platform online untuk membandingkan harga, memeriksa spesifikasi produk, serta mendapatkan penawaran khusus.

Namun, mereka tetap menginginkan pengalaman offline untuk melihat, merasakan dan mencoba produk sebelum dibawa pulang.

Oleh karena itu Mal online Blibli.com memperkuat strategi omnichannel, yaitu strategi yang memaksimalkan seluruh kanal penjualan baik online dan offline, dengan menjadi e-commerce pertama yang memperkenalkan fitur Click&Collect.

Fitur ini memungkinkan para pelanggan untuk merasakan kemudahan belanja online di website dan aplikasi Blibli.com (Click), namun tanpa perlu repot menunggu kurir mengantarkan pesanan ke alamat tujuan, karena para pelanggan juga dapat langsung mengambil pesanan sendiri dengan mengunjungi toko offline pilihan milik merchant partner (Collect).

Wisnu Iskandar, SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli.com mengungkapkan bahwa Blibli.com menjawab kebutuhan pelanggan untuk pengalaman berbelanja bersifat online-to-offline melalui fitur Click&Collect.
 
Melalui fitur ini, para pelanggan bisa berbelanja di aplikasi dan situs Blibli.com untuk memanfaatkan sistem pembayaran yang aman, ragam pilihan metode pembayaran, dan berbagai penawaran khusus. Kemudian, mereka mengambil belanjaan di toko offline untuk memastikan kecocokan produk.

BliBli.com-fitur-Click%26Collect
 
Blibli.com mencapai kerja sama strategis untuk mengembangkan penggunaan Click&Collect melalui kemitraan dengan Alfamart. Dengan kemitraan ini, pelanggan Blibli.com dan Alfamart dapat menggunakan fitur Click&Collect di ribuan minimarket Alfamart.

Blibli.com dan Alfamart akan memperluas kemitraanya untuk mencakup seluruh toko swalayan di Jawa dan Bali hingga akhir 2019. Saat ini, layanan Click&Collect tersedia di jaringan Alfamart sekitar Jabodetabek dan hingga akhir 2019 akan tersedia di seluruh Jawa dan Bali.

Selain sektor groceries, elektronik dan gadget juga unggul di kalangan para pelanggan karena mereka ingin memastikan bahwa produk yang mereka beli sesuai dengan kebutuhan, terutama mengingat price point produk-produk tersebut cukup bernilai lebih tinggi.

Saat ini, Click&Collect sudah bermitra dengan 28 merchant partner dari berbagai kategori produk, termasuk gadget dan groceries, untuk menghadirkan fitur Click&Collect di ribuan toko di berbagai kota besar, termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali.

Hadirnya para merchant partner ini telah mendorong peningkatan volume pemesanan hingga mencapai setidaknya 250.000 order per Juni 2019. Click&Collect akan terus meningkatkan volume pemesanan dengan memperbanyak dan memperluas jaringan toko melalui kemitraan bersama merchant partner besar lainnya di Indonesia.

Leave a Comment