Bisnis Iklan Pada Aplikasi Mobile di Indonesia Sangat Menjanjikan

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Kehadiran smartphone memberikan kemudahan dalam kegiatan harian masyarakat. Tak salah, dengan segudang fitur yang bisa dimanfaatkan di dalamnya menjadikan perangkat ini begitu penting bagi penggunanya. Tak hanya sekadar sebagai alat komunikasi, namun juga untuk meraup pendapatan dari bisnis iklan baik pada platform mobile web maupun aplikasi mobile.

Opera Mediaworks dalam laporan terbaru, Mobile First Insights (MFI), memberikan insight mengenai bisnis iklan mobile di kawasan Asia-Pasifik (APAC), termasuk Australia, India, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Laporan ini mengungkapkan teknologi & komputasi merupakan kategori dengan impresi terbesar di platform iklan ponsel Opera di Indonesia, diikuti oleh Games, Media Sosial, Layanan Komunikasi, serta Musik, Video & Media.

Dalam laporan ini menemukan walaupun pendapatan bisnis iklan pada platform mobile web masih lebih besar dari aplikasi, namun tingkat click-through pada platform aplikasi dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan click-through pada web. Hal ini membuktikan bahwa bisnis aplikasi memiliki peluang sangat menjanjikan di Indonesia. Pendapatan bisnis iklan aplikasi juga meningkat 3,2 kali dibandingkan tahun sebelumnya, dan hampir 60 persen lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan di Asia-Pasifik.

Sementara itu, iklan in-app menyalip mobile web di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, kecuali Indonesia dan India. Click-through pada aplikasi 1,3 hingga 2 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan web click-through di semua negara Asia-Pasifik yang disurvei. Dari segi pendapatan iklan, aplikasi juga melebihi mobile web di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, sebanyak 13 kali lebih besar di Singapura dan Thailand.
BACA: Seberapa Serius Ancaman Ad Blocking dan Bagaimana Solusinya?

[caption id="attachment_21795" align="aligncenter" width="800"]Ilustrasi wanita pebisnis (Foto: customgrowthgroup.com) Ilustrasi model memegang smartphone (Foto: customgrowthgroup.com)[/caption]

“Indonesia merupakan pasar unik di kawasan Asia-Pasifik. Sebagai salah satu negara pengguna ponsel  terbesar di dunia dengan sebagian besar lalu lintas online berasal dari ponsel, kami melihat pertumbuhan pengguna aplikasi dan penempatan iklan di dalam aplikasi sangat menjanjikan di Indonesia,” ujar Vikas Gulati, Managing Director, Asia Opera Mediaworks.

“Sangat menarik menyaksikan bagaimana beberapa tren, seperti penggunaan game, teknologi dan komputasi serta sosial media yang tinggi, tercermin di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, terlepas dari perbedaan budaya, sosial dan ekonomi di kawasan ini. Kami berharap laporan ini dapat melayani kebutuhan brand, agensi dan penerbit sehingga dapat menjadi acuan serta dinantikan oleh pengguna karena memberikan pandangan berharga dan praktik terbaik berdasarkan kategori, yang dapat diterapkan di bisnis mereka,” tambah Vikas.

Laporan triwulan ini dirancang untuk membantu pemasar dalam bernavigasi dalam lingkup mobile, yang berubah dengan cepat, dan membuat keputusan strategis, yang akan mendorong hasil nyata untuk bisnis mereka.

 

Leave a Comment