Berdayakan Guru Lewat Teknologi, Zenius Kolaborasi Dengan We The Teachers

ArenaLTE.com - Lahirnya generasi yang dekat dengan teknologi menuntut guru untuk mampu beradaptasi dengan pendekatan belajar yang mengikuti perkembangan zaman.
 
Namun demikian, pada praktiknya masih banyak guru yang belum mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar dengan efektif dan tepat sasaran.
 
Dalam rangka memperingati hari guru pada 25 November mendatang, Zenius Education mengumumkan kerja sama strategisnya dengan We The Teachers (WTT), sebuah organisasi yang berfokus pada pemberdayaan guru di berbagai daerah di Indonesia.
 
Kerja sama ini turut mempertegas komitmen Zenius Education untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, melalui pemberdayaan guru lewat teknologi. 
 
Chief Education Officer Zenius Education, Sabda PS, mengatakan, “Setelah lebih dari 15 tahun berkecimpung di dunia pendidikan melalui edtech, kami menemukan bahwa guru merupakan aspek penting dalam menunjang keberhasilan belajar mengajar.”
 
“Kami menyadari betul bahwa teknologi tidak serta merta dapat menggantikan peran guru. Teknologi justru dapat digunakan sebagai kanal untuk memberdayakan (empowering) para guru sehingga dapat menjawab tantangan pendidikan di era digital,” lanjut Sabda.
 
Amanda Witdarmono, Founder We The Teachers, menjelaskan bahwa di era ini, agar lebih maksimal, guru dapat menggunakan bantuan teknologi untuk mengefisiensikan tugas-tugas administratif mereka.
 
“Inilah alasan kami bekerja sama dengan Zenius Education, visi kami sama untuk mencerahkan guru demi kemajuan pendidikan Indonesia. Teknologi akan memberikan ruang gerak untuk para guru dapat benar-benar menjadi pendidik yang memfasilitasi pembelajaran.” tambah Amanda. 
 
Adapun tahap awal kerja sama antara Zenius Education dan We The Teachers ini akan difokuskan pada dua program utama. 
 
Pertama, pemberdayaan guru di wilayah-wilayah tertinggal di Indonesia. Pemberdayaan yang dilakukan adalah melakukan digitalisasi dalam proses belajar mengajar, bukan hanya dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran, tetapi juga sebagai bantuan untuk tugas-tugas administratif yang menyita waktu.
 
Kedua, distribusi infrastruktur belajar mengajar yang lebih baik. Zenius dan We The Teachers berupaya untuk dapat membantu sekolah dan anak didik di berbagai wilayah tertinggal di Indonesia agar mendapatkan fasilitas penunjang pendidikan yang layak, seperti teknologi digitalisasi sekolah Zenius Prestasi.
 
Berbeda dengan anggapan umum yang mengatakan bahwa edtech dapat menggantikan peran guru, Zenius justru percaya bahwa guru tetap menjadi pilar utama dalam pendidikan, dengan teknologi sebagai alat bantunya. “Platform digital memudahkan akses dan peningkatan kemampuan pelajar. Dengan bantuan teknologi, peningkatan kualitas manusia dapat dipercepat sepuluh hingga dua puluh kali lipat dengan cara yang efisien,” tutup Sabda.

Leave a Comment