5 Cara Maksimalkan Aplikasi Spotify Saat Streaming Musik

ArenaLTE.com - Aplikasi streaming musik memang menjadi salah satu cara terbaru dalam menikmati alunan musik saat ini, terlebih mendengarkannya lewat sebuah smartphone. Tidak menghabiskan kapasitas penyimpanan smartphone menjadi salah satu alasan utama para penikmat streaming musik, salah satu layanan streaming musik yang cukup populer adalah aplikasi Spotify.

Aplikasi Spotify tercatat menjadi aplikasi streaming musik yang banyak digunakan, perusahaan mencatat bahwa rata-rata pengguna menghabiskan waktu kurang lebih 1.165 menit mendengarkan musik di aplikasi spotify ini. Namun sayangnya, masih banyak pengguna yang belum memaksimalkan semua fungsi dan fitur aplikasi Spotify dengan maksimal.

Aplikasi Spotify memiliki beragam fitur dan fungsi yang menarik di dalamnya. Berikut ini kami berikan 5 tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Spotify yang mungkin belum diketahui.

  1. Atur Playlist dengan ‘Folder Playlist’


  2.  

Selama beberapa bulan menggunakan aplikasi Spotify, mungkin sudah banyak menemukan playlist yang cocok untuk didengarkan pada momen-momen tertentu. Banyaknya momen yang pas bila ditemani dengan musik, membuat bertambah banyaknya playlist yang ada simpan. Namun sayangnya, hal tersebut membuat susunan playlist menjadi tidak teratur.

aplikasi spotify1

Untuk lebih memaksimalkannya, pengguna aplikasi spotify dapat mengatur susunan playlist yang disimpan dengan menggunakan fitur ‘Folder Playlist’. Caranya, cukup tekan tab File dan buat Folder Playlist baru dengan nama yang disukai, kemudian kategorikan playlist sesuka hati.

  1. Metode Pencarian yang Efektif


  2.  

Dengan banyaknya musik yang tersedia di Spotify, hanya menulis nama musisi pada search box terkadang memberikan hasil pencarian yang terlalu banyak. Gunakan search box yang merupakan alat pencarian untuk memungkinkan Anda menggunakan fungsi logic untuk membantu mempersempit hasil pencarian.

aplikasi spotify2

Misalnya untuk mencari berdasarkan tahun, tambahkan kata “year:” dan masukan jarak seperti “1992-1997” akan menampilkan hasil pencarian pada tahun tersebut. Penambahan kata “artist:”, “title:”, atau “genre:” dan penggunaan fungsi logic seperti “AND”, “OR”, dan “NOT” juga dapat membuat hasil pencarian yang jauh lebih spesifik; ketik “artist:Charlie Puth AND Selena” pada search box untuk mencoba dan bersiaplah untuk terkejut.

  1. Selamatkan Playlist Favorit yang Terhapus


  2.  

Apakah Anda pernah tidak sengaja menghapus playlist kesayangan dan merasa seperti dunia telah berakhir? Jangan khawatir karena Anda punya kekuatan untuk mengembalikan playlist kesayangan tersebut yang telah hilang.

aplikasi spotify3

Cukup Login dan kunjungi halaman ‘Akun’ pada web browser (https://www.spotify.com/id/account/), kemudian klik pilihan ‘Pulihkan playlist’ pada kolom sisi kiri. Seluruh playlist yang telah terhapus dapat Anda ‘Pulihkan’ dan langsung didengarkan kembali.

  1. Tingkatkan Kualitas Suara


  2.  

aplikasi spotify4

Maraknya penggunaan perangkat penghasil suara berkualitas tinggi membuat besarnya permintaan akan kualitas suara yang terbaik. Khusus bagi para audiophile di luar sana tidak perlu cemas dengan batas kualitas suara 160kbps. Hanya dengan berlangganan Spotify Premium, Anda dapat meng-upgrade kualitas suara menjadi 320kbps dan langsung rasakan perbedaannya!

  1. Temukan Arti dari Lagu Favorit dengan ‘Behind the Lyrics’


  2.  

Pernah mendengar lagu dan penasaran arti dari lagu tersebut? Apa yang menjadi inspirasi dari liriknya? Mengapa musisi tersebut memilih berkolaborasi dengan musisi tertentu, dan apa yang mereka lakukan selama proses rekaman di studio? Rasa ingin tahu seperti ini lah yang mendorong kami untuk bekerjasama dengan Genius, koleksi lirik lagu dan pengetahuan musikcrowdsource terbesar di dunia, memberikan kesempatan untuk lebih dalam berhubungan dengan musisi dan lagu yang Anda cintai dengan fitur Behind the Lyrics.

aplikasi spotify5

Anda dapat mengakses Behind the Lyrics dengan menarik kebawah pada artwork dari lagu yang didukung, dimana Anda akan disuguhi dengan campuran lirik dan informasi eksklusif dari lagu tersebut secara real-time untuk mengetahui arti sesungguhnya dibalik lagu favorit Anda.

Leave a Comment