Alcatel A3 XL, Smartphone Menengah Layar 6 Inci

ArenaLTE.com - TCL sepertinya sangat menikmati bermain di segmen ponsel murah dan masih konsisten melakukannya di tahun ini. Mereka baru saja merilis anggota anyar di keluarga A series yakni Alcatel A3 XL. Sang vendor menyebutnya sebagai jajaran mobile device premium dengan harga terjangkau. Beneran?

Hmm, kalau bicara produk premium memang masih agak diragukan, tapi soal harga jualnya yang terjangkau, Alcatel memang sudah punya jejak rekam bagus. Nah, Alcatel A3 XL ini merupakan smartphone dengan dukungan layar IPS LF berukuran 6 inci yang resolusinya hanya setara HD 720p.

alcatel a3 xl 2Agak disayangkan, bodi ponsel ini hanya dibungkus plastik dengan dimensi di kisaran 165 x 82.5 x 7.9 mm. Seharusnya, kalau memang diposisikan sebagai produk ‘premium’ Alcatel A3 XL lebih cocok memakai bodi berbahan logam. Tapi soal tampilan sih terlihat atraktif karena dihiasi dengan kombinasi warna menarik di bagian frame dan tekstur belakangnya.

Pada bagian dapur pacu, sang vendor berupaya menyembunyikan chipset quad core MediaTek MT8735B yang tak terlalu impresif. Kecepatannya pun biasa saja hanya 1.1Ghz. Bicara performa, sang vendor hanya menyematkan RAM 1GB serta memori internal 8GB. Tak terlalu istimewa sih.

alcatel a3 xl 3

Untuk menambahkan storage buat menyimpan file dan data, pengguna bisa menyisipkan kartu microSD sebagai alternatif. Penyimpanan tambahan ini bisa mencapai 32GB. Setidaknya, kapasitas memori internal yang kecil bisa tertolong.

Nah, kamera pada ponsel ini cukup menjanjikan dengan sensor berkekuatan 8MP ditemani dengan lampu kilat LED flash. Kamera ini hanya bisa merekam video 720p pada 720 fps. Sementara kamera depannya mengandalkan sensor 5MP.

alcatel a3 xl 4

Di area konektivitas, kalian akan menemukan beragam fitur standar seperti Wi-Fi n, GPS, Bluetooth 4.2, OTG support dan variasi sensor seperti G-sensor, Proximity, Light Sensor, Arkamys. Tak hanya itu, sang vendor juga menambahkan sensor sidik jari sebagai tambahan di area keamanan.

Perangkat ini ditunjang dengan baterai berkapasitas 3000mAh dan ternyata sudah mengadopsi sistem operasi Android Nougat. Alcatel A3 XL kabarnya akan mendarat pada Q1 2017 di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin. Sementara Eropa bakal menyusul di Q2.

Leave a Comment