Duplikasi Server dari Singapura ke Indonesia, Akses Facebook Melalui XL Jadi Lebih Cepat

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Jika kita perhatikan timeline di halaman Facebook, kini rata-rata hampir semua postingan didominasi oleh konten video. Tak bisa dipungkiri bahwa Facebook masih menjadi sosial media yang paling populer dan yang paling diakses oleh pengguna internet mobile di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya yang menjelaskan bahwa trafik akses Facebook melalui XL mencapai 30% - 40% dari total trafik data.

Yessie juga menambahkan jika melihat trend ke depan di mana konten-konten video akan lebih banyak diakses, termasuk melalui Facebook, maka perlu bagi XL untuk meningkatkan kualitas experience pelanggan. Guna meningkatkan akses Facebook melalui XL, PT XL Axiata Tbk (XL) telah mengimplementasikan proyek kerjasama dengan Facebook dengan memindahkan duplikasi server Facebook dari Singapura ke pusat data XL di dalam negeri.

Proyek bersama Facebook ini adalah yang pertama di Indonesia, dan juga belum banyak dilakukan di seluruh dunia. Dari sisi teknis, dengan memindahkan duplikasi server ke Indonesia, maka akses ke server menjadi lebih dekat sekaligus lebih cepat. Jika sebelumnya akses ke server Facebook rata-rata yang terjadi delay sekitar 200ms, saat ini delay menjadi kurang dari 8ms. Dalam hal ini, XL menggunakan Data Center di Jakarta dan Surabaya, dengan total kapasitas 60G yang diperuntukkan khusus hanya untuk Duplikasi Server Facebook tersebut.

xl 4g LTEPerbedaan kualitas akan lebih terasa terutama pada saat pelanggan mengakses video di Facebook. Dengan akses video menjadi jauh lebih baik, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan fitur Facebook secara lebih maksimal. Misalnya untuk mendukung bisnis atau kegiatan lainnya dengan memanfaatkan fitur video baik itu berpromosi ataupun edukasi. Bahkan, dengan akses Facebook melalui XL yang lebih cepat ini, kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial juga akan lebih mudah dilakukan.

Peningkatan kualitas akses Facebook melalui XL ini sejalan dengan berbagai peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan XL termasuk program dengan terus diperluasnya cakupan layanan 4G LTE ke berbagai daerah di Tanah Air. Selain ke Facebook, XL juga akan melakukan kerjasama yang sama dengan OTT (Over The Top) global lainnya, mengingat ke depan, diperkirakan akses ke OTT akan terus meningkat seiring dengan semakin baiknya infrastruktur jaringan dan akses internet di Indonesia. Tahun lalu, XL juga telah melakukan kerjasama serupa dengan Google, yang ikut meningkatkan kualitas akses pelanggan XL ke OTT terbesar di dunia tersebut.

Leave a Comment