6 Tips Menghadapi Para Bully Di Game Online

ArenaLTE.com - Game multiplayer, menjadi lebih dari sekadar hiburan; mereka adalah platform komunikasi tempat Anda dapat bertemu gamer lainnya  bahkan hingga troll atau pengganggu.
 
Siapapun bisa mengalami penindasan (bully) dalam game, itulah sebabnya baik gamer maupun orang tua memiliki kekhawatiran tentang masalah ini.
 
Hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Misalnya, seorang pemain baru mungkin dihujani dengan hinaan dan ancaman karena mereka masih beradaptasi dengan permainan atau hanya karena orang-orang lain senang mengolok-olok.
 
Konsekuensi dari penggangguan juga beragam, dari membuat semangat menurun hingga depresi. Jika rekan satu tim atau lawan mulai menunjukkan perilaku tidak baik, inilah yang dapat Anda lakukan.
 
Mencoba Tetap Tenang
 
Walaupun terdengar klise, coba ingat bahwa apa pun yang ditulis oleh para pengganggu kepada Anda hanyalah kata-kata di layar. Ingatlah bahwa siapa pun yang memulai perkelahian, siapa pun yang berpartisipasi dapat mendapatkan teguran karena mengeluarkan kata-kata tidak baik.
 
Jangan panik jika Anda diancam akan dilaporkan karena menyebabkan kekalahan. Selama tidak melanggar aturan permainan apa pun, tidak akan ada yang dapat mencekal Anda
 
Diskusikan setiap konflik dalam permainan dengan orang yang Anda percaya, seperti teman atau keluarga. Itu akan memberi kesempatan untuk melepas beban dalam diri, serta memberikan perspektif berbeda, dan perasaan nyaman. Dukungan emosional sangat penting bagi siapa pun yang merasa terguncang.


 
Jangan Malu Untuk Memberikan Aduan
 
Anda dapat melaporkan setiap pemain yang meresahkan. Hampir semua game online menyediakan mekanisme untuk mengungkapkan tentang pengguna yang berperilaku tidak pantas terhadap orang lain. Misalnya, moderator Steam mendesak pengguna untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota komunitas.
 
Mereka juga menjatuhkan larangan keras untuk penghinaan dan agresi. Meskipun pengganggu tidak langsung ditindak, baik di Steam atau game tertentu, pengaduan Anda dapat memberikan notifikasi. Kemudian, jika orang lain mengeluh hal yang sama tentang mereka, pelaku intimidasi akan mendapat perhatian khusus.
 
Misalnya, Xbox memiliki sistem reputasi untuk para gamer. Jika seseorang terus-menerus menerima keluhan, mereka mungkin tidak akan diblokir, tetapi lingkaran permainannya akan dibatasi - mereka harus bermain dengan para pengganggu lainnya.
 
Blokir Pemain Game Agresif Atau Filter Pesan Obrolan Mereka
 
Sebagian besar platform game menampilkan alat di luar pelaporan untuk memerangi penyalahgunaan. Anda dapat mengatur filter obrolan otomatis untuk menghindari hal yang paling tidak menyenangkan.
 
Jika mendapati pelecehan pada saluran suara, Anda dapat nonaktifkan rekan pemain yang agresif tersebut. Jika mendapati pelecehan selama dan di luar game, tambahkan para pemain tersebut ke daftar blokir Anda agar mereka tidak menghubungi lebih lanjut.


 
Hentikan Pertandingan Dengan Para Pengganggu
 
Jika rekan satu tim membombardir dengan penghinaan atau ancaman, dan Anda merasa kesulitan, melindungi diri sendiri adalah hal utama. Tentu saja, kemudian akan berpengaruh pada keberlangsungan permainan, tetapi kesehatan mental dan suasana hati Anda lebih berharga.
 
Menjaga Informasi Pribadi Tetap Rahasia
 
Jika semua rekan pemain mengetahui Anda dengan nama alias, mereka tidak dapat membahayakan di kehidupan nyata. Namun, seseorang di sisi lain layar mungkin tampak baik; dan mereka menunjukkan minat yang bersahabat kepada Anda dengan menanyakan nama asli, foto, atau tautan ke halaman media sosial, tetapi informasi itu juga dapat membantu mereka menemukan dan melakukan perbuatan tidak menyenangkan di platform lain atau bahkan offline.
 
Sebelum berpikir untuk memberikan informasi pribadi kepada siapa pun, pastikan Anda memercayai mereka. Jika orang asing ingin mengetahui alamat atau meminta gambar di menit pertama pertandingan, beri tahu moderator; mereka akan mengambilnya dari sana.
 
Anda juga tidak perlu membagikan nomor telepon, alamat email, atau akun media sosial dengan rekan satu tim. Anda dapat menggunakan obrolan internal untuk berkomunikasi selama permainan. Jangan terlalu banyak berbagi profil dalam permainan. Ingatlah bahwa pengganggu dapat mempelajarinya untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda. Simpan nama asli, jenis kelamin, negara tempat tinggal, dan usia Anda untuk diri sendiri.
 
Faktanya, informasi pribadi apa pun yang diposting di mana saja dapat digunakan untuk merugikan Anda. Sebaiknya gunakan alat pemeriksaan privasi perusahaan keamanan siber global untuk menjelajahi setelan privasi dasar layanan populer.
 
Terakhir, jika khawatir akan identitas Anda diketahui dari alamat IP dan  meresahkan di luar game, mainkan permainan melalui koneksi yang aman. Menggunakan VPN akan menyembunyikan IP asli Anda, sehingga para pengganggu tidak akan tahu di mana Anda tinggal.


 
Apa Yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Para Bully
 
Jika Anda mengalami penghinaan dan ancaman dalam game online, jangan berdebat dengan para pemain meresahkan  tersebut. Sebagai gantinya:
  • Siapkan filter pesan obrolan, nonaktifkan dan blokir rekan satu tim yang mengganggu, sehingga mereka tidak dapat mengirimi pesan, dan Anda dapat fokus pada permainan;
  • Hentikan pertandingan jika kesabaran Anda tidak dapat dibendung
  • Mengirimkan pengaduan dilengkapi dengan bukti;
  • Gunakan VPN dan jangan membagikan informasi pribadi apa pun dengan pemain lain, meskipun mereka tampak bersahabat, ditambah apabila mereka berperilaku agresif.

Leave a Comment