6 Teknologi Baru Ericsson Untuk Masa Depan Konektivitas Indonesia

Ericsson-5G-Indonesia
ArenaLTE.com - Ericsson memperkenalkan inovasi teknologi terbaru sebagai masa depan konektivitas pada pameran teknologi premier bertajuk 'Barcelona Unboxed' yang diadakan di Jakarta pekan ini.
 
Pada acara tersebut, Ericsson menampilkan berbagai teknologi inovatif, mulai dari konsep masa depan akses jaringan radio yang disebut Radio Stripes hingga solusi radio saat ini yang akan membantu transisi 4G ke 5G yang mulus dan hemat.
 
Pameran ini mencakup  sejumlah demonstrasi lain dan penerapan 5G maupun IoT, termasuk Ericsson Spectrum Sharing, Connectivity in Industry 4.0 dan Future of Mixed Reality.
 
Penelitian yang dilakukan oleh Ericsson Consumer Lab di Indonesia menunjukkan bahwa konsumen sudah menantikan kehadiran 5G. Lebih dari setengah pengguna smartphone di Indonesia akan mengganti operator seluler dalam waktu enam bulan jika penyedia layanan selulernya tidak mengaktifkan 5G.
 
Jerry Soper, Head Ericsson Indonesia mengungkapkan bahwa 5G merupakan teknologi utama yang menjadi penerapan di bidang industrial dan konsumen yang bergantung pada konektivitas tanpa gangguan, latensi rendah, serta transfer data dengan bandwidth sangat tinggi.
 
“Ericsson dengan bangga membawa teknologi serta inovasi terbaru ini ke Indonesia melalui sebuah acara bertajuk Barcelona Unboxed guna membantu pelanggan mengaktifkan 5G di Indonesia, ” jelasnya.
 
1. Ericsson Radio Stripes
Ericsson Radio stripe merupakan desain jaringan seluler visioner yang menata kembali antena dan stasiun pusat (base stations) sehingga memberikan kualitas lebih baik, penyebaran jaringan seluler yang lebih mudah dengan bentuk yang hampir tidak terlihat, hingga memungkinkan akses radio berkapasitas tinggi di mana-mana.
 
Dengan kata lain, situasi ini merupakan sistem MIMO masif yang tersebar di mana-mana. Ericsson Radio Stripes akan menjadi solusi  penyebaran radio yang ideal untuk outdoor maupun indoor, bahkan pada area-area yang menantang sekalipun, seperti alun-alun kota, pusat perbelanjaan/kantor, stadion, stasiun kereta api, pabrik hingga gudang.

Ericsson-5G-Indonesia
 
2. Ericsson Radio System
Ericsson Radio System (ERS) terdiri dari hardware dan software yang membangun jaringan akses radio modular dan terukur, dirancang agar dapat diterapkan dalam berbagai lokasi dan skenario data flow, memberikan kinerja terbaik dengan jejak lokasi paling sedikit namun hemat energi.
 
Hal ini mencakup pembaruan dalam portofolio  ERS untuk radio, RAN Compute dan produk di lapangan, serta menampilkan perjalanan 5G Ericsson yang berfokus pada penyederhanaan lokasi.
 
3. Ericsson Spectrum Sharing
Ericsson Spectrum Sharing adalah fungsi jaringan utama yang akan memungkinkan pengenalan 5G berjalan dengan lancar pada frekuensi 4G di jaringan penyedia layanan, mengamankan penggunaan terbaik aset spektrum dan basis yang telah terpasang.
 
Dengan instalasi software yang sederhana, operator akan mengaktifkan 5G pada infrastruktur Ericsson Radio System (radio dan peralatan RAN Compute) juga memudahkan perpindahan single mode ke konfigurasi mixed mode, dan menampilkan Ericsson Spectrum Sharing.
 
4. Connectivity in Industry 4.0
Ericsson juga hadirkan solusi memanfaatkan teknologi 4G dan 5G untuk membantu perkembangan industri. Dengan transformasi industri yang dilakuan, perangkat software dapat memperkenalkan model bisnis baru; serta bagaimana konektivitas 4G / 5G yang mudah, aman, dan terukur dapat menjadi dasar dari pembangunan industri 4.0.

Ericsson-5G-Indonesia
 
5. Masa Depan Mixed Reality
Ericsson juga menampilkan visualisasi nyata augmented reality dari sebuah kota dengan kembarannya yang berbentuk digital, termasuk cuaca animasi, transportasi, dan sebagainya.
 
Miniatur kota tersebut akan memberikan pengalaman 360° dari kota sesungguhnya, serta menyoroti berbagai imajinasi bangunan hingga jalanan pada lokasi tertentu di masa depan.
 
Hal ini menjadi mungkin dengan mixed reality berskala besar yang sangat realistis, yang diaktifkan oleh ekosistem multi-industri yang muncul karena 5G, edge computing, autonomous vehicles, advanced visual computing (AI) dan perangkat seluler.
 
6. Komunikasi dengan Smart Devices
Konsumen juga dapat merasakan pengalaman berkomunikasi realtime yang lebih advance baik berkomunikasi satu sama lain juga untuk keperluan bisnis.
 
Penyedia layanan dapat menawarkan layanan mobile voice yang diaktifkan melalui jaringan berkemampuan VoLTE, kepada konsumen melalui rangkaian perangkat baru seperti smartwatch, smart speaker, smart TV, smart mirror, dan banyak lagi.

Leave a Comment