5 Trik Smartphone Agar Kita Lebih Produktif

ArenaLTE.com - Banyak orang punya smartphone tapi mereka hanya menggunakannya untuk mengakses social media-Facebook, Instagram. Masih banyak yang belum memahami bahwa smartphone dalam genggaman tangan kita itu bisa melakukan hal lain yang lebih dari sekadar berselancar di internet.

Kita bisa menggunakan smartphone untuk menjadi lebih produktif, berikut ini 5 trik smartphone yang membuat kita dapat lebih produktif sehari-hari :

1. Gunakan iPad, tablet atau smartphone sebagai monitor kedua
Saat bekerja dengan laptop, berbagai tab browser kita buka, ada banyak email terbuka juga yang harus dibaca dan memenuhi semua layar laptop. Akan sangat repot untuk memperhatikan semuanya dalam sebuah tampilan layar. Nah agar lebih produktif, kita bisa bisa memanfaatkan iPad, tablet atau smartphone sebagai monitor kedua untuk tampilan lain agar lebih memudahkan.

2. Gunakan Layanan voicemail dengan transkripsi Google Voice
Layanan Google Voice ini akan secara otomatis mengubah voicemail kita menjadi email Gmail atau pesan teks yang dapat kita baca nanti, di waktu luang. Selanjutnya kita dapat mengonversi pesan Gmail yang kita terima dari Google Voice menjadi daftar tugas dengan plugin Gmail.



3. Gunakan ponsel smartphone untuk scan dokumen
Jika kalian sering menggunakan email untuk dokumentasi data yang berkaitan dengan pekerjaan, sudah tentu sebuah dokumen hard copy menjadi sangat penting. Oleh karena itu, cobalah aplikasi gratis seperti Evernote Scannable atau Adobe Scan untuk memindai (scan) dokumen, kuitansi, kartu nama, formulir dan lainnya dengan menggunakan smartphone.

4. Matikan Notifikasi
Ada banyak hal yang mengalihkan perhatian kita saat bekerja. Dan smartphone adalah salah satu penyebab gangguan perhatian terbesar. Apalagi jika notifikasi smartphone dan getaran smartphoen terjadi setiap detik, pasti akan menjadi gangguan. Jadi, cara terbaik untuk menjadi produktif adalah dengan mematikan notifikasi (silent).



5. Maksimalkan Fungsi Lain Mode pesawat (Airplane Mode)
Mode pesawat ternyata memiliki sejumlah fungsi menarik yang bukan hanya dapat digunakan saat berada dalam pesawat saja. Misalnya, jika kita mengalami masalah dengan sinyal 3G / 4G di koneksi data smartphone.

Daripada mematikan smartphone, cukup aktifkan mode pesawat (airplane mode) dan matikan maka sinyal 4G akan kembali pulih.
Salah satu fungsi lain yaitu ketika daya baterai menipis, misalnya hanya 4% saat kembali ke kantor, matikan telepon dengan mode pesawat dan proses charging akan lebih cepat.

Terakhir, jika kalian memiliki hari yang panjang dan mengirim pesan teks ke orang yang salah, segera aktifkan mode pesawat terbang dan saat pesan gagal dikirim, kita dapat menghapusnya dan kemudian mengirimkannya ke orang yang benar.

Leave a Comment