5 Tips Dan Trik Efektif Mengelola Bisnis Online

ArenaLTE.com - Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Berbagai program telah diluncurkan pemerintah salah satunya adalah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital beberapa waktu lalu sebagai bagian dari upaya untuk tetap bersaing di tengah laju digitalisasi di kawasan Asia Tenggara. Program lain yang sedang dijalankan pemerintah adalah upaya memfasilitasi perpindahan Usaha Kecil Menengah (UKM) ke bisnis online.

Namun, banyak yang lupa bahwa masuk ke dunia bisnis online dan muncul dalam pencarian online yang dilakukan jutaan calon pelanggan maupun partner hanyalah langkah awal. Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Bagi banyak pelaku bisnis online, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan setelah membuat usaha secara online.

  1. Membangun Brand


  2.  

Nama domain yang kita miliki, apakah itu nama domain yang kemudian diarahkan ke halaman media sosial atau ke website, merupakan brand bisnis online kita. Jadi pastikan alamat ini sesuai atau sama dengan keseluruhan dari identitas bisnis online kita termasuk kartu nama, iklan, signature email, dan lainnya. Karena, pelaku UKM seringkali mengabaikan penggunaan nama domain dan alamat email professional. Padahal sebenarnya ini merupakan cara murah untuk tampil kredibel saat membangun brand, segera buat email profesional sesuai nama domain atau memanfaatkan Google Apps for Business. Selanjutnya pastikan seluruh aktivitas offline secara visual selaras dengan brand online Anda.Bisnis Online Smartphone

  1. Membuat Konten Marketing Yang Menarik


  2.  

Tanpa konten yang menarik dan berkualitas tinggi untuk memperkuat brand bisnis online, akan sulit untuk membedakan diri dengan kompetitor. Berikut ini beberapa tips untuk membuat konten menarik :

  • Fokus pada apa yang kita ketahui, hal ini akan menjalin keterikatan kuat dengan pembaca dan lebih dipercaya bila secara konsisten membahas topik yang sama sesuai bisnis kita.

  • Buat sesederhana mungkin, karena posting blog pada website kita bisa menjadi sumber konten menarik bagi pembaca tanpa memakan banyak waktu dan biaya.

  • Lakukan pengukuran dengan memanfaatkan media sosial atau website yang dikonfigurasikan, sehingga kita dapat mengetahui berbagai parameter seperti jumlah klik, view, dan lainnya agar lebih efektif.


  •  
 

  1. Mulailah mencari pelanggan (email dan pemasaran melalui media sosial)


  2.  

Dengan adanya jutaan bisnis, website, dan halaman media sosial, kita tidak bisa berharap pelanggan akan serta merta menghampiri. Kita harus secara aktif mencari mereka. Ada tiga cara efektif untuk mendapatkan pelanggan baru yaitu dengan Email Marketing, Social Media Marketing, dan Search Engine Marketing.

  • Pemasaran melalui Email : pemasaran melalui email atau email marketing ternyata masih cukup efektif untuk pemasaran digital. Email marketing bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand bisnis online, mendorong bisnis baik secara online maupun offline, mengintegrasikan saluran multi-marketing, dan mendorong pertumbuhan jaringan sosial.

  • Pemasaran Media Sosial : semakin banyaknya waktu yang dihabiskan orang di media sosial, perusahaan dan pelaku bisnis perlu memanfaatkan berbagai platform media sosial baik secara gratis maupun program promosi berbayar.

  • Search Engine Marketing (SEM) : Ini juga disebut dengan pencarian berbayar dimana pencarian tersebut bergantung pada kata kunci atau keyword yang bisa membuat bisnis online kita muncul di bagian atas pencarian (bagian iklan). Banyak UKM yang memanfaatkan SEM untuk menarik perhatian pelanggan baru.membuat website UKM


  •  
 

  1. Pasarkan dan Monetisasi


  2.  

Jika kita berencana untuk menjual produk secara online, kita harus memerhatikan beberapa langkah dalam penjualan seperti cara menerima order, proses pembayaran, dan dukungan komunikasi. Dan meskipun tidak berencana untuk menjual produk melalui standar prosedur e-commerce, kita tetap bisa menerima dan melayani permintaan atau order melalui website atau media sosial dengan menyertakan link serta formulir untuk mendapatkan informasi prospek sales dari pelanggan agar bisa ditindaklanjuti kemudian.

  1. Bersiap untuk langkah selanjutnya


  2.  

Ketika memasuki dunia online, kita harus siap menghadapi tantangan yang lebih besar. Termasuk berupa perpindahan dari halaman media sosial ke website ataupun meningkatkan kapabilitas website yang teroptimasi secara mobile atau e-commerce, kita harus membuat perencanaan untuk tujuan spesifik bisnis online agar bisa bersaing dan memenangkan pasar.

Leave a Comment