5 Fitur Baru WhatsApp 2019, Nomor 3 Yang Paling Ditunggu

ArenaLTE.com - Meskipun sudah menjadi aplikasi messaging yang paling populer di dunia dengan jumlah pengguna milyaran, namun WhatsApp terus meningkatkan layanan mereka dengan menambahkan berbagai fitur baru yang unik.

Tahun lalu masih ingat dengan Sticker WA, mode PiP hingga tombol khusus untuk grup, di tahun 2019 ini WA berencana untuk menambah berbagai fitur baru WhatsApp 2019.

Fitur-fitur terbaru WhatsApp ini masih dalam tahap ujicoba oleh beberapa pengguna yang ditunjuk sebagai tester. Hal ini dilakukan untuk menghindari kendala dan mengatasi gangguan sistem (bugs) sebelum fitur tersebut resmi dirilis ke publik.

Berikut ini Fitur Baru WhatsApp 2019

1. Kunci Dengan Face ID

Fitur baruWhatsApp 2019 yang sedang dikembangkan adalah memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi dengan sistem Face ID. Fitur keamanan ini dapat dimanfaatkan pengguna dengan mengunci akses aplikasi dan membukanya melalui sistem Face ID.

Untuk mengaksesnya sendiri cukup mudah, pengguna bisa memasang Face ID ini dengan mengakses menu pengaturan, kemudia masuk dalam menu akun dilanjut dengan mengakses privasi dan mengaktifkan menu keamanan baru WhatsApp.

Saat fitur keamanan WhatsApp diaktifkan, pengguna akan diminta untuk melakukan scanning wajah untuk mengakses aplikasi. Sistem tersebut dilakukan untuk membuka kunci aplikasi. Memang cukup merepotkan bagi yang sering mengguna WhatsApp, karena hal ini akan terus dilakukan selama pengguna kunci diaktifkan.

2. Fitur Advance Search

Melakukan pencarian text gambar atau pesan dari daftar chatting di WA bisa dilakukan dengan lebih spesifik jika fitur baru Advance Search ini benar-benar diterapkan.

Fitur baru Advanced Search ini memungkinkan pengguna untuk mencari pesan dari beragam tipe pesan yang dikirim dan diterima.
Kita bisa melakukan pencarian Foto, File GIF, Videos, Documents, Link dan Audio. Jadi pencarian pesan chatting bisa lebih cepat karena filter ini.

Selain itu, fitur baru Advanced Search ini juga memberikan data pencarian yang telah dilakukan (history), yang bisa dibersihkan dengan menggunakan menu “clear”.

Fitur-baru-whatsapp-2019

3. Pengaturan Group invitation

Sekarang ini siapa saja bisa memasukkan kita kedalam grup WhatsApp, padahal belum tentu kita menginginkannya masuk ke grup tersebut.

Tanpa ada informasi atau notifikasi apapun, tiba-tiba kita sudah tergabung dalam sebuah grup yang diundang oleh orang lain yang menjadi adminnya.

Dengan Fitur baru Pengaturan Group invitation ini, kita sebagai pengguna bisa menentukan apakah kita bisa otomatis diajak masuk kedalam grup atau tidak.

Disediakan pengaturan untuk membatasi siapa saja yang bisa mengundang kita ke dalam sebuah grup, yang terdiri dari “Siapa saja” (Everyone) berarti semua orang isa memasukkan anda keedalam grup.

Pilih “Kontak saya”, artinya hanya teman yang ada di daftar kontak yang bisa mengundang kita kedalam grup, dan yang terakhir “Nobody”, tidak ada yang bisa menambahkan pengguna ke grup mana pun.

Fitur-baru-whatsapp-2019

4. Urutan status

WhatsApp sedang mengembangkan sebuah alogatirma khusus pada WhatsApp yang jika diterapkan nantinya dapat mengurutkan update status WhatsApp sesuai dengan relevansinya.

Pengaturan urutas Status WA yang muncul ini ditentukan dengan berbagai faktor seperti yang paling sering berinteraksi , yang statusnya sering dilihat atau yang paling sering posting status WA.

5. Tampilan Warna Gelap (Dark mode)

Fitur Dark Mode ini sudah banyak dikembangkan oleh aplikasi lainnya seperti Twitter, Instagram, and YouTube. Selain bermanfaat untuk melindungi mata agar cahaya lebih nyaman, fitur Dark Mode ini diyakini dapat mengurangi mata lelah dan menghemat baterai.

Sesuai namanya, mode ini berarti mengatur skema warna dari software untuk memprioritaskan tone gelap yakni hitam dan abu-abu gelap ketimbang putih dan abu-abu terang.

Leave a Comment