5 Cara Sederhana Amankan Data Smartphone

ArenaLTE.com - Segala sesuatu kini bisa dilakukan secara online melalui sentuhan jari di smartphone, maka faktor keamanan data smartphone menjadi hal yang sangat penting dalam melindungi aktifitas online kita sehari-hari.
 
Bisa dibayangkan jika data smartphone kita berpindah tangan ke orang lain, karena hampir semua data pribadi kita sekarang ini tersimpan dalam data smartphone, mulai dari rekening bank, password, email, data transaksi online, hingga data perusahaan ada dalam smartphone kita.
 
Faktor keteledoran pengguna masih jadi faktor utama pencurian data, belum lagi serangan siber menggunakan software jahat, atau pencurian data smartphone di area WiFi Publik. Berbagai ancaman pencurian data smartphone menghantui kita belum lagi pencurian smartphone atau hilang.

Berikut ini 5 cara sederhana yang bisa kita lakukan dan jadikan kebiasaan untuk amankan data smartphone

 1. Paling sederhana, pastikan smartphone terkunci (lock screen)

Fitur standar smartphone yang sudah disediakan adalah mengunci smartphone (lock screen) ketika sedang tidak digunakan. Bisa menggunakan password, pattern dan lain sebagainya, cara paling sederhana ini bisa jadi langkah awal untuk amankan data smartphone.

Bahkan kita bisa mengatur otomatis lock screen ini dalam periode tertentu jadi tak perlu lagi repot-repot menguncinya secara manual berulang-ulang. Jika smartphone hilang kita juga bisa mengunci smartphone tersebut secara jarak jauh dengan Android Device Manager atau iCloud)

2. Pastikan Hanya Mendownload Dari Sumber Terpercaya

Saat kita mendownload sebuah aplikasi dari Google Play Store disediakan berbagai informasi penting tentang aplikasi tersebut mulai ari jumlah download yang dimilikinya hingga penilaiannya diberikan oleh pengguna (makin tinggi makin bagus).

Meskipun demikian banyak aplikasi di Google Play Store yang tidak memiliki persetujuan resmi dari Google (jangan mendownload dan menginstal aplikasi tersebut karena bisa merupakan jaringan penipuan dan kita beresiko kehilangan data atau merupakan software jahat (ransomeware) dan kita akan dimintai uang tebusan untuk membuka smartphone kita yang terkunci.

3. Jangan “Klik” Sembarang Link (Link Mencurigakan)

Para penjahat siber kini semakin pintar dan kita bisa saja menerima sebuah pesan yang sangat sesuai dengan kepribadian kita dan dimita untuk meng “klik” sebuah Link tertentu yang sebenarnya merupakan jebakan dan tidak jelas sumber dan tujuan lokasi link tersebut. Jangan pernah meng-klik, link tersebut.

Jebakannya sangat variatif, bisa saja menggunakan nama teman kita untuk meng-klik link, atau iklan diskon dan lain-lain, yang ternyata merupakan link download ransomeware pemerasan uang yang mengunci smartphone kita.

4. Back up data smartphone

Kehilangan smartphone jadi bencana buruk bagi kita, bukan hanya smartphonenya namun semua data-data penting di dalamnya. Untuk menghindari bencana tersebut lakukan proses backup data smartphone ke perangkat lain atau cloud storage. Jadikan proses back up data smartphone ini sebagai kebiasaan rutin, sebagai alternatif kita bisa memilih beberapa layanan backup data cloud seperti Google Drive, Dropbox, Box, SkyDrive dan iCloud.

5. Update Sistem Operasi dan Aplikasi Juga Gunakan Antivirus

Penyerangan melalui internet banyak sekali yang memanfaatkan “celah” pada sistim perangkat kita. untuk itu, update secara berkala merupakan poin paling penting dan sangat vital bagi pengguna internet. Beberapa pengembang aplikasi telah menyediakan fitur update berkala secara otomatis untuk menambah kemampuan.

Selain itu gunakan aplikasi anti virus sebagai perlindungan data samrtphone, yang populer diantaranya seperti Kaspersky, Trend Micro, Avast AVG sebagai perlindungan untuk amankan data smartphone.

Leave a Comment