​5 Cara Atasi Smartphone Android Yang Terkena Virus

ArenaLTE.com - Tiba-tiba smartphone kita panas sendiri saat tidak digunakan dan kinerjanya jadi lemot, respon melambat apalagi sering muncul iklan pop-up atau pesan aneh yang muncul tiba-tiba, jika ini sering terjadi kita harus curiga jika smartphone kita terjangkit virus.
 
Ada banyak ciri-ciri lain yang mengiindikasi smartphone kita sedang sakit dan terinfeksi virus jahat baik itu malware, ransomeware, atau virus jahat lainnya. Kita juga harus mulai curiga apabila kuota internet sering habis dan baterai boros lebih daripada biasanya, proses restart yang lama juga bisa menjadi indikasi awal smartphone Android terkena virus.
 
Virus android yang terinstal dalam smartphone bekerja secara diam-diam dan menguras semua sumber daya smartphone, hal ini lah yang menyebabkan smartphone terus bekerja padahal sedang tidak aktif atau bahkan yang lebih berbahaya mereka mengirimkan data-data penting dalam smartphone kita ke pihak yang lain.
 
Jika tanda-tanda tersebut muncul pada smartphone kalian, tak usah panik, kita harus segera membersihkan virus tersebut dari dalam smartphone kita. Coba lakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasi smartphone yang terkena virus :
 
1. Hapus cache dan data aplikasi 
Cache aplikasi adalah tempat menyimpan sementara semua data yang perlu berfungsi. Urutan pertama yang harus dilakukan saat menemukan aplikasi berbahaya adalah memastikannya tidak memiliki informasi yang mencurigakan. Buka Pengaturan> Aplikasi Terpasang> Aplikasi yang Mencurigakan> lalu klik Hapus Cache. Sebaiknya hapus juga data aplikasi saat Anda menggunakannya.
 
2. Periksa izin 
Dalam upaya untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi Anda, aplikasi berbahaya akan mencoba membuat Anda memberi mereka semua izin yang tidak berguna. Cukup buka Setelan> Aplikasi> Aplikasi yang Mencurigakan> Izin Aplikasi dan pastikan mereka berada pada tingkat kenyamanan Anda.
 
3. Hapus aplikasi 
Jika Anda sedikit curiga (apa aplikasinya sudah terhapus), lebih baik dengan memotret terlebih dahulu, mengajukan pertanyaan nanti. Seringkali, orang hanya menonaktifkan aplikasi dengan menghapusnya dari screen awal, tapi mengira mereka telah melakukan uninstall. Untuk memastikan, buka Pengaturan> Aplikasi Terpasang dan hapus aplikasi secara permanen dari sana.
 
4. Bawa telepon Anda ke pusat layanan
Jika Anda terus menghadapi masalah bahkan setelah menghapus aplikasi, mungkin sudah waktunya untuk membawa telepon Anda ke penyedia untuk evaluasi yang lebih menyeluruh.
 
5. Lakukan pengaturan ulang pabrik
Anda cukup menyetel ulang ponsel ke pengaturan aslinya dengan membuka Pengaturan> Cadangkan & Setel ulang> Setel ulang. Anda harus memasukkan kode sandi Anda untuk melanjutkan. Ingat, penyetelan ulang pabrik akan menghapus semua aplikasi dan data Anda, itulah sebabnya mengapa selalu ada baiknya untuk mencadangkan seluruh sistem Anda secara teratur.
 
Lebih baik mencegah daripada mengobati, di era serba digital sekarang ini kita harus lebih waspada dan mulai mengamankan perangkat yang penting dalam aktivitas kita sehari-hari seperti smartphone. Ada berbagai banyak pilihan anti virus terpercaya yang bisa kita instal dalam smartphone Android.

Leave a Comment