3 Cara Jadikan Smartphone Sebagai Modem Laptop

ArenaLTE.com - Butuh koneksi internet untuk laptop? Tak perlu lagi repot-repot membeli kopi di sebuah café hanya untuk mendapatkan WiFi Gratis. Solusinya sangat sederhana, cukup gunakan smartphone Android yang kalian miliki sebagai modem internet.
 
Smartphone sekarang bahkan memiliki kemampuan mengakses internet cepat di jaringan 4G LTE dengan kecepatan rata-rata berkisar antara 7,2 Mbps higga 50 Mbps. Akan jauh lebih nyaman mengakses internet milik kita sendiri daripada menggunakan WiFi Hotspot yang digunakan oleh banyak orang.
 
Lalu bagaimana caranya? Sebenarnya ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk jadikan smartphone sebagai modem laptop. Berikut ini kami berikan tips yang pertama yaitu menggunakan fitur hotspot tethering di dalam smartphone. Cara kedua yaitu menjadikan smartphone sebagai modem laptop melalui koneksi USB dan yang ketiga yaitu menggunakan koneksi bluetooth.

Menjadikan smartphone sebagai modem laptop dengan koneksi WiFi

Smartphone-Sebagai-Modem

Perangkat Android dan laptop umumnya sudah dilengkapi dengan koneksi WiFi dan ini bisa kita manfaatkan untuk menjadikan smartphone sebagai modem baik untuk komputer/laptop maupun sesama perangkat Android, berikut caranya :
  • Pastikan Laptop atau komputer sudah dilengkapi dengan Wi-Fi.
  • Pilih menu Settings > Wireless and Networks atau Connections
  • Lalu pilih Tethering and Portable Hotspot kemudian aktifkan Mobile Hotspot atau portable Hotspot.
  • Jika pertama kali menjalankan maka kita akan diminta membuat Network SSID (isi dengan nama yang diinginkan lalu pada bagian security pilih WPA2 PSK dan isi password yang akan digunakan oleh setiap perangkat yang akan terhubung ke Android anda, lalu Save.
  • Di komputer atau laptop aktifkan wifi sampai terdeteksi nama hotspot sesuai dengan yang kita buat, lalu klik Connect dan masukan password sesuai dengan yang kita buat tadi.

Menjadikan smartphone sebagai modem laptop dengan koneksi kabel USB

Smartphone-Sebagai-Modem

Selain berbagi internet dengan WiFi, untuk menjadikan smartphone Android sebagai modem juga bisa dilakukan dengan koneksi menggunakan kabel USB. Adapun cara-cara atau langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Hubungkan android dengan perangkat Laptop/komputer menggunakan kabel USB data.
  • Setelah terbaca oleh komputer maka akan ada notifikasi bahwa USB telah tersambung.
  • Pilih opsi Wireless & Network > More
  • Akan muncul lagi pilihan Tethering & Portable hotspot
  • Jika USB sudah terhubung, akan muncul pilihan USB tethering.
  • Aktifkan Menu tersebut dengan memberikan checklist
  • Kita bisa menikmati internetan dengan Laptop

Menjadikan smartphone sebagai modem laptop dengan koneksi Bluetooth

Smartphone-Sebagai-Modem

Pada prinsipnya, menjadikan smartphone sebagai modem dengan koneksi bluetooh (Bluetooth Tethering) serupa dengan dua cara yang disebutkan diatas. Namun menghubungkan antara perangkat yang digunakan bukan dengan WiFi atau USB yaitu melalui koneksi bluetooth. Tentu saja cara ini juga memungkinkan kita untuk berbagai internet dan transfer data. Seperti biasanya langkah yang pertama harus kita lakukan yaitu mengaktifkan bluetooth dan melakukan pairing bluetooth antar perangkat yang digunakan. Setelah terkoneksi maka kita bisa mengirimkan file yang secara otomatis internet juga bisa diakses dari perangkat smartphone kita.

Kelebihan Menggunakan Smartphone Android Sebagai Modem Internet

Proses yang cepat dan mudah, tidak perlu lagi membeli modem terpisah
Smartphone memiliki 3 fungsi menjadi satu yaitu sebagai smartphone, modem USB, Modem Wifi.
Kita juga bisa mengakses internet langsung dari smartphone.

Kekurangan Menggunakan Smartphone Android Sebagai Modem Internet

Menggunakan android sebagai wifi tethering membuat baterai android boros.
Jarak jangkauannya lebih pendek daripada perangkat Modem

Leave a Comment