3 Keuntungan Transformasi Bisnis Alfacart Dengan Solusi Cloud F5

ArenaLTE.com - Berawal sebagai saluran e-commerce dari Alfamart, jaringan convenience store ternama di Indonesia, Alfaonline bertransformasi menjadi Alfacart.com, toko online dan marketplace yang menghubungkan lebih dari 13 ribu gerai Alfamart di seluruh penjuru negeri.
 
Melalui strategi online-to-offline, Alfacart mengembangkan model bisnisnya agar bisa menjadi marketplace, tempat para merchant menjual produk-produknya. Langkah ini tergolong revolusioner karena mencakup antara lain jaringan geografis toko fisik yang menjadi tempat pengambilan (penjual untuk menitipkan produknya atau pembeli jika ingin mengembalikan barang), pengiriman, dan pembayaran
 
Sebagai konsekuensinya, trafik pada situs tumbuh pesat dan harus memastikan infrastruktur IT Alfacart cukup mumpuni dalam menyediakan dan mendukung perkembangan layanan marketplace. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka harus melakukan desain ulang data center dan melakukan pembaruan peralatan IT perusahaan yang secara teknologi sudah mulai ketinggalan.
 
Dalam transformasi besar-besaran tersebut Alfacart mendapat dukungan dari F5 untuk memperkuat keamanan aplikasi dan manajemen trafik webnya. “Alfacart.com mampu memproses jumlah transaksi online sepuluh kali lipat setiap harinya, dibandingkan sebelum menggunakan F5. Ini merupakan perubahan yang sangat positif karena operasional online adalah inti dari bisnis kami,” kata Dendy Pramudito, Vice President of Information Technology, Alfacart.


 
Laman Alfacart.com yang didukung oleh F5 saat ini dapat menerima transaksi online pada saat bersamaan, dalam jumlah besar. Juga, laman tersebut menawarkan proses yang ringkas dengan penyediaan dan routing konten pada satu titik. Optimalisasi situs ini juga berarti waktu loading yang cepat dengan konsumsi sumber daya komputasi dengan lebih sedikit.
 
1. Trafik jaringan yang optimal untuk aplikasi yang lebih cepat, selalu tersedia, dan aman
Dengan BIG-IP LTM dari F5, Alfacart dapat mengatur trafik jaringan secara cerdas serta memastikan agar aplikasi selalu tersedia dan aman.
 
Tim IT dapat mengatur sendiri modulnya dengan menggunakan iRules F5 untuk mengelola dan mengarahkan trafik  sesuai kebutuhan. Apalagi, mereka kini bisa mendapatkan informasi tentang performa aplikasi secara real time sehingga bisa langsung mengidentifikasi masalah yang muncul dan langsung memperbaikinya.
 
2. Caching dinamis untuk performa optimal
BIG-IP LTM juga menawarkan caching yang dinamis sehingga situs Alfacart.com dapat melakukan cache halaman HTML penuh yang terlihat dinamis selain juga obyek-obyek yang statis.
 
Dengan kemampuan ini situs Alfacart.com dapat melakukan cache pada laman promosi sehingga tidak perlu sering melakukan refresh. Perbaikan ini secara signifikan membantu Alfacart.com menghemat konsumsi sumber daya aplikasi dan database.
 
Pada puncaknya, Alfacart.com melakukan hingga 65 ribu transaksi dan konfigurasi F5 tidak terjadi downtime. Kami bahkan mencoba hingga 80 ribu transaksi dalam dua hari dan semua tetap berjalan lancar.”
 
3. Modul keamanan untuk melindungi dari segala ancaman
BIG-IP ASM merupakan firewall aplikasi web (web applicaton firewall/WAF) yang secara aktif melindungi situs Alfacart.com dari serangan web. Produk ini mengamankan aplikasi dari serangan layer 7 DDoS, traffic bot, serta kelemahan aplikasi dan ancaman online lainnya.

Leave a Comment