Huawei Mate 40 Bakal Dilengkapi Kirin 1020 dan Lensa FreeForm?

ArenaLTE.com -  
Sebelumnya santer dikabarkan bahwa SoC terbaru buatan Huawei, HiSilicon Kirin 1020 siap memasuki tahap produksi massal. Yang artinya, siap dipasangkan di lini produk Huawei, khususnya segmen premium dan flagship. Kabar terbarunya, Kirin 1020 bakal dipasangkan pada Huawei Mate 40 Series.
 
Memang Huawei belum memberi keterangan resmi soal kapan seri flagship terbaru itu bakal hadir di pasar. Namun seperti sebelumnya, kehadiran serial Mate biasanya tak lama setelah serial P diluncurkan. Seperti diketahui sebelumnya, Huawei P40 Series sudah hadir di pasar –dan langsung sukses menjadi smartphone dengan kinerja kamera terbaik versi DXOMark untuk varian P40 Pro.
 
Jadi bisa diduga, saat ini Huawei tengah disibukkan mempersiapkan serial Mate 40 untuk segera meluncur ke pasar. Dan salah satu kejutan yang akan muncul dengan kehadiran serial premium itu adalah kehadiran Kirin 1020 di dalamnya. Kabar itu pertama kali dihembuskan oleh Ming Chi-Kuo, seorang analis asal Cina yang namanya sudah santer sebagai analis indistri smartphone jempolan di dunia.
 
Dikutip dari laporan laman GizmoChina, Ming Chi-Kuo menyebut serial Mate 40 akan menjadi smartphone pertama yang memakai SoC Kirin 1020. Menariknya lagi, SoC buatan Huawei itu merupakan SoC pertama yang memakai proses produksi 5 nm –sebelumnya yang paling mutakhir adalah SoC 7nm, yang banyak dipakai smarphone flagship dan premium berbagai brand.
 
Apa kehebatan Kirin 1020 dengan proses produksi 5nm ini? Salah satunya, memiliki kinerja 50% lebih cepat dibanding Kirin 990 yang dipakai pada seri P40. Dibarengi dengan konsumsi yang lebih hemat 30% dibanding pendahulunya itu. SoC yang dipersiapkan khusus untuk lini produk kelas premium itu, dibuat berdasarkan arsitektur terbaru ARM Cortex-A78 –Namun ada perdebatan di sini, mengingat Cortex-A78 hingga sekarang masih belum dirilis. Sehingga ada spekulasi, yang akan digunakan adalah Cortex-A77.
 
Hal menarik lainnya yang juga diungkap Ming adalah, kehadiran teknologi Lensa FreeForm. Teknologi kamera (smartphone) terbaru ini membawa keunggulan, terutama, untuk mengurangi efek mata ikan saat menggunakan lensa sudut lebar (wide angle). Lensa sudut lebar memang membantu untuk memberikan sudut tangkap yang lebih luas. Namun juga menyebabkan distorsi pada foto. Efek yang muncul adalah, pinggiran foto yang terlihat melengkung (cembung).


 
Dengan lensa FreeForm, efek cembung tersebut bisa dihilangkan, dan foto terlihat normal dengan sudut tangkap yang luas. Selain menghilangkan efek mata ikan, lensa berteknologi terbaru itu juga mampu menghilangkan penyimpangan chrome dan efek vignette. Foto yang dihasilkan akan lebih jernih.
 
Dengan upgrade teknologi pada aspek software dan hardware seperti ini, Huawei Mate 40 Series ini tampaknya akan banyak menorehkan pencapaian prestasi pada  performa maupun kinerja kamera. Sayangnya, Huawei belum mau berkomentar mengenai progres smartphone premium terbaru mereka ini. Termasuk, kapan mau diperkenalkan ke dunia.

Leave a Comment