Honor View 20: Membawa Desain Yang Lebih Segar

ArenaLTE.com - Semenjak terakhir kali merilis seri Honor 8X di pasar Indonesia, belum ada lagi kabar sub-brand Huawei ini bakal menghadirkan seri baru di sini. Tetapi di luar sana, sudah santer kehebohan akan hadirnya Honor View 20, sebagai pelanjut Honor View 10. Smartphone ini, disebut-sebut bakal menjadi “senjata” paling mematikan dari Honor.
 
Honor sudah mempertontokan seri View 20 ini di ajang CES 2019, di Las Vegas, AS, 8-11 Januari lalu. Satu yang mencuri perhatian dari smartphone Honor terbaru ini adalah, tampilannya yang membawa penyegaran pada desain smartphone yang ada. Ya, tahun lalu kita dibanjiri smartphone dengan desain notch (poni) sampai bosan.
 
Tiba-tiba nongol View 20 di CES 2019, yang layarnya nyaris menghabiskan seluruh penampang panel depan, tetapi tak nampak adanya notch. Apakah smartphone ini tak punya kamera depan? Ada, tetapi lubang kamera yang sekecil 4.5 mm itu ditempatkan di pojok kiri atas. Tanpa memakai bingkai hitam seperti biasa, sehingga tampak berbaur dengan ikon-ikon notifikasi. Ini terobosan yang keren.


 
Masih soal desain yang segar. Honor View 20 meninggalkan tren warna gradasi yang sekarang banyak dipakai smartphone-smartphone mutakhir. Sebagai gantinya, ada motif huruf “V” membayang di panel belakang, yang warnanya mengikuti arah sudut pandang.  Mudah ditebak, bayangan “V” itu simbol dari kode serial View.
 
Bayangan huruf “V” juga ada pada Magic Night, dengan panel belakang berwarna hitam glossy. Yang sepintas nampak biasa. Tapi hadapkan pada cahaya, maka akan muncul bayangan huruf “V” berbentuk garis berwarna pelangi hasil pantulan cahaya. Warna garis juga berganti-ganti sesuai dengan arah sudut pandang.
 
Dengan konsep desain seperti itu, tak heran bila Honor View 20 ini tampil memikat dan segar. Apalagi desainnya yang memiliki frame alumunium, yang diapit dengan panel depan dan belakang bersalut glass coating. Tampil langsing dengan layar super lebar berukuran 6.3 inchi, yang makin terasa maksimal berkat “menghilangkan” notch di jidat serta bezel minimalis.
 
Menyandang nama View, sudah jelas hape ini mengedepankan kemampuan kamera. Itu ditunjukkan dengan memasang kamera dengan resolusi 48 Mpix, yang sensornya produk terbaru dari Sony, IMX 586. Sensor ini memiliki teknologi Quad-Bayer Array, teknologi yang mampu meningkatkan kerapatan pixel dan kepekaan terhadap cahaya. Hasilnya adalah foto malam/low light dengan noise yang nyaris tak kelihatan, serta lebih cerah.  Mendampingi lensa utama 48 Mpix ini adalah ToF 3D Stereo camera.
 
Untuk selfie sendiri, disiapkan kamera dengan resolusi 25 Mpix yang memiliki aperture besar (f/2.0). Didukung dengan AI yang sudah dikembangkan lebih jauh, membuat kamera depan ini menjadi alat penghasil foto selfie yang menakjubkan.
 
Di bagian dalam badannya, terpasang hardware bertenaga. SoC HiSilicon Kirin 980 sebagai chipset flagship kelompok Huawei, dengan teknologi 7 nm, serta dilengkapi NPU (network processing unit), yang membuatnya lebih powerfull, lebih pintar dan lebih irit daya. Untuk proses grafis, terpasang GPU Mali-G76 MP10. Memori yang terpasang 6 GB RAM dan 256 GB ROM.


 
Ada yang berbeda pula dari Honor View 20. Honor tak lagi memakai skin EMUI yang jadi ciri khas smartphone jebolan Huawei (dan Honor). Kini mereka mengembangkan sendiri sistem operasi yang dinamakan Magic UI berbasis Android 9.0. Saat ini dikatakan Magic UI ini tak jauh berbeda dengan EMUI, namun pengembangan ke depan agaknya akan punya karakter tersendiri.
 
Menurut kabar, Honor View 20 ini bakal dirilis (secara global) pada 22 Januari mendatang. Setelah itu baru berturut-turut diperkenalkan ke pasar regional. Termasuk Indonesia, walau belum tahu, kapan persisnya smartphone  keren ini bakal masuk ke sini. Yang jelas, layak ditunggu.

Leave a Comment