Lima Perilaku Wanita di Internet Tunjukkan Emansipasi Digital Dimulai

ArenaLTE.com - Kemajuan teknologi terutama internet, memaksa setiap orang untuk mengambil peran di dalamnya. Wanita adalah salah satu makhluk yang bisa dibilang tak ingin tertinggal dari lelaki. Dengan memanfaatkan teknologi, kaum hawa kini menunjukkan eksistensinya yang membuka jalan untuk emansipasi digital.

Perkembangan dunia digital di Indonesia telah membuka jalan untuk “emansipasi digital”, dengan angka pengguna wanita tidak terlalu jauh berbeda dengan angka pengguna pria, terutama dalam penggunaan mobile browser.
 
Baru-baru ini, Opera Software meluncurkan hasil dari survei Mobile Browser Satisfactory Index, yang dilakukan untuk mencari tahu lebih dalam lagi mengenai perilaku browsing pengguna smartphone di Indonesia dan bagaimana mereka menggunakan internet di perangkatnya.
 
Survei ini dilakukan di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar, melibatkan lebih dari 420 responden dengan rentang usia dari 18 hingga 25 tahun. Berikut ini adalah lima perilaku browsing smartphone yang membuktikan wanita juga melek teknologi: 

Mengakses mobile browser sesering pria 


Siapa bilang wanita kurang melek teknologi dibanding pria? Survei dari Opera menunjukkan bahwa hampir 60% responden wanita mengakses mobile browser lebih dari 8 kali sehari untuk melakukan berbagai macam aktivitas online. Tingginya frekuensi penggunaan mobile browser ini mirip dengan hasil dari responden pria.

Lebih tertarik belanja online di mobile browser 


Pria dan wanita tidak hanya mengakses mobile browser pada kadar yang sama, survei Opera juga menunjukkan bahwa pria dan wanita menggunakan browser untuk melakukan berbagai aktivitas yang sama, seperti: mencari informasi, membaca berita, dan mengakses sosial media. Tetapi, kalau sudah menyangkut belanja online atau sekadar mencari barang di situs-situs e-commerce, wanita selangkah lebih maju. Survei menunjukkan bahwa responden wanita mempunyai tingkat persentase yang lebih tinggi (37%) dibandingkan dengan pria (34%) dalam hal belanja online. 

Tidak menyukai default browser 


Mungkin hal ini tidak mengejutkan lagi untuk kamu, tetapi sudah terbukti loh bahwa wanita dan pria tidak menyukai default browsermereka. Keduanya lebih memilih untuk menggunakan browser pihak ketiga daripada default browser yang sudah ada di smartphonemereka dari awal. Hasil survei Opera menunjukkan bahwa hanya 1 dari 10 pengguna smartphone yang menggunakan default browser-nya. 

Membeli paket data dengan kuota besar


Survei yang dilakukan Opera menunjukkan bahwa lebih dari 50% responden wanita mengatakan bahwa mereka membeli paket data 5GB atau lebih setiap bulan, sementara hanya 47% pria yang melakukan hal serupa. Di antara mereka, 23% responden wanita mengatakan bahwa mereka membeli paket data dengan kuota 10GB atau lebih, sementara hanya 22% dari responden pria yang melakukan hal yang sama. 

Menginginkan berbagai fitur browser


Menurut kamu fitur apa yang paling diinginkan oleh pengguna browser smartphone? Jawabannya, adalah penghemat data dan ad-block! Menurut survei ini, pria dan wanita sama-sama ingin menghemat data saat browsing. Jadi, browser dengan teknologi kompresi gambar dan video yang bagus akan semakin dicari di pasar.

Demikian pula, para pengguna internet di Indonesia tidak suka diganggu dengan iklan yang menutupi layar smartphone mereka. Karenanya, ad-block adalah fitur kedua yang paling populer baik untuk pria maupun wanita. Beberapa fitur lain yang juga digandrungi reponden wanita termasuk akses langsung ke situs e-commerce,penggunaan mode offline, dan kehadiran newsfeed.

Leave a Comment