Editor Choice : 5 Smartphone Multimedia Terbaik Q3 2017

Smartphone-multimedia-terbaik-2017
ArenaLTE.com - Kehadiran smartphone mengubah fungsi telepon seluler yang awalnya hanya digunakan untuk berkomunikasi suara dan pesan saja. Selain menggunakan Sistem Operasi, banyak fitur lebih canggih dimiliki oleh smartphone, prosesor yang hebat, lebih banyak memori, layar lebih luas dan tajam, konektivitas kecepatan tinggi, Global Positioning System (GPS) hingga kemampuan mengunggah dan mendownload file dari Internet.

Teknologi terus berkembang dan menjadikannya sebagai smartphone multimedia yang memungkinkan penggunanya mengakses beragam konten multimedia dan internet. Mengambil dan menonton video kualitas tinggi, mendengarkan musik HiFi, bermain game 3D, video chatting dan menggunakan touchscreen atau stylus untuk dikirimkan ke kontak atau unggah ke situs dan sosial media.

Para vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan smartphone multimedia untuk menggoda para pelanggan dengan berbagai inovasi dan teknologi terbaru. Bahkan hampir semua smartphone yang diluncurkan hingga kuartal ketiga tahun 2017 ini masih menjadikan fitur multimedia sebagai andalan mereka. Berikut ini kami pilihkan Smartphone Multimedia Terbaik Q3 2017.

Motorola Moto Z2 Play

Smartphone-multimedia-terbaik-2017
Motorola Z series menjadi smartphone revolusioner yang mampu mengubah dan memodifikasi fungsi smartphone sesuai dengan kebutuhan penggunanya tanpa mengurangi kemampuan smartphone yang sebenarnya.
 
Modifikasi smartphone bisa dilakukan dengan menggunaan aksesoris Moto Mods. Moto Mods adalah perangkat modular tambahan yang disematkan Motorola untuk meningkatkan fungsi multimedia sebuah smartphone.
 
Setelah sukses mengadirkan Motorola Moto Z dan Moto Z Play generasi pertama, mendorong Lenovo untuk menghadirkan Motorola Moto Z series generasi kedua yaitu Motorola Moto Z2 Play dengan peningkatan kemampuan.
 
Dengan inovasi teknologi modifikasi modular terbaru yang dimilikinya, Motorola Moto Z2 Play pantas menyandang jawara Editor Choice: 5 Smartphone Multimedia Terbaik Q3 2017 kali ini.
 
Sebagai smartphone utuh, Motorola Moto Z2 Play tanpa mods memiliki desain yang ramping, lebih ringan, berkat desain unibodynya. Tapi tak berarti lebih ringkih, karena materialnya yang full metal.
 
Hampir mirip dengan pendahulunya, Moto Z2 Play masih mempertahankan layar Super AMOLED 5,5 inci beresolusi Full HD dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang membuat si ramping ini lebih tahan Banting.
 
Jeroan Moto Z2 Play ditenagai prosesor octacore Snapdragon 626 dari Qualcomm, yang berkecepatan 2.2 GHz. Untuk kapasitas memori disediakan RAM 4 GB dan ROM 64 GB dengan dukungan kartu microSD (hingga 2TB) dan sistem operasi Android versi 7.1.1 Nougat. Moto Z2 Play memang oke untuk diajak bermain game dengan dukungan GPU Adreno 506.

Smartphone-multimedia-terbaik-2017
 
Motorola Moto Z2 Play dibekal kamera 12MP bersensor  1.4µm piksel dan dual focus pixel, aperture f/1.7, lampu flash warna ganda, serta autofokus laser. Sementara kamera depan perangkat ini berbekal dukungan sensor 5MP, dengan lensa wide view serta aperture f/2.2 dan lampu flash LED ganda warna ganda.
  
Pada generasi pertama, ada lima Moto Mods yang diperkenalkan yakni modular JBL SoundBoost berfungsi sebagai speaker mod. Kemudian ada Insta-Share Projector Mod. Modular ini berguna untuk memproyeksikan gambar atau video yang sedang diputar di ponsel ke bidang layar yang lebih besar, seperti halnya proyektor pada umumnya dengan tampilan layar hingga 70 inci.
 
Selanjutnya adalah Hasselblad True Zoom Camera Mod. Dengan modular ini, pemilik Moto Z2 Play misalnya bisa melakukan sepuluh kali zoom in objek foto tanpa mengurangi resolusi. Desain modular kamera ini berukuran lebih besar dibanding yang lain karena mengikuti desain kamera sungguhan.

Selain desain back casing unik Moto Style Shell, modular lain adalah Incipio offGRID Power Pack Mod yang berfungsi sebagai power bank dengan 20 jam tenaga tambahan.
 
Dengan hadirnya Moto Z2 Play, mods bertambah dua lagi, yaitu Moto Mods Camera 360 untuk merekam video 360 derajat dan Gamepad Mod yang akan diperkenalkan secara resmi dalam waktu dekat..
 
Smartphone yang dibanderol harga IDR 6.499 juta (tanpa moto mods) ini juga memiliki konten lokal di dalamnya seperti boot animation seperti komodo, ondel-ondel, angklung dan wallpaper dengan ilustrasi khas Indonesia seperti ilustrasi batik, Borobudur, Gunung Bromo  Rinjani, ringtone dengan instrumen tradisional angklung, serta gamelan.

LG G6

Smartphone-multimedia-terbaik-2017
Meski tidak lagi hadir dengan desain modular seperti pendahulunya G5, LG G6 memiliki desain baru dengan bahan alumunium dan lapisan kaca. Bentang layar hadir sebesar 5,7 inci menggunakan rasio layar 16:9, serta dukungan layar QHD resolusi 2.880x1.440 piksel Full Vision.
 
LG G6 diklaim sebagai smartphone pertama yang memiliki fitur teknologi Dolby Vision. Selain itu juga dibekai HDR 10, pada bagian layae untuk High Dynamic Range (HDR).
 
Untuk urusan pengambilan gambar, LG G6 menggunakan dual lensa 13MP belakang, termasuk lensa 125 derajat untuk pengambilan gambar sudut lebar. Pada kamera depannya dilengkapi dengan kemampuan pengambilan 100 derajat diperluas melalui kamera depan resolusi 5MP. 
 
Dibekali dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh, LG G6 dilengkapi battery saver dan fast charging. Smartphoen yang dibanderol harga IDR9jutaan ini juga dirancang untuk tahan air dan tahan debu, dengan kategori IP68.

Samsung C9 Pro

Smartphone-multimedia-terbaik-2017
Samsung Galaxy C9 Pro mengandalkan layar seluas 6 inci yang mmeiliki resolusi full HD 1080p. Meskipun di produksi untuk kelas menengah bagian dapur pacunya dibenamkan chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 653.
 
Untuk urusan kamera, Samsung Galaxy C9 Pro sudah menyiapkan sensor berkekuatan 16MP yang dilengkapi aperture f/1.9 di belakang bodinya. Sensor ini juga didukung dengan fitur seperti phase detection autofocus dan dual-tone LED flash.
 
Buat keperluan selfie, Samsung Galaxy C9 Pro juga memiliki kamera yang tak kalah handal berkat sensor 16MP plus aperture f/1.9. Untuk konektifitas disediakan dual SIM card, dukungan 4G LTE, NFC, Bluetooth 4.2, GPS, 802.11n Wi-Fi, port audio 3.5mm dan berjalan di atas sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. 

Untuk mendongkrak kinerja dapur pacunya, Galaxy C9 Pro menyiapkan RAM 6GB, termasuk memori internal 64GB. Untuk daya tahan, Samsung Galaxy C9 Pro ternyata menyimpan baterai berkapasitas 4000mAh dalam tubuhnya. Samsung Galaxy C9 Pro dibandrol sekitar IDR 6,4 jutaan.

Xiaomi Mi6

Smartphone-multimedia-terbaik-2017
Xiaomi Mi 6 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 835 octa-core dengan empat kinerja inti, kecepatan yang bisa mencapai 2.45GHz. GPU Andreno 540 menyumbang peningkatan kinerja hingga 25 persen, dan mendukung grafis API Vulkan terbaru. Seri ini juga hadir dengan kapasitas penyimpanan 64GB atau 128GB.

Kamera ganda, yang ditanam di Mi 6 hadir dengan lensa jauh dengan sudut lebar untuk efek luar biasa yang memiliki resolusi 12MP. Selain Zoom optic 2x juga ada Zoom digital 10x. Mi 6 juga hadir dengan empat poros OIS (Optical Image Stabilization) sehingga foto dan video tetap tajam, mengurangi dampak getaran tangan atau gerakan.
 
Xiaomi Mi 6 dibekali layar 5,15 inchi dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 3350mAh. Xiaomi Mi6 dibanderol harga IDR5,6jutaan.

Vivo V5s

Smartphone-multimedia-terbaik-2017
Andalan utama dari Vivo V5s yaitu kamera selfie VIVO V5s dengan resolusi 20MP bukaan f/2.0 menggunakan sensor Sony IMX376. VIVO V5s menambahkan fitur softlight selfie dengan tambahan lampu flash di bagian depan agar hasil selfie lebih menarik ditambah dengan kemampuan memotret group selfie sengan sudut pandang lebih luas.
 
Untuk kamera belakang VIVO V5s memiliki resolusi 13MP dengan bukaan f/2.2 yang sudah dilengkapi dengan mode professional dan ULTRA HD untuk memotret foto lebih jernih dan terang dengan hasil foto beresolusi 52MP.
 
VIVO V5s memiliki prosesor Mediatek MT6750 octa core 64-bit dengan dorongan RAM 4GB dan memori internal 64 GB. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa menambahkan memori eksternal yang mendukung MicroSD hingga 256GB pada slot Hybrid.
 
Vivo V5s dikemas dalam Sleek Unibody Design serta U Shaped Cover Line dengan bentang layar 5,5 inchi. Vivo V5s ini mengoperasikan sistem Funtouch OS 3.0 pada sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.
Fitur menarik lalinnya yang dimiliki VIVO V5s yaitu Smart Split 2.0 untuk mendukung multitasking aplikasi berbeda dalam satu layar.
 
Untuk sumber daya, Vivo V5s yang dibanderol harga IDR 3.799.000.ini ditenagai baterai 3000 mAh. Tentu saja Vivo V5s juga dibekali fingerprint dengan kecepatan 0,2 detik, untuk urusan audio ditancapkan chipset Hi-Fi AK4376.

Leave a Comment