DxOMark P30 Pro tertinggi. Selfienya Kalah Dengan Galaxy S10+

ArenaLTE.com - Seri flagship terbaru dari Huawei, P30 Pro, rupanya sudah masuk laboraturium DxOMark. Hasilnya? DxOMark menempatkan P30 Pro sebagai ponsel kamera paling top dengan skor tertinggi, mengalahkan pendahulunya, seri P20 Pro, yang sebelumnya menjadi pemuncak di daftar DxOMark.
 
DxOMark adalah firma independen, yang menguji performa imaging, dari berbagai perangkat kamera. Smartphone kamera adalah salah satunya. Hasil uji yang dilakukan secara ilmiah ini lantas dituangkan dalam bentuk skor. Hasil pengujian DxOMark, sering dijadikan acuan untuk memamerkan kelebihan fitur kamera sebuah smartphone.
 
Hasil pengujian yang dipublikasikan di laman dxomark.com, menunjukkan, kamera utama (belakang) yang dimiliki P30 Pro meraih skor 112. Skor ini hasil akumulasi dari kinerja kamera ketika digunakan untuk memotret dan merekam video.
 
Kemampuan fotografinya sendiri mendapat perolehan skor 119. Raihan tinggi itu banyak disumbangkan oleh aspek  auto-focus yang meraih nilai 100, lalu aspek flash light yang menyumbang 99 poin. Aspek lain yang juga meraih nilai tinggi adalah exposure (94), dan zoom (95). P30 Pro hadir dengan kemampuan optical zoom dengan kemampuan pembesaran hingga lima kali. DxOMark juga menyebut, peningkatan kemampuan bokeh menjadi salah satu faktor yang ikut memberi nilai positif bagi P30 Pro.
 
Sementara untuk fungsi perekaman video, DxOMArk memberi skor 97. Nilai yang juga terbilang tinggi. P30 Pro dinilai bagus untuk aspek autofocus (98), stabilization (94) –yang artinya bekerja sangat baik untuk meredam efek guncangan tangan, dan aspek exposure (85).


 
Di lain pihak, ternyata kinerja kamera (depan) untuk selfie, tak setinggi perolehan nilai kamera utama (belakang). DxOMark memberi total nilai 89. Untuk fungsi foto, kamera selfienya mendapat skor 90, dengan kontribusi nilai tinggi didapat dari aspek exposure dan color. Sementara fungsi video mendapat skor 88.
 
Di aspek kamera selfie ini, P30 Pro ternyata belum mampu mengalahkan kamera selfie Samsung Galaxy S10+. Dari penilaian DxOMark, kamera selfie Galaxy S10+ unggul dengan perolehan skor 96. Bahkan untuk fungsi foto, flagship Samsung ini mampu meraih skor 101, jauh di atas P30 Pro yang hanya 90. Sementara untuk fungsi video, Galaxy S10+ meraih skor 88 –perolehan yang sama dengan P30 Pro.
 
Jadi, kalau menuruti hasil uji DxOMark ini, Huawei P30 Pro cocok bagi penggemar fotografi, karena kinerja kamera utamanya yang luar biasa. Terbukti bisa menjadi pemuncak ranking DxOMark terbaru. Namun, bagi penggemar foto selfie, sepertinya masih lebih bagus Galaxy S10+. Ini harus jadi perhatian Huawei, karena nyatanya, lebih banyak orang menggunakan smartphonenya untuk berselfie ria, ketimbang memotret momen.

Leave a Comment