Dell EMC Rilis PowerEdge MX, Infrastruktur Modular nan Fleksibel

ArenaLTE.com - Dell EMC meluncurkan Dell EMC PowerEdge MX, infrastruktur modular dengan kinerja tinggi terbaru di industri, yang dirancang untuk mendukung beragam beban kerja pusat data, baik beban kerja tradisional dan yang sedang berkembang. PowerEdge MX menawarkan arsitektur infrastruktur modular pertama yang dirancang mudah beradaptasi dengan teknologi masa depan dan server disagregasi.

Dengan infrastruktur kinetik yang unik, pelanggan terbebas dari keterbatasan teknologi yang terpisah-pisah (silo) dan memakan waktu, manajemen operasional rutin serta dinamika pekerjaan dimana mereka harus mengatur sistem TI agar secara optimal bisa mencocokkan aplikasi dan kebutuhan yang berbeda.

“Meskipun sejumlah teknologi baru, seperti kecerdasan buatan, IoT, storage dan jaringan berbasis perangkat lunak (software-defined) menawarkan kelebihan kompetitif, beban kerja teknologi-teknologi ini sulit diprediksi dan menghadirkan tantangan baru bagi departemen TI,” kata Erwin Yusran, Business Development Director, Compute and Networking, Dell EMC Indonesia. 

“PowerEdge MX memungkinkan pendekatan modular untuk membangun dan menggabungkan kemampuan komputasi, storage dan jaringan secara fleksibel, sehingga perusahaan dapat mentransformasi sistem TI mereka dengan cara yang tidak saja mengoptimalkan sumber daya, tetapi juga menawarkan perlindungan investasi untuk teknologi-teknologi maju generasi berikutnya.”

Ekosistem PowerEdge MX mencakup desain chassis yang baru dan blok-blok sumber daya server dan storage yang terukur cermat yang terhubung ke infrastruktur TI melalui fabric I/O cerdas.

PowerEdge MX dirancang untuk pusat data berbasis perangkat lunak yang mampu mendukung kombinasi proyek-proyek virtualisasi yang padat, storage berbasis perangkat lunak dan jaringan berbasis perangkat lunak, serta kecerdasan buatan (AI) dan big data. 
Dirancang untuk mendukung drive NVMe terbaru yang memiliki latensi rendah dan konektivitas 25GbE, pelanggan dapat merancang konfigurasi komputasi dan storage sesuai kebutuhan mereka masing-masing dan menikmati manfaat dari sejumlah sumber disagregasi bersama yang mampu merespon perubahan kebutuhan saat perubahaan itu terjadi. 
Dengan membuat kapasitas hardware on-the-fly, aset-aset overprovisioning dan tidak terurus dapat dikurangi berkati optimalisasi kinerja dan efisiensi.

PowerEdge MX, dengan infrastruktur kinetiknya, dirancang secara unik tanpa mid-plane, yang memungkinkan solusi ini mendukung beberapa generasi teknologi sekaligus, seperti teknologi prosesor, tipe-tipe storage baru, dan inovasi konektivitas baru – hingga beberapa tahun ke depan. 

Secara khusus, ketiadaan mid-plane memungkinkan komputasi langsung ke koneksi modul I/O, sehingga pembaharuan teknologi di masa depan dapat dilakukan tanpa mengganggu kegiatan operasional pelanggan dan tanpa melakukan pembaharuan mid-plane. 

Dengan pendekatan ini, PowerEdge MX siap untuk suatu hari nanti mendukung penuh komponen disagregasi hingga ke perangkat yang berbasis memori (memory-centric devices), seperti memori kelas storage, GPUs dan FPGAs, yang menawarkan keleluasaan penuh bagi pelanggan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka masing-masing. 

Pelanggan memiliki fleksibilitas untuk merancang PowerEdge MX mereka sesuai kebutuhan mereka dengan sejumlah komponen canggih seperti Chassis Dell EMC PowerEdge MX7000, chassis berukuran 7U ini memiliki delapan ruang untuk menempatkan berbagai kombinasi single-width dan double-width komputasi dan storage.

Juga ada Sled komputasi Dell EMC PowerEdge MX740c dan MX840x –Blade sled dua dan empat soket menghadirkan fitur komputasi lengkap, tanpa kompromi, dengan kinerja yang luar biasa dan sejumlah pilihan storage termasuk drive NVMe. 

Kemudian tersedia modul switch Dell EMC PowerEdge MX Ethernet dan Fibre Channel. PowerEdge MX adalah infrastruktur modular pertama di industri yang menghadirkan konektivitas end-to-end Ethernet 25Gpbs (GbE) dan konektivitas host 32Gbps Fibre Channel. 

Dikombinasikan dengan uplinks 100GbE dan 32G Fibre Channel, pelanggan bisa mendapatkan pengurangan latensi switching hingga 55% untuk arsitektur fabric multi-chassis yang bisa diubah sesuai kebutuhan (scalable). 

Kelebihan PowerEdge MX lainnya adalah manajemen in-system yang komprehensif, termasuk Dell EMC OpenManage Enterprise –Modular Edition, yang menghadirkan fungsi-fungsi penting seperti manajemen OpenManage Enterprise dalam chassis server tersebut untuk seluruh lingkungan. 

Leave a Comment