Deep Nostalgia, Membuat Foto Jadul Jadi Hidup

ArenaLTE.com - Barangkali kalian punya foto oma atau opa buyut yang tak sempat bertemu semasa hidup mereka. Kalian cuma bisa mengenangnya lewat foto-foto jadul (hitam putih pula), sambil membayangkan, kira-kira bagaimana ekspresi mereka ketika masih hidup dulu? Maklumlah, jaman dulu kan, boro-boro smartphone kamera, video-cam saja belum ada.
 
Akan tetapi, berkat teknologi Artificial Intelligence (AI) yang semakin berkembang, foto-foto lama itu bisa jadi “hidup”, seperti sebuah cuplikan video pendek. Anda akan dibuat takjub, ternyata senyum nenek di masa mudanya begitu mempesona. Dia menggerakkan kepala, mengerling, dan tersenyum manis.
 
Adalah sebuah aplikasi berbasis AI yang bernama Deep Nostalgia. Aplikasi ini mampu membuat animasi dari sebuah foto (wajah). Menariknya lagi, foto hasil animasi ini bisa diunggah ke Twitter, dan jadi meme yang menarik untuk bernostalgia dengan para tersayang dari jaman lampau.
 
Aplikasi ini dibuat oleh sebuah perusahaan genealogy MyHeritage. Mereka menggunakan lisensi AI dari D-ID, untuk menciptakan efek bergerak dari sebuah foto. Cara kerjanya mirip fitur Live Photo dari iOS –fitur ini memberikan klip video beberapa detik dari hasil jepretan agar pemotret bisa memilih angle terbaik.
 
Bedanya, Deep Nostalgia bisa mengolah foto dari manapun, dari kamera apa saja.  Program ini menggunakan video driver gerakan wajah yang telah direkam sebelumnya, lantas menerapkan gerakan wajah yang paling pas untuk foto yang diunggah. Hasilnya adalah, foto yang notabene gambar tak bergerak, menjadi “hidup” seperti halnya sebuah rekaman video pendek.
 
Tertarik untuk mencoba? Pertama, Anda harus mendaftar (sign-up) di situs MyHeritage untuk membuat akun –bebas biaya. Selanjutnya, tinggal menunggah foto. Nanti Deep Nostalgia secara otomatis mengolah foto, dan membuatnya menjadi bentuk Gif. Namun perlu diingat, foto hanya bisa diunggah kalau pengguna sudah benar-benar melengkapi proses sign-up. Tanpa itu, foto akan dihapus otomatis. MyHeritage menyebut, itu sebagai langkah perlindungan pada privasi pengguna.
 
Beberapa pengguna Twitter sudah mencoba aplikasi ini. Mengunggah foto-foto lama dan memposting hasilnya di Twitter. Seorang pengguna bernama Nicole Lascelle, memposting foto neneknya, dan mengatakan dia sampai menangis melihat “animasi” foto sang nenek yang tampak hidup.
 
Yang lainnya mencoba dengan cara yang lebih konyol. Memotret patung di museum dan mengunggah ke Deep Nostalgia. Wajah si patung memang kemudian jadi hidup, menggerakkan kepala, mengedipkan mata dan tersenyum. Bahkan yang lebih konyol, seorang arkeolog mengunggah foto patung Alexander The Great, dengan mata yang tak punya biji mata. Jadinya memang hidup, cuma ya lumayan horror juga.
 
Betapapun, Deep Nostalgia hanya bisa menghidupkan bagian wajah. Jadi, kalau Anda mengunggah foto se-body penuh dan berharap obyek foto jadi hidup, berjalan melenggak-lenggok sambil tersenyum manis, ya ndak bisa.
 
Terakhir yang perlu diingat. MyHeritage hanya menggratiskan upload hingga lima foto saja. Lebih dari itu, silahkan Anda harus mendaftar dan membayar.
 
 

Leave a Comment