Ini Daftar Tren Pencarian Spesifikasi Smartphone Masyarakat Indonesia

ArenaLTE.com - Tidak dipungkiri lagi, industri smartphone di Indonesia merupakan pasar yang begitu menarik. Seperti dilansir dari International Data Corporation (IDC), distribusi pengiriman smartphone di Indonesia mencapai angka lebih dari 7 juta unit hingga kuartal ketiga tahun 2017. 
 
Dengan angka yang terbilang cukup tinggi itu, Indonesia memiliki porsi yang cukup penting dan meningkat seignifikan. Hal ini bisa terlihat dan dibandingkan dengan total distribusi di seluruh kawasan Asia Tenggara untuk kategori negara berkembang (emerging market – Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina) diperkirakan sekitar 101 juta di tahun 2016.
 
Namun demikian, meski smartphone saat ini sedang menjadi produk idaman masyarakat tetapi ada pola pemilihan yang ditentukan para pembeli. Apa sajakah tren spesifikasi smartphone yang menarik perhatian pasar Indonesia dalam 3 tahun terakhir? Berikut adalah beberapa temuan menarik yang dirangkum oleh Priceza.
 
Menyelami lebih jauh tentang preferensi smartphone di Indonesia, sebagai mesin pencari belanja (shopping search engine) dengan fitur pembanding harga (price comparison) Priceza memiliki informasi menarik terkait spesifikasi smartphone yang paling diminati oleh pasar Indonesia. 

Resolusi kamera besar

Kamera tidak diragukan lagi merupakan fungsi penting kedua dari smartphone, selain sebagai alat komunikasi. Hal ini tercermin dari data yang dimiliki Priceza, di mana smartphone dengan resolusi kamera minimum 13 MP merupakan spesifikasi yang paling dicari.

Ukuran layar besar

Para pengguna di Indonesia cenderung menyukai smartphone dengan ukuran layar yang cukup besar (5 inci ke atas). Hal ini tentunya terkait dengan kenyamanan menggunakan gadget, baik itu dalam penggunaan kamera ataupun sekedar menikmati sajian hiburan, mulai dari permainan hingga menonton video.

Sistem operasi Android

Ada pergeseran tren dalam tiga tahun terakhir. Seperti yang dibahas sebelumnya. Di tahun 2015, iPhone dari Apple merupakan model yang paling banyak dicari. Namun setelahnya, pencarian didominasi oleh smartphone berbasis Android. Ada berbagai argumen yang bisa menjelaskan fenomena pergeseran preferensi ini, mulai dari alasan teknis seperti keterbukaan platform hingga pertimbangan finansial (bujet). 

Kapasitas baterai besar

Terakhir adalah kapasitas baterai yang besar (3000 mAh – 4000 mAh) untuk melakukan aktivitas mobile lebih lama. Kapasitas besar ini umumnya memiliki waktu bicara hingga lebih dari 20 jam dengan waktu standby 1 – 2 hari. Dengan kata lain, bisa diintepretasikan bahwa pasar di Indonesia menghendaki smartphone berdaya tahan lama. 

Leave a Comment