​Buka CES 2019, Presiden LG Janjikan AI Untuk Hidup Lebih Baik

ArenaLTE.com - Presiden LG Electronics sekaligus Chief Technology Officer (CTO), I.P. Park didaulat menyampaikan pidato pembukaan (keynote) pada ajang Consumer Electronics Show 2019 yang mulai berlangsung hari ini di Las Vegas, Amerika Serikat. Berbicara di hadapan lebih dari 3,000 tokoh industri, influencer dan jurnalis, manajemen puncak LG ini membawakan pidato berjudul AI for an Even Better Life. 

Dalam pidatonya ia menguraikan peran tiga pilar utama kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) yaitu Evolve (Berkembang), Connect (Terhubung) dan Open (Terbuka) – dapat menghasilkan ekosistem AI yang kuat dengan beragam solusi untuk kehidupan. 

Disamping itu, ia juga menampilkan berbagai pengembangan teknologi AI dari LG yang telah diimplementasikan untuk mendukung berbagai skenario hidup keseharian. Ini merupakan pertamakalinya LG menyampaikan keynote speech pada sejarah penyelenggaraan CES. 

Termasuk dalam hasil pengembangan teknologi AI dari LG yang ditampilkan yaitu LG CLOi GuideBot. Turut berada di atas panggung berbagi sorotan dengan Dr. Park, LG CLOi tercatat menjadi robot pertama yang membantu dalam proses penyampaian pembukaan CES. 

Park memulai ceramahnya dengan sebuah pertanyaan kepada hadirin yaitu “Apakah teknologi membuat hidup Anda lebih baik?” Lebih lanjut ia memaparkan, selama 100 tahun terakhir, peralatan elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci dan penyedot debu telah meminimalisir waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan itu hingga 75%. 

Namun di sisi lain, ia menyatakan, jumlah tenaga kerja kognitif yang terlibat telah meningkat secara signifikan. “Jawabannya terletak pada AI. Namun hanya bila kita dapat mencapai kecerdasan sesungguhnya,” ujarnya lagi. 

Sejak tahun 2017, LG telah memperkenalkan penamaan khusus LG ThinQ yang menjadi merek perusahaan untuk portofolio produk dengan menggunakan AI. Termasuk di dalamnya AC, mesin cuci, TV, smartphone hingga robot penyedot debu. 

Dalam pidatonya ini, Park mempresentasikan inovasi terkini LG pada berbagai perangkat elektronik ini yang dilakukan melalui penguatan pada AI. Melalui chip AI tercanggih saat ini, sebuah mesin cuci dapat belajar dan bahkan melakukan “self-healing” dengan kemampuan mendeteksi dan melakukan perbaikan malfungsi secara otomatis tanpa adanya keterlibatan operasi lainnya. 

“Namun, saya ingin bicara lebih dari sekedar pengembangan,” ujar Dr. Park. “Kami berambisi untuk melampaui peran LG saat ini sebagai produsen elektronik consumer terkemuka. Kami ingin berubah  menjadi innovator gaya hidup yang dapat melayani cara hidup yang benar-benar cerdas,” ujarnya lagi. 

Melalui pernyataan visi LG pada era kecerdasan buatan ini, Dr. Park memaparkan keberadaan ketiga gagasan besar – Evolve, Connect dan Open – akan memperkuat teknologi AI bagi transformasi tiap aspek dalam hidup sehari-hari. 
Ia menyatakan, produk LG ThinQ akan berkembang seiring waktu dengan mempelajari pengguna, terhubung dengan kehidupannya dan membuka ekosistem bagi inovasi dengan memperkuat kemitraan dan kerjasama untuk menciptakan kehidupan lebih baik. 


Park kemudian mempresentasikan ambisi LG untuk membuka potensi teknologi AI pada skala lebih besar dengan keterhubungan berbagai unit secara individual pada sebuah sistem cerdas. Keberadaan LG Robot Service Delivery Platform (RSDP) akan secara sistematis mengkoordinasi berbagai robot dalam melihat, mendengar dan mempelajari untuk kemudian dapat mentransformasi dalam managemen lingkungan dan kerja. 

Smart grid berbasis AI disisi lain, membuat kita dsapat secara radikal memperbaiki efisiensi penggunaan energi dalam ekosistem, mulai dari produksi, penyimpanan hingga konsumsi. Sementara papan pengumuman cerdas akan bergerak dengan mengubah elemen fisik ruang yang ada seperti dinding dan bahkan lantai, menjadi bagian dari lingkungan. 

Dalam penyampaian keynote ini LG juga memperkenalkan para ahli dunia termasuk founder XPRIZE Foundation Peter Diamandis, periset AI terkemuka Andrew Ng dan Managing Director perusahaan otomotif Luxoft Alwin Bakkenes. Turut pula hadir Senior Vice President of Engineering Qualcomm Druga Maladi dan direktur dari Contextual Robotics Institute pada University of Colifornia San Diego Profesor Henrik Christensen. 

“LG merupakan kekuatan besar pada baris depan revolusi AI yang akan memberi pengaruh dan hasil pada berbagai industri utama melalui teknologi kesehatan, agrikultur, transportasi dan lainnya,” kata Gary Shapiro, presiden dan CEO dari Consumer Technology Association yang menjadi penyelenggara perhelatan CES 2019. 

Lebih lanjut ia menyatakan,“Kami sangat senang untuk mendengar paparan LG mengenai AI untuk kehidupan lebih baik sebagai pidato pembukaan pertamanya dalam sejarah CES.”

Leave a Comment