Begini Caranya Memindahkan Foto dan Video Dari Facebook Ke Google Photo

ArenaLTE.com - Platform media sosial paling ngetop sedunia, Facebook, baru-baru ini mengumumkan kehadiran fitur baru bagi penggunanya. Fitur baru ini memungkinkan pengguna memindahkan file foto dan video dengan mudah ke Google Photo. Tak perlu ribet melakukan download, save, lalu upload lagi ke ke platform lain. Namanya Photo Transfer Tool.
 
Seperti yang dipaparkan Facebook dalam situs resminya, Photo Transfer Tool ini merupakan hasil pengembangan kode yang didapat lewat kesertaan Google dalam proyek open source Data Transfer Project. Ide dasarnya adalah, apabila pengguna bisa memindahkan data melalui satu layanan, semestinya bisa dilakukan dengan banyak layanan lain. Inilah prinsip data portability yang dianut Facebook. Berdasarkan prinsip itu pulalah Photo Transfer Tool ini dibuat.
 
Fitur ini pertama kali diumumkan keberadaannya pada 2 Desember 2019 lalu. Namun ketika itu kehadirannya baru bisa dimanfaatkan oleh pengguna di Irlandia saja. Pada 20 Februari 2020, Facebook memperluas ke negara-negara Amerika Latin dan Asia Pasifik. Sebulan berikutnya, 10  Maret, giliran negara-negara Uni Eropa, Inggris, Asia Tenggara dan Afrika. 30 April, diperluas lagi ke Amerika Serikat dan Kanada. Terakhir, pada 4 Juni kemarin, Facebook resmi mengumumkan kehadiran fitur ini untuk seluruh pengguna Facebook sedunia.
 
Facebook mengatakan tetap memegang teguh prinsip menempatkan privasi dan keamanan pengguna di atas segalanya. Karena itu, semua data yang dipindahkan (transfer) akan di enkripsi, dan pengguna akan diminta memasukkan password sebelum pemindahan data dilakukan. Saat ini, pemindahan foto dan video baru bisa dilakukan ke Google Photo saja. Namun Facebook mengatakan, berikutnya akan disusul dengan banyak layanan lainnya.
 
Begini langkah-langkah untuk memindahkan foto dan video ke Google Photo:

Pertama: Masuk ke halaman “Your Facebook Information” dalam menu Facebook Settings.
(Di sini Anda juga bisa memeriksa privacy setting, meninjau activity log, menggunakan Access Your Information, dan Download Your Information Tools).
 
Kedua: Pilih “Transfer a Copy of Your Photo or Video”
(Klik “View” untuk memulai proses transfer foto dan video Anda)
 
Ketiga: Masukkan password Facebook Anda.
(Tujuannya untuk memverifikasi identitas Anda sebelum memulai proses transfer foto dan video)
 
Keempat: Pilih tujuan transfer.
(Pilih Google Photo sebagai tujuan transfer. Saat ini baru tersedia Google Photo, namun secepatnya Facebook akan menambah platform lainnya)
 
Kelima: Pilih “Confirm Transfer”.
(Setelah memasukkan password Google Photo, porses transfer pun selesai. Pengguna akan menerima pemberitahuan di Facebook maupun melalui email begitu seluruh foto dan video selesai dipindahkan)
 

Leave a Comment