Wow, Baterai Smartphone Nantinya Berisi Cairan Agar Lebih Dingin

ArenaLTE.com - Teknologi berkembang lebih cepat dari yang kita bayangkan, seperti halnya cairan yang kini bisa digunakan untuk baterai. Ya, dengan teknologi sebuah baterai smartphone bisa diisi dengan liquid atau cairan kimia khusus yang mampu menyuplai tenaga sekaligus membuat perangkat tetap dingin.

Memang, biasanya liquid atau cairan khusus ini ditemui sebagai metode untuk menjaga prosesor PC tetap dalam keadaan suhu stabil, sehingga performanya akan tetap terjaga. Namun, berkat teknologi khusus cairan ini dikembangkan untuk menghasilkan arus yang bisa digunakan sebagai energi baterai.

Ide itu sendiri datang dari seorang peneliti teknologi IBM, ETH Zurich, yang berawal dari pemikirannya yang mengungkapkan bahwa mereka mungkin bisa membuang kelebihan panas melalui sebuah cairan elektrolit. Seperti dilansir dari Android Authority.

Teknologi cairan ini secara tradisional memang telah diaplikasikan untuk aliran baterai panel surya, serta turbin angin yang energinya bisa disimpan dengan baik. Namun, dalam pikiran para peneliti IBM bahwa desain baru nantinya cairan ini bisa dikemas dalam bentuk yang lebih kecil, baterai smartphone.
 
Dengan cairan elektrolit, ketebalan baterai akan mungkin menjadi 1.5mm. Bahkan Tim meyakinkan bahwa ada kemungkinan daya sebesar 1,4 watt per sentimeter per segi, dari ukuran baterai bisa memberikan daya yang cukup efisien bagi kelangsungan hidup smartphone.

Sumber informasi juga menyebutkan, teknologi baterai dengan cairan elektrolit ini sedang dikembangkan dan kemungkinan akan diaplikasikan dalam beberapa tahun ke depan.

Bukan hanya Anda, kami juga berharap bahwa teknologi cairan ini bisa disegera dihadirkan karena hal itu akan membuat smartphone menjadi lebih dingin. So, selain efisiensi daya baterai kemungkinan lainnya adalah ukuran smartphone mendatang akan kembali menjadi lebih tipis.

Leave a Comment