Awas, di Era IOT, Smart TV Bisa Jadi Sasaran Pembajakan

ArenaLTE.com - Semakin banyak Smart TV terhubung ke Internet daripada sebelumnya, dengan perkiraan 760 juta dari mereka sekarang terhubung secara global. Karena ancaman baru semakin menargetkan perangkat IoT, seperti Smart TV, yang mencakup konektivitas selalu aktif dan GPU berkinerja tinggi yang dapat dibajak untuk tujuan jahat, FortiGuard Labs mengambil kesempatan untuk melihat status keamanan saat ini dari perangkat ini.

Peneliti keamanan telah meningkatkan kekhawatiran tentang masalah kerentanan yang ditemukan di Smart TV. Untuk beberapa waktu kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar vendor TV mendengarkan kekhawatiran ini dan telah mengambil tindakan untuk memperbaikinya (terutama bila dibandingkan dengan perangkat IoT acak). 

"Sementara postur keamanan dari jenis perangkat ini pasti semakin baik, kami di FortiGuard Labs memutuskan untuk meluangkan waktu untuk melihat beberapa merek populer, dan sebagai hasilnya, kami bekerja sama dengan vendor untuk memperbaiki beberapa masalah yang tersisa, seperti contoh di bawah ini," ujar Tony Loi dari Fortinet.

Beberapa minggu yang lalu, Sony merilis sebuah penasehat untuk beberapa kerentanan untuk perangkat Bravia Smart TV mereka yang telah ditemukan dan dilaporkan secara langsung ke tim PSIRT Sony oleh tim Fortinet FortiGuard Labs. 

Kerentanan ini secara khusus berada di salah satu aplikasi milik Sony yang disebut Photo Sharing Plus. Karena mereka dapat dieksploitasi dari jarak jauh tanpa otentikasi oleh penyerang yang terhubung ke Jaringan lokal yang sama, pelanggan harus meningkatkan TV mereka sesegera mungkin.

"Jika Anda berencana membeli Smart TV baru, atau sudah menjadi pemilik salah satunya, kami sarankan Anda memeriksa kembali pengaturan privasinya terkait pengumpulan data. Paling tidak, Anda harus menyadari data pribadi apa yang dibagikan TV Anda, dan dengan siapa dibagikan," pungkas Tony.

Leave a Comment