ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Dengan Watercooling Seharga 95 Juta

ASUS ROG GX800
ArenaLTE.com - ASUS baru-baru ini meluncurkan serangkaian produk terbaru dari brand Republic of Gamers (ROG) melalui acara ASUS ROG GX800 Launching. Dalam kesempatan tersebut, ASUS juga memperkenalkan flagship pertama mereka di Indonesia yakni ASUS ROG GX800.

Sebagai andalan utama, ASUS ROG GX800 adalah notebook gaming pertama yang menggunakan watercooling di dunia. Seri ini diklaim mengusung spesifikasi ‘tingkat dewa’ dan dihadirkan tidak hanya sekedar menjadi mesin game untuk para hardcore gamer.
Notebook ini sekaligus menyuguhkan rentetan teknologi mutakhir yang paling canggih saat ini berbekal prosesor Intel Core i7-7820HK yang dapat di overclock serta sistem operasi Windows 10 yang telah ditingkatkan kemampuannya untuk kebutuhan gaming.


“Kelahiran dari ASUS ROG GX800 diawali dari sebuah ide dasar untuk mewujudkan sebuah komputer mobile yang performanya dapat menyamai perangkat desktop. Kami sangat berambisi akan gagasan ini dan memulai riset untuk menciptakan teknologi watercooling pada perangkat gaming sejak 2003,” ujar Galip Fu, Country Marketing Manager ASUS Indonesia dalam kesempatan peluncuran di Jakarta belum lama ini.

Ia menambahkan, ASUS akhirnya berhasil mewujudkan impian tersebut dan melahirkan perangkat pertamanya dengan nama ASUS ROG GX700 pada tahun 2015 lalu. Kini sang penerus, lanjut Galip, telah memiliki suksesor dengan kekuatan yang lebih dahysat serta teknologi yang juga lebih hebat.

ASUS ROG GX800, notebook gaming satu-satunya di dunia yang memiliki watercooling terpisah dan diklaim mempunyai performa paling gahar. Dalam kesempatan peluncuran, ASUS juga melakukan demo overclock oleh overclocker kelas dunia, Alva Jonathan.

Kinerja notebook ini masih sanggup di overclock dengan aman hingga 4,6GHz. Sebelumnya, ASUS ROG GX700 hanya sanggup di overclock mencapai 4,4GHz. Tidak hanya prosesor, tetapi kartu grafisnya pun mampu di-overclockhingga 1961MHz. Sementara Video RAM (VRAM) dan DRAM (Dinamic Random Access Memory) juga bisa ditingkatkan dengan mudah sampai 5,2GHz dan 2800MHz melalui ASUS Gaming Center.

Saat melakukan demo overclock, Alvan memuji performa notebook monster gaming ASUS ROG GX800 yang di atas rata-rata. Dalam kesempatan yang sama, turut ditampilkan upacara penandatanganan antara ASUS dengan Chandra Liow dari Tim2one, sebagai Brand Ambassador ASUS ROG.

Konsistensi yang dilakukan ASUS untuk menciptakan perangkat gaming yang berkualitas, membuat mereka pun harus terus berinovasi menyempurkan desain maupun spesifikasi agar kemampuan device-nya semakin mumpuni. Sebagai implementasinya, ASUS ROG GX800 dirilis dengan rumpun teknologi terbaru yang paling update saat ini.

Beberapa perbedaan mendasar yang diterapkan antara lain, ASUS ROG GX800 menggunakan teknologi 2 way SLI GTX1080 graphic cards, prosesor Intel Core i7-7820HK, layar 18,4 inci beresolusi 4K dilengkapi G-Sync, dua buah adapter berukuran 330W dan RGB backlit keyboard.

Sementara untuk watercooling, perlu untuk diketahui, cara kerja dari docking yang  oleh ASUS disebut sebagai Hydro Overclocking Station ini masih sama dengan watercooling pada GX700. Pendingin bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja.

Namun pada docking station generasi kedua ini, ASUS telah mendesain ulang konsep pendinginannya sehingga aliran coolant mampu mengalir pula pada CPU serta dua buah GPU-nya untuk meredam panas. Setelah menunaikan tugas tersebut, cairan panas yang telah mendinginkan sistem tersebut dialirkan lagi keluar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperature dengan radiator. Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator.

Notebook dengan memori RAM sebesar 64GB DDR4 2800MHz yang dapat di-overclock ini,memiliki 3 buah SSD berukuran 512 GB berfitur Non Volatile Memory Express (NVMe). SSD tersebut memanfaatkan slot PCIE Generasi ke-3 M.2 untuk memaksimalkan kecepatan bandwidth-nya.Secara kesuluruhan performa write and read dari SSD pada ROG GX800 meningkat hingga lebih dari 21 persen dan 55,7 persen.

Seiring dengan mulai banyak bermunculannya konten game berbasis VR, ASUS ROG GX800 tentu saja produk gaming dengan kemampuan VR ready, alias siap untuk memainkan konten game berbasis Virtual Reality. Anda pun dapat menyambungkan layar dengan dua monitor 4K menggunakan a Display Port 1.3 atau langsung menghubungkannya dengan satu layar beresolusi 8K.

Seri ini dipasarkan dengan harga sekitar IDR 95.499.000. So, gamers yang benar-benar membutuhkan perangkat gaming dengan mobilitas tinggi, sepertinya harus segera mendapatkannya. 

Leave a Comment