AMD Siap Hadirkan Perubahan Besar pada Komputasi Berperforma Tinggi

ArenaLTE.com - AMD menekankan lompatan bersejarah pada teknologi komputasi, gaming, dan visual yang diharapkan hadir pada tahun 2019, berbasis kombinasi teknologi tercanggih 7nm dan desain komputasi dan grafis paling mutakhir yang pernah diciptakan oleh AMD. 

Dalam presentasinya pada intisari CES 2019, Presiden dan CEO AMD Dr. Lisa Su mengumumkan unit pemrosesan grafis (GPU) gaming 7nm pertama di dunia, AMD Radeon VII; membeberkan detil dari prosesor laptop ultrathin tercepat di dunia, prosesor AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua; dan memberikan demonstrasi publik pertama dari prosesor
desktop 7nm AMD Ryzen Generasi Ketiga yang akan hadir. 

Lisa Su didampingi oleh beberapa tokoh-tokoh di industri IT termasuk Phil Spencer,Executive Vice President of Gaming Phil Spencer; David Polfeldt, Massive Entertainment Managing Director; dan Sam Mathews, FNATIC Co-Founder and Chairman.
 
Intisari yang disampaikan oleh Lisa Su berfokus pada memecahkan tantangan paling sulit dan menarik di dunia melalui inovasi komputasi dan grafis berperforma tinggi. 

Mulai dari menghidupkan imajinasi pendongeng melalui karakter digital, membantu komunitas-komunitas untuk terhubung melalui kecintaan yang sama akan gaming, hingga menyelesaikan berbagai tantangan sulit pada ranah pendidikan, kesehatan, perubahan iklim, dan solusi energi; AMD melihat banyak kesempatan emas untuk mengaplikasikan teknologi komputasi yang lebih tinggi untuk memecahkan berbagai masalah paling sulit di masyarakat.
 
“Ini adalah waktu yang luar biasa untuk berada pada sisi teknologi saat industri mendorong batasan-batasan komputasi berperforma tinggi untuk menyelesaikan tantangan-tantangan besar yang kita hadapi, kata Lisa Su. 

"Kami membuat taruhan besar di AMD beberapa tahun lalu untuk mempercepat laju inovasi komputasi berperforma tinggi, dan tahun 2019 akan menjadi titik balik bagi industri ini setelah kami membawa produk-produk baru kami ke pasar. 

"Mulai dari chip  grafis 7nm Radeon kami, hingga prosesor-prosesor AMD Ryzen 7nm dan AMD EPYC generasi selanjutnya, tahun ini akan menjadi tahun yang menarik bagi AMD dan industri ini.”
 
Update Grafis Gaming AMD

Untuk memperkuat komitmennya untuk memimpin teknologi gaming generasi selanjutnya, AMD mengumumkan GPU gaming 7nm pertama di dunia, AMD Radeon VII, yang dirancang untuk memberikan performa yang sangat tinggi dan pengalaman luar biasa untuk judul-judul game AAA, esports, dan Virtual Reality (VR) terbaru; aplikasi-aplikasi rendering 3D dan pengeditan video yang menuntut performa tinggi; dan pekerjaan-pekerjaan komputasi generasi selanjutnya. 

Kartu grafis AMD Radeon VII memberikan 2 kali lipat memori dan 2,1 kali lipat bandwidth memori, rata-rata performa gaming hingga 29 persen lebih tinggi, dan rata-rata performa aplikasi pembuatan konten hingga 36 persen lebih tinggi dibanding kartu grafis AMD Radeon RX Vega 64; memampukan konfigurasi maksimal untuk framerate ekstrim pada resolusi gambar paling tinggi. 

Kartu grafis ini juga memberikan pengalaman gaming halus dan high-refresh HDR pada resolusi 1080p, ultrawide 1440p, juga 4K; dan mentenagai aplikasi-aplikasi pengolahan foto dan pembuatan visual generasi selanjutnya pada monitor-monitor 8K yang tajam dan berwarna cerah.
 
Kartu grafis AMD Radeon VII diharapkan untuk mulai tersedia mulai 7 Februari 2019.
 
Update Desktop Berperforma Tinggi AMD

Di hadapan beberapa ribu hadirin dan juga seluruh penonton siaran langsung acara intisari CES 2019, AMD mendemonstrasikan untuk pertama kalinya di hadapan publik prosesor desktop AMD Ryzen Generasi Ketiga yang akan datang. 

Prosesor AMD Ryzen Generasi Ketiga ini dibangun berdasarkan core x86 AMD "Zen 2" terbaru yang dibuat dengan teknologi pemrosesan termutakhir 7nm. Prosesor ini diharapkan dapat memberikan tingkatan performa yang lebih tinggi dari sebelumnya dan menjadi platform PC pertama di dunia yang mendukung konektivitas PCIe 4.0. 

Prosesor AMD Ryzen yang baru akan menawarkan pengalaman gaming, berkreasi, dan menstreaming yang lebih baik daripada sebelumnya pada PC yang lebih cepat dan sunyi.
 
Pada demonstrasi langsung tersebut prosesor desktop AMD Ryzen Generasi Ketiga versi pra-produksi ditandingkan dengan sebuah prosesor Intel Core i9-9900K pada proses rendering real-time menggunakan software pengetesan Maxon Cinebench R15. 

Prosesor AMD Ryzen menunjukkan performa sebanding dengan konsumsi daya sekitar 30% lebih rendah. Sebagai tambahan, Dr. Lisa Su menunjukkan kekuatan teknologi AMD yang bekerja sama dengan sebuah demonstrasi game langsung dari prosesor desktop AMD Ryzen Generasi Ketiga pada platform soket AMD AM4 yang disandingkan dengan prosesor grafis AMD Radeon VII.
 
Update Server AMD

Prosesor datacenter AMD EPYC mengalami tahun pertama yang luar biasa, dengan memenangkan environment cloud terbesar, dan mengumpulkan hingga lebih dari 50 platform berbasis EPYC yang dikapalkan dari penyedia-penyedia layanan server papan atas.
 
Lisa Su memamerkan CPU datacenter 7nm pertama di dunia, dengan kode nama Rome, yang berbasis core x86 "Zen 2". Lisa Su menunjukkan tenaga sesungguhnya dari prosesor AMD EPYC generasi selanjutnya dengan mendemonstrasikan peningkatan step-function pada performa prosesor datacenter menggunakan aplikasi ilmiah NAMD, yang mensimulasikan sistem bio-molekul besar. 

Pada demonstrasi tersebut, sebuah prosesor EPYC "Rome" versi pre-produksi disandingkan dengan dua buah prosesor kelas atas Intel Xeon Platinum 8180. Pada demonstrasi tersebut, satu prosesor EPYC generasi selanjutnya memberikan sekitar 15% performa lebih tinggi. Dengan menggunakan sistem berbasis EPYC, AMD membantu para ilmuan untuk memajukan penelitian mereka dan membantu mereka untuk lebih dekat menemukan solusi besar selanjutnya.
 
Update Komputasi Mobile AMD

AMD meluncurkan prosesor AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua dengan Grafis Radeon Vega, yang menjadi prosesor laptop ultrathin tercepat di dunia. Dengan daya tahan baterai hingga 12 jam produktivitas umum dan 10 jam untuk pemutaran video, kemampuan memutar video 4K HDR dan fitur-fitur PC Modern Microsoft, prosesor AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua memberikan pengalaman hiburan tingkat atas untuk para konsumen laptop modern.
 
Sejumlah notebook berbasis AMD Ryzen yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua dengan Grafis Radeon Vega diharapkan untuk tersedia dari Acer, Asus, Dell, HP, Huawei, Lenovo dan Samsung pada tahun 2019.

Leave a Comment