Aduh, 187 Ribu Aplikasi 32 Bit Tidak Akan Bekerja Di iOS 11

ArenaLTE.com - Waktu perilisan iOS 11 sepertinya sudah siap diresmikan Apple sebagai sistem operasi mobile versi terbaru kembangannya. Namun sayangnya, platform mobile ini diinformasikan tidak akan bisa bekerja dengan aplikasi yang berbasis 32 bit. Hal ini sungguh menjadi kabar buruk bagi banyak pengembang aplikasi, pasalnya ada sekitar 187 ribu aplikasi 32 bit sudah ada di App store.

Meski belum ada kabar akan perkembangan selanjutnya, bahkan dari pihak perusahaan Cupertino sendiri tidak menginfokan apakah akan dihapus. Namun, aplikasi 32 bit ini akan tetap bisa digunakan hingga ada tindakan penghapusan oleh Apple. Aplikasi tersebut juga masih bisa digunakan bagi pengguna yang tidak berhasil melakukan update, atau ingin tetap menggunakan versi lama.

Menurut perusahaan analis Sent-sentris Sensor Towers, sebagian besar aplikasi 32-bit yang tidak bisa dimainkan dalam versi iOS 11 ini kebanyakkan adalah game. Bahkan, tepatnya 38.619 aplikasi game tidak akan didukung oleh iOS baru tersebut. Selain game, kategori aplikasi lain yang terpengaruh adalah aplikasi pendidikan, hiburan, dan gaya hidup. 

Untuk memeriksa aplikasi yang berbasis 32-bit dalam iPhone Anda, bisa melakukan pemeriksaan dengan cara, buka setting > general > about > application. Jika ada aplikasi 32-bit dari nama apa pun di ponsel Anda maka akan muncul otomatis. Jika tidak memilikinya, tidak ada nama yang muncul. 

Kembali pada bulan Januari tahun ini, Apple mengeluarkan pesan peringatan di iOS 10.3 beta 1 ketika aplikasi 32-bit tertentu dibuka. Pesan tersebut berbunyi, "Aplikasi ini tidak akan bekerja dengan versi iOS masa depan. Pengembang aplikasi ini perlu memperbaruinya untuk meningkatkan kompatibilitasnya." 

Melalui pesan tersebut, Apple berharap adalah bahwa pengguna iOS akan memberi tekanan pada pengembang untuk memperbarui aplikasinya sehingga dapat berfungsi di iOS 11. Tidak ada statistik yang memberi gambaran tentang berapa banyak pengguna dan pengembang IOS yang mengikuti.

Leave a Comment