Bootstrap Slider
Home > Review > Gadget > Review Mito Click M100: Action Camera Murah Meriah dengan Aksesoris Melimpah

Review Mito Click M100: Action Camera Murah Meriah dengan Aksesoris Melimpah

RELATED REVIEWS

Review Acer Switch Alpha 12: Perangkat 2in1 dengan Performa Gaming
Review Asus ZenWatch 2: Jam Tangan Pintar Harga Dua Jutaan
Review Moto 360 2nd Gen: Jam Tangan yang Bisa Jadi Asisten Pribadi
Samsung Galaxy Tab S2 9.7: Tablet Asyik Buat Kerja dan Hiburan  
PLUS
/
  • Memiliki antarmuka sendiri mempermudah aktivitas foto dan video
  • Bisa dipakai merekam dalam air
  • Harga terjangkau
MINUS
/
  • Tidak bisa terkoneksi ke smartphone seperti Xiaomi Yi atau Go Pro
  • Jalur konektivitas hanya melalui kabel data
EDITORS' RATING
6.8
OVERALL
DESAIN 7
INTERFACE 6.5
MULTIMEDIA 6.5
PERFORMA 6.5
VALUE FOR MONEY 7.5
USER'S RATING
0.0
OVERALL
DESAIN 0.0
INTERFACE 0.0
MULTIMEDIA 0.0
PERFORMA 0.0
VALUE FOR MONEY 0.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Action camera saat ini menjadi perangkat yang tengah menjadi trend dan cukup mewabah di kalangan pecinta aktivitas outdoor, traveler dan penggemar fotografi hingga amatir yang hanya memanfaatkan untuk selfie atau berfoto narsis. Mito yang cukup cermat mengamati potensi pasar bergegas mencoba peruntungan dengan merilis Mito Click M100.

Bisa dibilang Go Pro adalah salah satu brand action camera yang sangat popular. Selain itu ada beberapa seri lain seperti Xiaomi Yi yang juga menarik perhatian. Tapi rata-rata harga jualnya masih di atas sejutaan. Tak mau ikut arus, Mito Click M100 menawarkan alternatif baru sebagai action camera dengan banderol di bawah sejutaan. Penasaran kan? Berikut review Mito Click M100 buat yang ingin menggali informasi lebih detil.

Desain

Mito Click M100Sebelum membahas lebih jauh seputar desain coba dengar penuturan Hansen Lie, CEO Mito. “Mito melihat Indonesia merupakan pasar action camera yang sangat potensial dan akan semakin populer. Untuk itulah kami sangat optimis Mito Click M100 ini akan mendapat respon positif dari konsumen,” kata Hansen.

Ia menambahkan, Mito Click M100 adalah action camera yang cocok dipakai untuk selfie bersama teman-teman, olahraga bersepeda, touring bersama komunitas, traveling ke tempat-tempat menakjubkan hingga aktivitas ekstrim yang memacu adrenalin seperti surfing, diving, motorcross, ataupun dipasang di drone.

Banyak alasan yang membuat action camera digemari, seperti bodinya yang ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana, kualitas hasil foto dan video yang cukup bagus dengan sudut pandang yang lebar (wide angle), hingga ketahanan terhadap air maupun benturan. Sehingga sangat cocok dibawa untuk bepergian atau traveling. Mito Click M100 berupaya mengakomodasi semua kebutuhan dan persyaratan tersebut.

Mito Click M100 memiliki desain yang tergolong kompak dengan dimensi 59.5 x 41.5 x 29.5mm. Ukurannya yang ergonomis ini membuatnya nyaman dipegang dan mudah masuk saku. Alhasil, mobilitasnya tinggi. Bahannya terbuat dari plastik, memang terasa ringan tapi agak riskan kalau terjatuh atau terbentur. Membuat kita harus hati-hati, karena sebagai action camera, Mito Click M100 banyak dipakai dalam kondisi outdoor.

Mito Click M100

Soal tampilan, Mito Click M100 termasuk eye catching. Mito menyediakan tiga pilihan warna hitam, putih dan kuning. Produk yang masuk meja redaksi kebetulan versi yang berwarna putih. Secara keseluruhan cukup memikat dan terlihat simpel.

Display

Sedikit berbeda dengan beberapa action camera yang ada di pasar, Mito Click M100 menawarkan panel LCD seluas 1,5 inci. Otomatis, kamu bisa melihat langsung hasil foto dan video. Kita juga bisa dengan mudah mengoperasikan menu atau akses fitur langsung dari panel LCD. Pengoperasiannya lebih praktis dan tak merepotkan.

Kamera Mito Click M100

Sebagai action camera, Mito Click M100 sudah disuplai dengan sensor CMOS resolusi 5MP atau setara 2592×1944 piksel. Selain memotret, perangkat mungil ini bisa juga dipakai merekam video dengan resolusi full HD 1080×1920 piksel dengan kecepatan 30 frame per second. Satu hal yang menarik, Mito Click M100 ternyata sudah disokong lensa bertipe 1200 wid angle.

Dalam pengujian kami, hasil foto dari Mito Click M100 tak terlalu memuaskan dengan kualitas tak  jauh berbeda dengan kamera ponsel. Beberapa foto yang kami hasilkan tak terlalu tajam bahkan kadang-kadang sedikit blur. Selain itu, dalam kondisi indoor atau minim cahaya, hasil foto kurang maksimal. Apalagi perangkat ini tak dilengkapi dengan lampu flash.

Ketimbang berfoto-ria, perangkat ini lebih menarik dipakai untuk merekam video. Misalnya dipasang di helm atau di kendaraan untuk merekam perjalanan atau travelling. Dipakai merekam video under water dengan memasang casing pelindung waterproof case yang disisipkan bersama paket penjualan menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan.

Ada 3 pilihan resolusi foto yang bisa diambil memakai Action Camera murah ini, yaitu 5 MP (2592 x 1944), 3 MP (2048 x 1536), dan 1.3 MP (1024 x 768). Sedangkan untuk merekam video, Mito ini bisa melakukan aksi rekam video kualitas 1080×1920 pixel atau setara Full HD dengan kecepatan frame 30FPS. Pilihan lainnya adalah kualitas 720×1280 dengan kecepatan frame 30FPS dan kualitas 480×640 dengan kecepatan 60FPS. Disamping itu , Action Camera dari Mito juga telah mendukung format video Avi dan gambar jpg.

mito click m100 (5) mito click m100 (6) mito click m100 (1) mito click m100 (2) mito click m100 (3) mito click m100 (4)

Memori, Baterai dan Konektivitas

Sebagai pendukung di sektor penyimpanan data dan file, Mito Click M100 sudah disuntik dengan slot memori eksternal yang bisa menampun data hingga 32GB. Sedikit disayangkan, karena sepertinya kapasitas ini agak kecil buat kalangan yang doyan travel dan menyimpan dokumentasinya dalam perangkat.

Untuk menunjang daya tahan, Mito Click M100 sudah memakai baterai berukuran 700 mah serta mendukung port USB 2.0 untuk charging. Minimnya dukungan di sektor konektivitas sebenarnya sedikit mengecewakan  dan membuat mobilitasnya jadi terbatas.

Aksesoris

Nah, dengan Mito Click M100 kita sudah tak perlu lagi repot-repot membeli aksesoris. Perusahaan ternyata sudah menyediakan berbagai aksesoris dalam paket penjualannya, bahkan tergolong lengkap. Saat ingin membawanya berenang, surfing atau diving, terdapat aksesoris Waterproof case, waterproof case bracket, dan waterproof case clip. Selain itu, disediakan pula aksesoris lainnya seperti bike bracket, multifunction clip, camera clip, helmet seat, bandages, dan cleaning cloth.

Kesimpulan

Harus diakui jika daya tarik utama Mito Click M100 adalah harga jual yang terjangkau. Selain itu, dukungan aksesori yang cukup lengkap disertakan dalam paket penjualan sangat mempermudah pengguna karena tak perlu lagi menambah biaya.

Sementara soal kualitas foto dan video yang dihasilkan, rasanya perangkat ini kurang bisa berbicara banyak. Untung saja sebagai action camera, banyak sekali perangkat pendukun yang mempermudah perangkat ini dipakai dalam kondisi outdoor. Mulai dari ketersediaan clip hingga waterproof case.

USER REVIEWS

sort by | date | rating